Tutorial PHP: Cara Mengubah Huruf Besar ke Kecil dan Sebaliknya (Case Conversion)

Posted on

Di proses penyusunan program PHP, kadang kita butuh untuk mengubah huruf besar ke kecil dan sebaliknya, atau biasanya disebut dengan case conversion. Di panduan belajar PHP kali ini saya akan membahas 4 guna bawaan PHP yang dapat digunakan untuk keperluan ini: strtolower(), strtoupper(), ucfirst() dan ucwords().


Mengubah Huruf Besar ke Kecil

Untuk mengubah huruf besar ke kecil di sebuah string PHP, kita dapat menggunakan guna strtolower(). Guna ini membutuhkan 1 buah argumen, yakni string yang akan diubah.

Berikut contoh pemakaian guna strtolower():

Guna strtolower() sering digunakan di operasi perbandingan string, karena terkadang kita tak dapat menentukan apakah variabel asal telah di huruf kecil atau di huruf besar. Seperti contoh berikut:

Kode diatas akan meberikan hasil: “Tak Sama”. Seandainya kita ingin menyampingkan perbedaan huruf ini, dapat menkonversi terlebih dahulu kedua kata tersebut menggunakan guna strtolower():

Kali ini hasil akhirnya yaitu: “Sama”.

Di kebanyakan kasus, sebuah hasil inputan dari user (biasanya berasal dari form), dapat dikonversi terlebih dahulu ke di huruf kecil, kemudian baru di simpan ke di database, biasanya ini diperlukan untuk pemrosesan username:


Mengubah Huruf Kecil ke Besar

Untuk mengubah huruf besar ke kecil di di PHP, dapat menggunakan guna strtoupper(). Cara penggunaannya hampir sama dengan guna strtolower().

Berikut yaitu contoh pemakaian guna strtoupper() di di PHP:


Mengubah Huruf Pertama-tama-tama Awal String

Guna ucfirst()  berfungsi untuk mengubah huruf pertama-tama awal string menjadi huruf besar. Seketika saja kita lihat menggunakan contoh kode program:

Perhatikan bahwa guna ucfirst() ‘tak peduli’ dengan karakter lain selain karakter pertama-tama. Di contoh diatas kata “PHP” menggunakan huruf besar, dan tak akan terpengaruh oleh guna ini.

Selain itu, guna ucfirst() pun hanya mengubah karakter pertama-tama string, bukan karakter pertama-tama setiap kalimat (yang dipisah dengan tanda titik), seperti kasus berikut ini:

Secara ‘teknis’, string diatas terdiri dari 3 kalimat, namun guna ucfirst() hanya ‘melihat’ karakter pertama-tama string saja. Seandainya rekan-rekan ingin mengubah huruf pertama-tama setiap kalimat, mesti mendesain guna tersendiri.


Mengubah Huruf Pertama-tama-tama Setiap Kata

Apabila yang diinginkan yaitu agar huruf pertama-tama di setiap kata menjadi huruf besar, PHP menyediakan guna ucwords(). Berikut contoh penggunaannya:

Seperti yang terlihat, hasil akhirnya setiap huruf pertama-tama setiap kata diubah menjadi huruf besar. Bagaimana apabila string tersebut mempunyai kombinasi huruf yang tak sama? Mari kita coba:

Hasilnya, guna ucwords() hanya fokus dengan huruf pertama-tama setiap kata. Untuk huruf kedua dan seterusnya, guna ini tak akan mengerjakan perubahan apapun.

Seandainya rekan-rekan ingin agar seluruh karakter ‘seragam’ dimana huruf pertama-tama setiap kata di huruf besar, dan kata lain di huruf kecil, kita dapat menkombinasikan guna strtolower() dengan guna ucwords(), seperti berikut ini:

Hasilnya, seluruh string akan ditampilkan seragam, tak peduli bagaimana kombinasi penulisan string awal.


Di panduan belajar PHP kali ini kita telah membahas mengenai case conversion, yakni guna untuk perubahan huruf di di PHP. Keempat guna ini lumayan sederhana, tapi betul-betul sering digunakan untuk mendesain kode program yang lebih kompleks.


Sumber https://www.duniailkom.com/