Tutorial PHP: Cara Memformat Tampilan Angka dalam PHP (Fungsi number_format)

Posted on

PHP menyediakan beberapa manfaat bawaan untuk memformat tampilan angka. Di panduan belajar PHP kali ini kita akan membahas salah satunya, yakni manfaat number_format(). Kegunaan ini pun dapat digunakan untuk menformat angka agar sesuai dengan penulisan mata uang rupiah.


Pengertian Kegunaan number_format

Kegunaan number_format() yaitu manfaat bawaan PHP yang dapat digunakan untuk memformat tampilan angka, bagus itu angka integer maupun float. Dengan memformat tampilan angka, akan membuatnya lebih ‘cantik’ dan gampang dibaca. Selain itu manfaat ini pun akan membulatkan atau menambahkan angka “0” dibelakang koma jikalau dibutuhkan.

Kegunaan number_format() mempunyai 2 buah cara penulisan, yakni dengan 2 argumen atau 4 argumen. Untuk manfaat dengan 2 argumen, berikut yaitu format basic penulisannya:

  • Hasil ahir manfaat ini bertipe string.
  • Argumen pertama-tama ($number) membutuhkan input nilai angka yang akan diformat. Argumen ini bertipe float, tapi dapat pun dapat diisi dengan nilai integer.
  • Argumen kedua ($decimals) bersifat opsional. Argumen ini menentukan berapa jumlah angka desimal (angka di belakang koma) yang dibutuhkan. Apabila tak diisi, dianggap selaku 0.

Seketika saja kita lihat contoh pemakaian manfaat number_format() ini:

Dapat terlihat, manfaat number_format() akan “membuang” seluruh bagian desimal dari angka diatas. Ini terjadi karena secara default, manfaat ini menggunakan 0 selaku jumlah digit desimal (angka di belakang koma).

Hakekatnya manfaat number_format() tak benar-benar “membuang” nilai desimal, tetapi membulatkannya, seperti contoh berikut:

Dapat terlihat bahwa nilai 1999.99 akan dibulatkan menjadi 2,000.

Dengan menambahkan argumen kedua, kita dapat menentukan berapa digit desimal yang diperlukan:

Kali ini manfaat number_format() akan membatasi 2 digit desimal. Selain itu dapat sobat lihat bahwa manfaat ini pun membulatkan nilai desimalnya.

Bagaimana jikalau angka awal tak tak mempunyai angka desimal? Mari kita lihat:

Hasilnya, string ahir akan ditambahkan angka “0” di bagian desimalnya. Dengan demikian kita dapat menyusun format angka dengan panjang seragam.

Perhatikan pun bahwa PHP tetap menggunakan tanda koma “ , ” selaku pemisah nilai ribuan, dan titik “ . ” selaku pemisah nilai desimal. Ini yaitu aturan penulisan di Amerika. Nantinya, dengan manfaat number_format() kita pun dapat mengubah format ini agar sesuai dengan aturan penulisan angka di Indonesia, dimana tanda titik digunakan selaku pemisah ribuan, dan tanda koma selaku pemisah nilai desimal.

Wujud penulisan lain dari manfaat number_format() membutuhkan 4 argumen. Berikut format basic penulisannya:

Format penulisan diatas terlihat rumit, namun sesungguhnya lumayan sederhana. Argumen ketiga dan keempat manfaat number_format() digunakan untuk menentukan karakter apa selaku pemisah nilai ribuan dan nilai desimal.

Selaku contoh, karena di Indonesia kita menggunakan karakter titik selaku pemisah angka ribuan dan karakter koma selaku pemisah desimal, saya dapat memformat angka tersebut dengan manfaat number_format(), seperti contoh berikut:

Dapat terlihat kini, angka akan ditampilkan di format ‘umum’ yang kita gunakan sehari-hari. Lebih jauh lagi, kita dapat menambahkan string “Rp. ” selaku awalan agar hasilnya pas untuk nilai mata uang rupiah. Berikut contohnya:

Di kode diatas saya menyambungkan awal “Rp. ” dengan string hasil manfaat number_format(). Tampilan tersebut cocok digunakan untuk hasil ahir angka mata uang untuk menyusun report yang banyak melibatkan nilai uang.


Di panduan PHP kali ini kita telah membahas diantara manfaat gampang dan cepat untuk memformat angka. Kegunaan number_format() akan sering sobat gunakan untuk mempercantik hasil ahir program yang melibatkan angka.


Sumber https://www.duniailkom.com/