cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Text HTML Part 4: Cara Membuat Huruf Garis Bawah (underline) HTML (tag u dan tag ins)

Posted on

Penulisan text dengan garis bawah atau underline biasanya digunakan bagi menandai kata atau penekanan kata yang dianggap urgen. Bagi membangun karakter dengan garis bawah di pada HTML, kita menggunakan tag <u> dan tag <ins>.

Pada panduan kali ini, kita akan mempelajari Cara Membuat Huruf Garis Bawah (underline) dalam HTML dengan menggunakan tag <u> dan tag <ins>.


Tag <u> bagi Penulisan Text dengan Garis Bawah

Tag <u> yaitu singkatan dari underline, atau garis bawah. Tag ini digunakan bagi membangun karakter text dengan garis bawah. Sama seperti tag <i> dan <b>, tag <u> tak mempunyai tujuan apa-apa dan lebih kepada tampilan dari text.

Tag <u> masuk kedalam tipe tag inline, yang akan mengikuti alur text yang terdapat.

Berikut yaitu contoh cara penulisan dan pemakaian tag <u> di pada HTML:


Tag <ins> bagi Penulisan Text dengan Garis Bawah

Tag <ins> yaitu kependekan dari Insert. Tag <ins> diperuntukkan bagi bagian text baru yang ditambahkan ke pada konten web. Tag <ins> dirancang bagi menegaskan bagian text yang sebelumnya tak ada. Tag ini yaitu kebalikan dari tag <del>.

Tag <ins> saya masukkan ke pada panduan ini karena secara default web browser menampilkan tag <ins> dengan garis bawah. Tag ini termasuk jenis inline element.

Berikut yaitu contoh pemakaian tag <ins> di pada HTML:

 Secara pribadi, saya menggunakan tag <u> bagi bagian text yang tak diperuntukkan apa-apa selain mempertegas penulisan. Namun apabila ada bagian text yang ditambahkan kemudian, tag <ins> akan menolong struktur konten dari HTML.

Bagi membangun hasil huruf dengan garis bawah di pada CSS, kita dapat menggunakan:


Sumber https://www.duniailkom.com/