Tutorial Belajar Python Part 4: Cara Menjalankan File Python dari CMD

Posted on

Di panduan belajar Python di Source Code Program sebelumnya kita telah membahas cara menjalankan kode program Python dari cmd Windows dan Python Interpreter. Namun kode program tersebut hanya 1 baris saja. Kali ini kita akan bahas cara menjalankan file kode program python atau disebut pun selaku python script.


Interactive Mode dan Script Mode Python

Karena Python di proses oleh interpreter, kita dapat menulis kode program Python baris per baris seperti yang telah di praktekkan di panduan sebelumnya. Cara ini dikenal pun selaku interactive mode atau immediate mode, dimana setiap command akan seketika di proses demikian itu tombol Enter ditekan. Interactive mode python amat gampang dan cepat dan cocok diaplikasikan untuk kode program python yang singkat.

Namun tak seluruh masalah dapat diselesaikan dengan 1 baris kode saja. Karena begitulah python mempunyai mode kedua, yakni script mode. Di sini kode python akan diproses seperti kebanyakan bahasa pemrograman lain. Kita mendesain sebuah file terlebih dahulu, mengetik beberapa (atau ratusan) baris kode program, menyimpannya dan menjalankan file tersebut.


Mendesain File Kode Program Python

File kode program python di dasarnya ialah sebuah file teks lazim dengan akhiran atau extension .py. Mari kita bikin prakteknya.

Agar lebih rapi, saya akan siapkan sebuah folder belajar_python di drive D. Di di folder inilah file python akan disimpan. Silahkan rekan rekan bikin sebentar folder ini.

Kemudian, buka program Notepad bawaan Windows dan ketik program berikut:

Simpan file tersebut di di folder D:belajar_python dengan nama hello.py.

Di ketika menyimpan file, pastikan memilih “All Files (*.*)” di kolom “Save as type”. Sekiranya tak, besar kemungkinan nama file yang tersimpan menjadi hello.py.txt.

Apabila extensionnya sesuai, file hello.py di Windows Explorer akan mempunyai icon python.


Menjalankan File Kode Program Python

Kini ini saatnya menjalankan file kode program Python yang tersimpan di di file hello.py. Caranya, buka cmd Windows lalu pindah posisi directory ke folder D:belajar_python.

Tergantung dari mana rekan rekan membuka program cmd, tempat tinggal directory aktif dapat berbeda-beda. Untuk pindah ke folder D:belajar_python ketik command “D:“, tekan Enter, lalu ketik “cd belajar_python” dan tekan Enter.

Sekiranya perintahnya benar, teks awalan cmd telah berubah jadi D:belajar_python>, yang artinya kita
telah berada di di folder D:belajar_python.

Untuk memastikan file hello.py ada di di folder ini, ketik lagi command “dir“, lalu tekan Enter. Sekiranya muncul nama file hello.py berarti semuanya telah sesuai. Namun seandainya yang tampil ialah hello.py.txt, karenanya rekan rekan mesti mengubah nama file menjadi hello.py dari Windows Explorer.

Kini ini tiba saatnya untuk menjalankan file kode program python, caranya ketik command “python”, lalu diikuti dengan nama file. Di contoh kita, nama file tersebut ialah “hello.py” sehingga perintahnya ialah “python hello.py” (tanpa tanda kutip).

Sekiranya rekan rekan melihat tampilan di atas, selamat! artinya kode program python yang ditulis di di file hello.py telah sukses berjalan.

Seandainya kita perlu mengubah atau menambah kode python, tinggal menej file hello.py, save, dan jalankan kembali dengan kode yang sama, yakni “python hello.py“. Atau rekan rekan dapat mendesain file baru, misalnya “namaku.py”, menulis beberapa baris kode python seperti print(“Nama saya Andi”), save, lalu jalankan dengan command “python namaku.py”.

Inilah cara menjalankan file kode program Python menggunakan cmd Windows, amat gampang dan sederhana. Namun untuk menulis kode program Python yang lumayan panjang, program Notepad kurang memadai (meskipun dapat).

Sekiranya rekan rekan pernah belajar bahasa pemrograman lain, besar kemungkinan telah mempunyai text editor sendiri seperti Notepad++, Sublime Text, Atom atau VS Code. Text editor ini pun dapat diaplikasikan untuk mengetik kode-kode Python yang jauh lebih nyaman diperbandingkan Notepad bawaan Windows.

Alternatif lain, kita dapat memakai Integrated Development and Learning Environment (IDLE) Python. Inilah yang akan kita bahas di panduan belajar bahasa pemrograman Python Duniailkom berikutnya: Cara Menjalankan Kode Python dengan IDLE.

 


Sumber https://www.duniailkom.com/