Tutorial Belajar Python Part 7: Cara Pembuatan Variabel Bahasa Python

Posted on

Di panduan belajar bahasa pemrograman python sebelumnya telah dibahas Aturan Dasar Penulisan Kode Program Python. Di panduan kali ini kita akan mempelajari Cara Pembuatan Variabel di dalam Bahasa Python.


Pengertian Variabel

Di di dunia pemrograman, variabel ialah ‘penanda’ identitas yang digunakan untuk menampung suatu nilai. Nilai tersebut dapat diubah sepanjang kode program. Dapat diibaratkan bahwa variabel ini seperti lemari penyimpanan yang dapat diisi dengan berjenis-jenis data, dan isi lemari dapat ditukar sekiranya diperlukan.

Secara teknis, variabel merujuk kepada suatu domisili di memory komputer. Setiap variabel mempunyai nama yang diaplikasikan selaku identitas untuk variabel tersebut.


Cara Penyusunan Variabel di Bahasa Python

Kesederhanaan kembali terlihat di di bahasa Python, dimana kita tak perlu mendeklarasikan variabel untuk dapat menggunakannya.

Di bahasa Python, variabel dapat seketika ditulis di ketika akan digunakan. Untuk memberi nilai ke di sebuah variabel, gunakan tanda sama dengan ( = ), seperti contoh berikut:

Di baris pertama-tama, saya menyusun variabel dengan nama blog dan memberinya nilai “Duniailkom”. Di baris kedua saya menyusun variabel nilai dan mengisinya dengan angka 20000. Di baris ketiga saya menyusun variabel sukses dan menginput nilai True.

Operasi pemberian nilai ke di sebuah variabel ini disebut pun selaku operasi assignment, dan berlangsung dari kanan ke kiri. Maksudnya, kode blog = “Duniailkom” ialah proses pemberian nilai “Duniailkom” ke di variabel blog.


Cara Menampilkan Variabel di Bahasa Python

Untuk menampilkan variabel di bahasa Python, kita dapat menggunakan pedoman print, lalu menulis nama variabel di di tanda kurung seperti contoh berikut:

 Di kode ini saya menyusun 3 buah variabel, mengisinya dengan sebuah nilai, dan menampilkannya menggunakan pedoman print.


Mengubah Nilai Variabel di Bahasa Python

Sepanjang penulisan program, nilai dari sebuah variabel dapat ditimpa dengan nilai lain. Berikut contohnya:

 Disini saya menyusun variabel blog yang nilai awalnya berupa teks “Duniailkom”, lalu ditimpa menjadi “Python” di baris ketiga, dan kembali ditimpa menjadi “Google” di baris kelima.

Variabel di di Python tak terbatas untuk di satu tipe saja. Sebuah variabel dapat diisi dengan berjenis-jenis tipe data, mulai dari teks (string), angka (number), dan berjenis-jenis tipe data lain. Berikut percobaannya:

Kali ini saya menyusun sebuah variabel foo yang diisi teks “Belajar Python di Source Code Program” (baris 1). Kemudian nilai variabel foo ditimpa dengan angka 350.25 (baris 3). Terakhir nilai variabel foo kembali ditimpa menjadi False (baris 5).

Sepanjang kode program di atas, isi variabel foo telah berubah dari tipe data string (teks), number (angka) dan boolean (True / False). Semua ini dapat dilakukan di bahasa pemrograman Python.

Di bahasa pemrograman basic lain seperti Pascal, C dan C++, setiap variabel mesti di deklarasikan akan bertipe apa dan hanya dapat diisi dengan tipe data tersebut sepanjang kode program (tak dapat ditimpa antar tipe data). Di ketiga bahasa ini, sekiranya variabel foo didefinisikan selaku variabel angka (integer), karenanya hanya dapat diisi angka saja, tak dapat diisi dengan teks (string) atau tipe data lain.


Aturan Penamaan Variabel di Bahasa Python

Di bahasa pemrograman, terdapat beberapa aturan perancangan nama variabel, dan ini pun berlaku di di bahasa
pemrograman Python:

  •  Variabel dapat terdiri dari huruf, angka dan karakter underscore / garis bawah ( _ ).
  •  Karakter pertama-tama dari variabel hanya boleh berupa huruf dan underscore ( _ ), tak dapat berupa angka. Namun variabel yang diawali dengan karakter underscore dapat bermakna khusus di di Python.
  •  Variabel mesti selain dari keyword. Selaku contoh, kita tak dapat memakai kata continue selaku nama variabel, karena continue yaitu keyword atau pedoman khusus di bahasa Python.

Secara teknis, aturan penamaan variabel merujuk ke aturan penamaan identifier. Identifier ialah sebutan untuk “nama sesuatu” yang ditulis oleh programmer. Dan aturan di atas tak hanya berlaku untuk nama variabel saja, tapi pun untuk nama function, nama class, nama object yang semuanya termasuk identifier.


Konstanta Di Bahasa Python?

Yang lumayan unik, bahasa Python tak mengenal adanya konstanta, yakni variabel yang nilainya tak dapat diubah sepanjang kode program. Untuk mengatasi hal ini, kesepakatan programmer Python ialah dengan menyusun nama variabel di huruf besar untuk menandakan sebuah konstanta, seperti kode program berikut:

Sesungguhnya tak lain saya menyusun 3 buah variabel. Hanya saja karena nama variabel ini ditulis di huruf besar seluruh, beberapa besar programmer Python akan menganggapnya selaku konstanta.


Di lanjutan panduan belajar bahasa pemrograman Python di Source Code Program kali ini kita telah membahas cara perancangan variabel. Berikutnya akan dibahas mengenai jenis-jenis tipe data dalam bahasa pemrograman Python.


Sumber https://www.duniailkom.com/