cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Text HTML Part 13: Tag-tag Deprecated untuk Struktur Text dalam HTML

Posted on

Selain tag-tag yang kita bahas di pada sesi panduan text HTML ini, pada sejarahnya HTML mempunyai tag-tag yang deprecated atau dianggap ‘usang’ dan disarankan bagi tak digunakan lagi. Tag-tag ini saya tampilkan hanya selaku referensi karena mungkin masih banyak digunakan di beberapa halaman web.

Pada panduan text HTML kali ini kita akan mempelajari Tag-tag Deprecated untuk Struktur Text dalam HTML.


Pengertian tag Deprecated HTML

Beberapa tag HTML dianggap deprecated atau usang. Tag-tag ini umumnya yaitu peninggalan dari sejarah HTML yang digunakan bagi mengatur tampilan situs. Dikala itu CSS belum berkembang dan belum banyak digunakan. Programmer menuntut agar tag-tag HTML dapat berfungsi pun bagi mempercantik tampilan.

Seiiring perkembangan CSS, ketika ini disarankan bagi memisahkan konten atau isi situs dengan tampilan situs. Hal-hal yang berhubungan dengan tampilan sebaiknya menggunakan CSS, dan tak dilakukan dari tag HTML. Hal ini akan merancang halaman web menjadi fleksibel dan apabila suatu ketika dibutuhkan perubahan tampilan, hanya tinggal mengubah CSS saja.

Kemunculan HTML5 beberapa waktu yang lalu, merancang tag-tag yang tak relevan menyandang status deprecated. Namun beberapa tag yang di era xHTML berstatus deprecated pun ada yang ’dihidupkan’ lagi, seperti tag <i> dan <b>.

Walaupun tag-tag yang akan kita bahas disini berstatus deprecated, umumnya web browser masih mendukungnya dengan alasan kompatibilitas dengan situs lama. Walaupun demikian, kita tak dapat mengandalkan hal ini, dan mungkin saja pada waktu tak lama lagi web browser tak akan mendukung tag ini.


Daftar Tag Deprecated bagi Struktur Text pada HTML

Tag-tag yang menjadi deprecated yaitu:

  • Tag <acronym>: bagi merancang singkatan. Tag ini digantikan dengan tag <abbr>.
  • Tag <applet>: bagi memasukkan Java Applet.
  • Tag <basefont>: bagi merancang settingan font default halaman web. Tampilan font sepenuhnya disarankan menggunakan CSS.
  • Tag <big>: bagi merancang besar ukuran text. Tag ini murni selaku tampilan, dan disarankan menggunakan CSS.
  • Tag <center>: bagi merancang rata tengah text. Disarankan bagi menggunakan CSS.
  • Tag <dir>: bagi merancang directory list. Tag ini digantikan dengan tag <ul> (unordered list).
  • Tag <font>: Bagi mengatur font text. Tag ini masih sering digunakan bagi mengatur tampilan text, seperti warna, ukuran font, jenis font, dll. Tag ini sepenuhnya bagi mengatur tampilan, dan disarankan menggunakan CSS.
  • Tag <isindex>: bagi memasukkan search box.
  • Tag <fitur>: digunakan bagi merancang fitur list.
  • Tag <strike>: bagi merancang text dengan garis salah atau strike-through. Tag ini digantikan dengan tag <s> atau <del>
  • Tag <tt>: bagi merancang text dengan tampilan teletype dan ditampilkan dengan font monospace. Tag ini dapat digantikan dengan tag <code>.
  • Tag <blink>: Tag ini berasal dari zaman perang browser antara Internet Explorer dan Netscape. Awalnya digunakan bagi merancang text berkedip-kedip. Namun pemakaian tag ini sering menganggu pengunjung dan web browser ketika ini di umumnya tak mendukung tag ini lagi.
  • Tag <marquee>: Tag ini pun berasal dari tag non standar yang digunakan web browser. Tag <marquee> digunakan bagi merancang efek text berjalan di web browser. Tag ini yaitu sedikit tag HTML yang ‘bergerak’. Efek yang ditampilkan dapat dikontrol dengan beberapa atribut. Pemakaian tag <marquee> ketika ini telah jarang digunakan, terkesan ‘jadul’ karena efeknya yang sering mengganggu.

Berikut yaitu contoh cara penulisan dan pemakaian tag-tag deprecated di pada HTML:


Sumber https://www.duniailkom.com/