Tutorial PHP : Cara Praktis Membuat Website Multi Bahasa dengan Widget Translate

Posted on

translate
Hy para sobat belajar pintar php ..!!! sekaitan dengan adanya pertanyaan dari pengunjung blog ini mengenai Bagaimana cara membuat web multi language , karenanya saya akan berbagi ilmu mengenai ini kepada sobat sekalian. Oke seketika saja ke TKP …!!!

Terkadang kita ingin membangun fasilitas translater (penterjemah) agar content yang terdapat di pada website kita seperti berita atau artikel dapat dibaca atau dimengerti oleh user yang berada di negara yang berbeda dengan bahasa yang berbeda pula seperti bahasa ingris, cina, korea, jepang, arab dll.
Solusi yang sering digunakan yakni dengan google translate. Namun kurang nyaman dilihat karena web kita pindah kehalaman google translate, benar bukan ??.

Ini Yakni Solusinya

Dengan menggunakan widget yang disediakan oleh situs http://translateth.is. Sahabat dapat menterjemahkan web sahabat tanpa pindah ke halaman google translate.

Berikut Cara Pemakaian Widget

Syarat menggunakan widget ini yakni sahabat telah tersambung ke internet. karena cara kerja widget ini yakni tetap menggunakan jasa google translate namun bekerja di “belakang layar” hampir sama seperti guna ajax jquery di php, jadi sekiranya sahabat masih pada tahap perancangan situs atau bersifat localhost, cara ini tak dapat bekerja.

Kalau telah tersambung, bikin sebuah file). bagi pengembangan berikutnya sahabat dapat menyisipkan codingnya di file PHP. codingnya yakni selaku berikut :

<!DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN” “http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd”>
<html xmlns=”http://www.w3.org/1999/xhtml”>
<head>
<meta http-equiv=”Content-Type” content=”text/html; charset=iso-8859-1″ />
<title>Web Multibahasa</title>
<script type=”text/javascript” src=”http://www.google.com/jsapi”></script>
<script type=”text/javascript” src=”http://x.translateth.is/translate-this.js”></script>
<script type=”text/javascript”>
TranslateThis();
</script>
</head>
<body>
<div id=”translate-this”><a href=”http://translateth.is/”>Translate</a></div>
Selamat Datang
</body>
</html>

batalkan proses penterjemahan, sahabat pilih dahulu diantara bahasa. Karenanya dibagian atas akan ada sebuah link “Undo” bagi kembali ke bahasa asli web yang semula. klik link tersebut karenanya halaman web sahabat akan di terjemahkan ke bahasa semula.

37

Demikianlah panduannya , semoga menolong, sekiranya masih kurang paham, silahkan meninggalkan komentar dibawah ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *