cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Tabel HTML Part 3: Cara Membuat Judul Kolom Header Tabel HTML (tag th)

Posted on

Pada tutorial tabel HTML: cara membuat judul kolom header tabel HTML ini, kita akan mempelajari manfaat tag th. Tag th digunakan bagi membangun judul kolom (kolom header) pada tabel HTML.


Guna Tag th

Sering sekali pada membangun tabel, baris pertama-tama kita gunakan selaku judul kolom dari baris-baris dibawahnya. Dan biasanya baris pertama-tama tabel ini secara visual dibedakan dengan baris dibawahnya agar tampak lebih menarik, misalnya diberi warna yang berbeda, atau font yang berbeda.

Bagi kebutuhan ini, HTML mempunyai tag khusus yang dapat digunakan, yaitu tag th (singkatan dari table head) . Pada pemakaian tag th, kita hanya perlu mengganti tag td dengan th di baris pertama-tama tabel.

Selaku contoh cara pemakaian tag th, silahkan buka program text editor, ketikkan kode berikut, dan save selaku tabelth.html

Contoh pemakaian tag th:

 Perhatikan di baris pertama-tama tabel, dimana pada panduan mengenai tabel HTML sebelumnya, seluruh sel dari tabel ditulis menggunnakan tag td. Namun, kali ini tag td kita ganti menjadi tag th.

Tag th secara default akan ditampilkan sedikit berbeda di beberapa web browser. Di mozilla firefox yang saya gunakan, tag th ditampilkan dengan huruf tebal dan berada di tengah-tengah kolom.

Dengan menggunakan atribut style ataupun dengan CSS, kita dapat merubah tampilan huruf di tag td lazim menjadi tag th tersebut. Tag th lebih diperuntukkan bagi memberikan struktur di tabel. Sedapat mungkin kita menggunakan HTML hanya bagi stuktur, mengenai tampilan sebaiknya menggunakan CSS.


Bagi panduan tabel HTML berikutnya, kita akan membahas mengenai tag caption untuk membuat judul tabel HTML.


Sumber https://www.duniailkom.com/