cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Text HTML Part 11: Cara Menampilkan dan Memasukkan Karakter Khusus ke dalam HTML

Posted on

Selain karakter alfanumerik, kadang kita butuh menulis karakter-karakter khusus ke pada HTML, misalnya tanda “<”. Karakter kurung siku “<” tak dapat dituliskan seperti itu saja di pada HTML, karena karakter kurung siku berfungsi internal pada HTML selaku tanda pembuka tag. Di pada panduan text HTML kali ini, kita akan mempelajari cara menampilkan dan memasukkan karakter khusus ke dalam HTML.


Cara Memasukkan Karakter Khusus ke pada HTML

Bagi memasukkan karakter-karakter khusus ke pada HTML, kita mesti men-‘escape’ karakter tersebut. Istilah escape maksudnya bahwa dari di menulis sebuah karakter secara seketika, kita dapat menggantinya dengan angka atau referensi yang merujuk kepada karakter tersebut.

Pada HTML, terdapat 2 cara bagi men-‘escape’ karakter, yaitu dengan menggunakan penomoran angka (numeric entity), dan menggunakan singkatan bagi karakter (named entity). Kedua cara ini ditulis dengan karakter ‘’ di awal penulisan, dan diakhiri dengan karakter ‘;’.

Selaku contoh, jikalau saya ingin menuliskan karakter “<” di pada konten HTML, karenanya penulisannya yaitu selaku berikut:

Cara diatas menggunakan penomoran angka atau numeric entity. Karakter “<” mempunyai numeric entity 60, sehingga ditulis menjadi #060;.

Sekiranya menggunakan singkatan karakter atau named entity, karakter “<”ditulis menjadi lt; selaku berikut:


Tabel Karakter Khusus pada HTML

Selain karakter “<”, HTML menyediakan ratusan karakter khusus yang dapat digunakan. Berikut yaitu tabel karakter khusus yang sering digunakan:

 Bagi list komplit karakter-karakter khusus pada HTML, sahabat dapat melihatnya di situs Web Standars Project di www.webstandards.org/learn/reference/charts/entities/

Selaku penutup, berikut yaitu contoh kode HTML yang akan menampilkan beberapa karakter khusus pada HTML:

Diantara karakter urgen bagi diketahui bersama yaitu karakter ‘non-breaking space’, yang ditulis selaku nbsp; karakter ini berfungsi bagi memastikan bahwa frase atau kata tak terpisah.

Sekiranya saya menulis:

Kata tersebut akan ditampilkan web browser menjadi Dunia Ilkom (karakter nbsp;  akan ditampilkan selaku spasi), Namun kedua kata tersebut akan ‘dianggap‘ selaku satu kesatuan, dan tak akan terpisah walaupun berada di ahir baris atau ukuran web browser diperkecil.


Sumber https://www.duniailkom.com/