cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Form HTML Part 9: Fungsi dan Cara Penggunaan Tag Input Type Hidden HTML

Posted on

Tag input dengan type hidden adalah diantara “senjata rahasia” pada menyusun form HTML. Di pada Tutorial Form HTML: Fungsi dan Cara Penggunaan Tag Input Type Hidden ini kita akan mempelajari cara memanfaatkan fitur objek ini.


Guna tag input type hidden pada penyusunan Form HTML

Tag input dengan type hidden yaitu sebuah objek form khusus yang sesuai dengan nama tipenya, memang tersembunyi dan tak dapat dilihat oleh user. Namun objek form ini menawarkan fleksibilitas yang dapat dimanfaatkan oleh programmer bagi menyisipkan suatu data bagi diproses.

Type hidden ini dapat digunakan bagi mengirim suatu data dari sebuah halaman ke halaman lain tanpa mengganggu format form yang telah ada, dan biasanya digabungkan dengan pemrosesan javascript atau PHP.

Cara penulisan basic type hidden ini yaitu selaku berikut:


Atribut name: Bagi Pemrosesan tag input type hidden

Atribut name berfungsi selaku penanda nama bagi memproses hasil alternatif form ke pada web server (misalnya dengan bahasa PHP). Berikut yaitu cara penulisan tag input type hidden dengan atribut name:


Atribut value: Selaku Nilai tag input type hidden

Atribut value bagi type hidden bermanfaat di dikala pemrosesan form oleh web server. Misalnya pada bahasa  PHP, nilai dari value inilah yang akan diproses. Pada type hidden ini, nilai dari atribut value inilah yang adalah nilai terpenting, karena disinilah programmer dapat menyisipkan data yang diinginkan.

Berikut yaitu contoh pemakaian atribut value:


Atribut id dan class: CSS dan Javascript

Selain atribut yang dideskripsikan diatas, kita pun dapat menggunakan atribut umum seperti id dan class pada tag input type hidden. Namun karena sifatnya yang tersembunyi, atribut class tak akan diperlukan. Tag id dibutuhkan bagi pemograman HTML menggunakan Javascript.


Cara Pemakaian tag input type hidden pada Form HTML

Bagi merangkum pemakaian Tag Input type hidden dan juga atributnya, saya akan merancang contoh kode HTML cara pemakaian tag input type hidden:

Seandainya sahabat menjalankan kode HTML tersebut, yang terlihat hanya sebuah tombol, namun ketika tombol tersebut diklik, objek form hidden akan terlihat nilainya di domisili web browser selaku berikut:

Pesan ini menandakan bahwa hakekatnya di pada form terdapat tag input dengan type hidden. Asal_alaman berasal dari atribut name, dan halaman_register yaitu nilai dari atribut value. Pemakaian tag input type hidden ini akan bermanfaat dikala dikombinasikan dengan bahasa pemograman web seperti Javascript.


Pada panduan tag input type hidden ini kita telah mempelajari cara penulisan dan pemakaian objek form hidden. Berikutnya kita akan membahas mengenai tag select.


Sumber https://www.duniailkom.com/