Tutorial PHP: Cara Memotong atau Mengambil Sebagian String (fungsi substr)

Posted on

Di panduan belajar PHP Duniailkom kali ini saya akan membahas sebuah guna sederhana yang lumayan sering digunakan, yakni guna substr(). Guna substr() digunakan untuk memotong sebuah string atau mengambil beberapa nilai dari sebuah string di di PHP.


Mengenal Guna substr()

Guna substr() yakni guna PHP untuk memotong string, atau untuk mengambil beberapa nilai dari sebuah string. Fitur ini lumayan sering digunakan di proses penyusunan program PHP, terutama yang membutuhkan manipulasi string.

Selaku contoh, misalkan kita mempunyai sebuah string berbentuk tanggal: “14-09-2015”. Bagaimana caranya untuk mengambil nilai bulan dari string tersebut, yakni karakter “09” ?

Contoh lain, katakan NIM seorang mahasiswa terdiri dari 8 digit: “12140001”. Dua digit pertama-tama yakni tahun masuk mahasiswa, dua digit berikutnya kode jurusan, dan empat digit terakhir yakni no urut mahasiswa. Bagaimana cara memisahkan digit-digit ini?

Di kasus seperti inilah guna substr() diperlukan.

Guna substr() membutuhkan 2 buah argumen dan 1 argumen tambahan (opsional). Arguman pertama-tama yakni string asal yang ingin diambil nilainya. Argumen kedua berupa posisi awal pemotongan, dan argumen ketiga diisi jumlah karakter yang akan diambil. Argumen kedua dan ketiga bertipe integer dan dapat positif maupun negatif.

PHP mendesain pemakaian guna substr() dengan 6 kombinasi cara penulisan. Kita akan membahasnya satu persatu.


Cara Mengambil Karakter Dari Awal String

Pemakaian pertama-tama guna substr() yang akan kita bahas yakni cara mengambil karakter yang dimulai dari awal string. Berikut contoh penggunaannya:

Di kode diatas, saya mengambil string $kalimat mulai dari index ke-3. Bila guna substr() ditulis dengan 2 argumen seperti ini, dan argumen kedua bernilai positif, karenanya guna substr() akan mengembalikan nilai string $kalimat mulai dari huruf ke-4, yakni huruf “a” hingga ahir string.

Perlu menjadi catatan bahwa index string di di PHP dimulai dari angka 0. Sehingga guna substr($kalimat,3) akan mengembalikan nilai string $kalimat mulai dari huruf ke-4, dan bukan huruf ke-3.

Agar lebih yakin, sobat dapat mencoba kode berikut ini:

Guna substr() pun mempunyai argumen ketiga yang bersifat opsional (boleh diisi atau dikosongkan). Bila kita menambahkan argumen ketiga, nilai ini berfungsi selaku penentu ‘berapa banyak jumlah karakter yang akan  diambil’. Berikut contohnya:

Guna substr($kalimat,8,3) akan mengambil string $kalimat mulai dari index ke-8 (karakter ke-9) dan ambil sebanyak 3 karakter.

Kita pun dapat memberikan nilai negatif untuk argumen ke-3 ini, dan fungsinya akan berubah. Berikut contohnya:

Guna substr($kalimat,8,-3) akan mengembalikan string $kalimat mulai dari index ke-8 (karakter ke-9) hingga ahir string, kecuali 3 karakter terakhir. 3 karakter terakhir ini yakni “kom”, sehingga hasil ahir kode diatas yakni: “PHP di Duniail”.

Contoh lainnya, apabila kita ingin mengambil string $kalimat mulai dari index ke-10 hingga ahir string, kecuali 5 karakter terakhir, karenanya fungsinya yakni: substr($kalimat,10,-5).


Cara Mengambil Karakter Dari Ahir String

Selain dari awal string, kita pun dapat mengambil karakter mulai dari ahir string. Caranya yakni dengan memberikan nilai negatif di argumen kedua guna substr(). Seketika saja kita lihat contoh penggunaannya:

Guna substr($kalimat,-10) berarti ambil 10 karakter terakhir dari string $kalimat.

Agar lebih spesifik, kita pun dapat menentukan jumlah karakter yang ingin diambil. Ini dapat didapat dengan menambahkan argumen ke-3:

Kombinasi terakhir dari guna substr() yakni menggunakan angka minus untuk argumen ketiga, seperti contoh berikut:

Guna substr($kalimat,-10,-3) berarti ambil 10 karakter terakhir dari string $kalimat, kecuali 3 karakter terakhir, sehingga hasil kode programnya yakni: “Duniail”.

Dari beberapa contoh diatas, kita telah melihat 6 jenis kombinasi pemakaian guna substr(). Kombinasi tersebut di dapat dari perbedaan jumlah argumen dan apakah argumen tersebut bertipe positif dan negatif. Selaku kesimpulan, berikut contoh kode seluruh kombinasi guna substr():


Pengambilan beberapa nilai string lumayan sering kita gunakan. PHP menyediakan guna substr() untuk keperluan ini. Dengan 6 kombinasi, fungsi substr() betul-betul gampang dan cepat untuk memotong sebuah string atau mengambil beberapa nilai dari sebuah string di di PHP.


Sumber https://www.duniailkom.com/