Tutorial Belajar Python Part 13: Tipe Data Tuple dalam Bahasa Python

Posted on

Melanjutkan panduan belajar bahasa pemrograman Python di Source Code Program, kali ini kita akan membahas mengenai Tipe Data Tuple.


Pengertian Tipe Data Tuple Python

Tipe data Tuple betul-betul mirip seperti tipe data List yang telah kita pelajari sebelumnya, dimana tipe data Tuple pun terdiri dari kumpulan tipe data lain. Bedanya, anggota di di tipe data Tuple tak dapat diubah setelah di deklarasikan. Kita akan bahas perbedaan ini menggunakan contoh kode program.


Cara Penyusunan Tipe Data Tuple Python

Untuk mendesain tipe data Tuple, gunakan tanda kurung biasanya, kemudian setiap anggota list dipisah dengan tanda koma. Berikut contohnya:

Hasil kode program python:

Nyaris tak berbeda dengan List. Namun tipe data Tuple dibangun menggunakan tanda kurung bulat, bukan tanda kurung siku dari yang List. Berikut pembuktiannya:

Hasil kode program python:

Di kode program diatas baris 1 yaitu cara perancangan tipe data List, sedangkan baris 3 yaitu cara perancangan tipe data Tuple.


Cara Mengakses Tipe Data Tuple Python

Cara mengakses tipe data Tuple tak berbeda dengan tipe data List, dimana kita menulis nomor urut index di tanda kurung siku:

Hasil kode program python:

Di contoh ini saya pun menampilkan cara menampilkan sebahagian anggota Tuple. Untuk penjelasan lebih detail rekan rekan dapat membaca tutorial tipe data List Python.


Cara Mengganti Nilai Tipe Data Tuple Python

Seperti yang diterangkan sebelumnya, anggota dari tipe data Tuple tak dapat diubah atau diganti setelah di definisikan. Benarkah demikian? mari kita coba:

Hasil kode program python:

Hasilnya terjadi error dengan pesan: ‘tuple’ object does not support item assignment, yang kurang lebih berarti: “Tuple tak mendukung penambahan nilai baru“. Inilah pembeda antara tipe data Tuple dengan tipe data List.

Jadi mana yang lebih bagus? pilih Tuple atau List? Ini bergantung kepada kebutuhan. Sekiranya kita mempunyai data yang isinya tak boleh diubah, gunakan Tuple. Namun seandainya data itu nantinya akan diupdate sepanjang kode program, gunakan List.

Berikutnya, kita akan masuk ke Tipe Data Set dalam Bahasa Pemrograman Python.


Sumber https://www.duniailkom.com/