Tutorial PHP: Cara Konversi String Menjadi Array PHP (Fungsi explode)

Posted on

Kegunaan explode() yaitu kegunaan PHP yang digunakan untuk memecah sebuah string menjadi array, atau dengan kata lain mengkonversi string menjadi array. Di panduan belajar PHP kali ini kita akan membahas cara pemakaian kegunaan explode().


Pengertian Kegunaan explode

Kegunaan explode() di PHP digunakan untuk menkonversi string menjadi array. Di memecah sebuah string menjadi array, kegunaan explode() membutuhkan beberapa argumen. Berikut yaitu format basic dari kegunaan explode di PHP:

Penjelasan dari format diatas yaitu:

  • Nilai kembalian kegunaan explode berupa sebuah array.
  • Argumen pertama-tama ($delimiter) diisi dengan string karakter yang digunakan selaku ‘pemecah’ string menjadi array.
  • Argumen kedua ($string) diisi dengan string yang akan dikonversikan.
  • Argumen ketiga yang bersifat opsional ($limit) diisi dengan batasan jumlah array yang ingin diraih. Argumen ketiga ini bertipe angka (integer) dan dapat berupa nilai positif atau negatif.

Selaku contoh, di kode program berikut ini saya memecah string $kalimat = “satu dua tiga empat lima” menjadi array:

Di string $kalimat diatas, saya menggunakan ‘spasi’ selaku pemisah kata sehingga untuk memecah string tersebut, spasi ini akan menjadi pembatas (delimeter) untuk kegunaan explode.

Apabila string awal dipisahkan dengan karakter koma, titik, atau yang lain, kita dapat menggunakannya selaku karakter delimeter, seperti contoh berikut:

Kali ini string $kalimat dipisah dengan tanda ‘spasi dan koma’, sehingga saya tinggal menulis kegunaan explode (“, “,$kalimat).

Argumen ketiga kegunaan explode() bersifat opsional. Argumen ini dapat diisi dengan angka (integer) positif maupun negatif. Apabila diisi dengan angka positif, karenanya angka disini menunjukkan jumlah batasan element array yang akan diraih. Seketika saja kita praktek menggunakan contoh:

Dapat kamu perhatikan bahwa walaupun string $kalimat seharusnya dapat dipecah menjadi 5 element array, tapi hasil dari kegunaan explode (“, “,$kalimat, 3) hanya menghasilkan 3 element array, sesuai dengan angka “3” dari argumen ketiga. Untuk element ke-3 array, PHP akan mengambil seluruh string hingga ahir.

Namun apabila kita menginput nilai negatif, hasilnya akan berbeda:

Kali ini hanya 2 element array yang diraih. Ini terjadi karena angka “–3” berarti: kurangi total element array sebanyak 3. Apabila saya menggunakan kegunaan explode ‘lazim’, akan terdapat 5 element array yang dapat diraih (seperti contoh pertama-tama di panduan ini), namun karena saya menambahkan nilai -3 di argumen ke 3, hasil akhirnya akan dikurangi sebanyak 3 element (5 – 3 = 2 element).


Di panduan belajar PHP di Source Code Program kali ini, kita telah membahas pengertian dan cara pemakaian kegunaan explode(). Kegunaan explode sendiri digunakan untuk mengkonversi sebuah string menjadi array di PHP.


Sumber https://www.duniailkom.com/