Tutorial PHP: Cara Menggabungkan (Konversi) Array Menjadi String (Fungsi implode)

Posted on

Seandainya PHP mempunyai kegunaan explode() untuk menkonversi string menjadi array, karenanya kegunaan implode() yaitu kebalikannya, yakni menggabungkan atau menkonversi array menjadi sebuah string. Di panduan PHP kali ini kita akan membahas pengertian dan cara penggunaan fungsi implode di PHP.


Pengertian Kegunaan implode PHP

Kegunaan implode() yaitu kegunaan bawaan PHP untuk menggabungkan array menjadi string. Berikut format basic penulisan kegunaan implode:

  • Hasil ahir kegunaan implode berupa string.
  • Argumen pertama-tama diisi dengan string ($glue) yang berfungsi selaku karakter penyatu array.
  • Argumen kedua diisi dengan array ($pieces), yakni array yang akan digabungkan.

Berikut contoh penggunaannya:

Di kode diatas, variabel $arr_kata berisi array dengan 5 element, kemudian saya menggabungkannya menjadi string menggunakan kegunaan implode(” “,$arr_kata). Hasilnya, setiap element array akan digabung dengan spasi.

Kita pun dapat menggunakan karakter lain untuk penggabungan ini, seperti contoh berikut:

Di dua contoh diatas, saya menggunakan karakter “ ,” dan “ | ” selaku pemisah string. Perhatikan pun bahwa kegunaan implode() tak menambahkan karater tersebut di awal dan ahir string, tapi hanya diantara element array.

Karena alasan historis, PHP pun membolehkan penulisan kegunaan implode() hanya dengan 1 argumen, yakni array yang akan digabung:

Kegunaan implode() diatas sebetulnya sama dengan kegunaan implode(“”, $arr_kata), dimana kita menggunakan string kosong untuk menggabungkan array. Hasil akhirnya, seluruh string digabung tanpa ada pemisah (menjadi 1 string panjang). Namun agar konsisten dengan kegunaan explode(), sebaiknya kita tetap menggunakan 2 argumen untuk kegunaan implode() ini.


Di panduan belajar PHP ini kita telah membahas cara mengkonversi array menjadi string. Kegunaan ini biasanya digunakan secara berpasangan dengan kegunaan explode.


Sumber https://www.duniailkom.com/