Tutorial Belajar Python Part 3: Cara Menjalankan Kode Program Python

Posted on

Di panduan belajar bahasa pemrograman Python sebelumnya, kita telah menginstall aplikasi Python Interpreter. Kali ini kita akan test dengan menjalankan kode program python untuk menguji apakah python telah terinstall secara sempurna atau belum.


Cara Menjalankan Kode Python dari cmd Windows

Cara pertama-tama untuk menguji dan menjalankan kode Python yakni dari cmd Windows, yakni program command prompt bawaan program operasi Windows. Di program operasi lain seperti Linux ini dikenal pun selaku terminal atau shell.

Untuk membuka program cmd di Windows 7, cari fitur Run, lalu ketik cmd.exe. Untuk pengguna Windows 8 dan 10, klik icon kaca pembesar di sebelah logo Windows (1) lalu ketik cmd (2) dan tekan Enter (3).

Cara menjalankan cmd Windows di Windows 10

Akan tampil jendela cmd Windows yang amat menarik. Untuk uji coba python, ketik “python” (tanpa tanda kutip). Sekiranya python telah terinstall, akan tampil teks berikut:

Cara menjalankan python dari cmd Windows

Selamat, artinya python telah sukses berjalan.

Mari kita test ketik beberapa pedoman python: print(“Hello Indonesia”), lalu tekan tombol enter, hasilnya tampil teks “Hello Indonesia”.

Pedoman lain, ketik 5 ** 3 lalu tekan tombol enter, hasilnya akan tampil angka 125.

Cara menjalankan pedoman python dari cmd Windows

Dua pedoman di atas yakni kode program python. Semacam itu selesai mengetik kode dan menekan tombol enter, python interpreter akan seketika memproses baris tersebut dan menampilkan hasilnya.

Pada kurun waktu di sisi kiri cmd Windows terdapat tanda lebih besar tiga kali (>>>), karenanya artinya kita sedang berada di di python interpreter. Apapun yang diketik akan di proses oleh Python. Inilah cara benar-benar gampang untuk menjalankan kode-kode Python.

Untuk keluar dari python interpreter, ketik pedoman quit() atau exit().

Cara keluar dari program python

Sekiranya ternyata rekan rekan tak dapat menjalankan python dan tampil pesan error “‘python’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file”. Karenanya dapat jadi Python gagal diinstal atau rekan rekan tak mencentang alternatif “Add Python 3.7 to PATH” sewaktu proses instalasi Python.


Cara Menjalankan Python dari Fitur Windows

Alternatif lain untuk menjalankan Python yakni dari fitur Windows. Caranya cari Python 3.7 (32 bit) dari Fitur Windows. Atau klik icon kaca pembesar di sebelah logo Windows lalu ketik “python“.

Fitur Python Interpreter di Windows

Akan muncul tampilan yang mirip seperti cmd Windows sebelumnya, namun kali ini telah seketika berada di di Python Interpreter.

Sama seperti sebelumnya, kita dapat test dengan mengetik beberapa pedoman Python:

Tampilan program python interpreter

Sekiranya diketik pedoman exit() atau quit(), program Python akan seketika tertutup.

Menjalankan Python dari cmd dan Python Interpreter seperti ini cocok untuk menjalankan kode Python yang singkat dan hanya terdiri dari 1 baris. Untuk menulis kode program yang panjang, kita dapat menulis sebuah file python atau python script. Inilah yang akan dibahas di panduan berikutnya: Cara Menjalankan File Python dari CMD.


Sumber https://www.duniailkom.com/