Tutorial PHP : Cara Cepat Memulai PHP dengan Xampp

Posted on

Selamat Pagi, Siang atau malam untuk pengunjung setia blog ini, Mungkin ini telah pernah saya bahas di postingan sebelumnya, tapi karena banyak pertanyaan dari pengunjung yang menanyakan cara memulai php dengan xampp amat banyak, jadi tak ada salahnya saya bahas lagi.


Oke sebelum bekerja dengan php, di postingan sebelumnya kita telah berhasil menginstall xampp, namun kita belum dapat menjalankan skrip phpnya dan pun belum dapat menikmati databasemysqlnya. Bagi dapat menjalankan keduanya kita lumayan, cari xampp-control panel di start fitur, dan kita klik tombol start di baris apache dan mysql.

cPanel+xampp
Gambar Control Panel Xampp


Ini tandanya kita telah dapat bekerja dengan mysql maupun php. Kita akan coba masuk kedalam pembahasan, bekerja dengan PHP. Sebelumnya kita telah praktikan bagaimana menginstall xampp agar PHP dan MySQL dapat dijalankan di mesin lokal. 

Sekarang ini saatnya kita akan coba mengetahui struktur dari syntax PHP. Saya asumsikan sahabat telah paham sedikit minimal basic HTML, PHP sama dengan HTML, bagi dapat menjalankan scriptnya karenanya sahabat mesti mengetikkan syntax-syntaxnya ke pada satu buah file dengan menggunakan text-editor seperti notepad, atau text editor kesukaan sahabat, kemudian meletakkan file tersebut di suatu direktori khusus yakni defaultnya yakni di : c:xampphtdocs..

Selaku contoh, Buka Notepad sahabat atau dreamweaver atau apapun jenis text-editor yang sahabat gunakan, kemudian ketikkan script dibawah ini.

<?php
echo “Selamat datang di ”;
?>

Sekiranya telah, simpan dengan nama coba.php di direktori xampp sahabat, contoh C:xampphtdocs… Ingat , jangan lupa setiap penamaan file php mesti diakhiri dengan .php

Sedikit penjelasan mengenai kode di atas :


Tag <?php digunakan bagi memulai php dan Tag ?> digunakan bagi menutup php, sedangkan kode phpnya mesti berada diantara tag pembuka dan tag penutup.

Sedangkan echo yakni command php yang berfungsi bagi mencetak atau menampilkan.
Dan yang sangat urgen jangan lupa ditutup dengan titik koma.

Kemudian bagi dapat menjalankan skrip tersebut gunakanlah browser internet seperti mozilla firefox. Dengan mengisi domisili di address bar seperti ini misalnya : http://localhost/coba.php

Selamat mencoba dan saya harap sahabat dapat mengembangkannya sendiri agar sahabat makin dan semakin paham dan cepat mahir dengan PHP MySQL. Jangan takut salah, karena dari kesalahan itu kita tau bagaimana cara memperbaiki kesalahan tersebut dan di akhirnya ilmu kita akan semakin bertambah.

Jangan Lupa ya share, like dan komentarnya, Thanks …!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *