cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Belajar PHP Part 15: Mengenal Tipe Data String dan Cara Penulisan String dalam PHP

Posted on

Setelah pada panduan PHP sebelumnya kita telah mempelajari 2 tipe data angka, yakni tipe data integer dan tipe data float, pada panduan kali ini kita akan membahas tipe data string, dan cara penulisannya.


Pengertian Tipe Data String pada PHP

Tipe data string yaitu tipe data yang berisi text, kalimat, atau kumpulan karakter. Selaku contoh, “a”, “saya sedang belajar PHP” atau “tUT0r1al pHp?!” semuanya yaitu string.

Tipe data string mungkin yaitu tipe data yang sangat sering digunakan, dan mempunyai banyak fitur yang disediakan PHP. Karakter yang didukung dikala ini yaitu 256 karakter ASCII. List karakter ASCII tersebut dapat dilihat di http://www.ascii-code.com.


Cara Penulisan Tipe Data String pada PHP

PHP menyediakan 4 cara penulisan tipe data string, yakni Single Quoted, Double Quoted, Heredoc, dan Nowdoc. Kita akan mempelajarinya lebih pada pada panduan ini.


1. Penulisan Tipe Data String dengan Single Quoted

Penulisan tipe data string menggunakan single quoted atau tanda petik satu (karakter ) adalah sebuah cara penulisan string yang sangat sederhana. Kita tinggal merancang sebuah kata atau kalimat, dan menambahkan tanda petik satu di awal dan ahir kalimat.

Bagi string yang didalamnya pun terdapat tanda petik satu, kita mesti mendahuluinya dengan karakter backslash () agar tak dianggap selaku penutup string. Dan apabila di pada string kamu ingin menulis tanda backslash, kita mesti menulisnya dengan 2 kali ().

Berikut yaitu contoh penulisan tipe data string menggunakan cara single quoted:

Bila contoh tersebut dijalankan, berikut tampilannya di browser:

Di contoh diatas, saya merancang beberapa karakter khusus seperti , n, dan variabel yang dimulai dengan tanda dollar ($). Ketiga karakter khusus ini ditampilkan secara karakter aslinya ke pada browser.


2. Penulisan Tipe Data String dengan Double Quoted

Cara kedua pada penulisan tipe data string pada PHP yaitu dengan menggunakan Double Quoted atau tanda petik dua (karakter ). Walaupun seperti tak ada perbedaan dengan menggunakan single quote, hasil yang di dapat akan amat berbeda.

Dengan double quoted, PHP akan memproses karakter-karakter khusus seperti carriage return (n), dan karakter tab (t) dan pun memproses setiap variabel (yang ditandai dengan tanda $ didepan kata).

Di karenakan cara double quoted mengerjakan pemrosesan terlebih dahulu, karenanya bagi menampilkan karakter khusus seperti tanda petik (karakter ), tanda dollar (karakter $) dan tanda-tanda khusus lainnya, kita mesti menggunakan backslash (karakter ). Berikut yaitu tabel karakter khusus bagi  double quoted string:

Cara Penulisan String Karakter Yang Ditampilkan
Karakter Tanda petik dua
n Karakter Newline
r Karakter Carriage return
t Karakter Tab
Karakter Backslash
$ Karakter Dollar Sign
{ Karakter Pembuka Kurung Kurawal
} Karakter Penutup Kurung Kurawal
[ Karakter Pembuka Kurung Siku
] Karakter Penutup Kurung Kurawal
hingga 777 Karakter ASCII menggunakan nilai oktal
x0 hingga xFF Karakter ASCII menggunakan nilai heksadesimal

Selaku contoh pemakaian double quoted string, saya akan menggunakan contoh yang sama dengan single quoted string, agar dapat dilihat perbedaannya:

Dan hasil kode PHP tersebut yaitu:

Perhatikan perbedaannya di hasil $string3, $string5 dan $string6.

Di $string3, kita mesti mem-blackslash tanda petik dua karena itu adalah sebuah karakter khusus pada double quoted string.

Di $string5, tanda n yang adalah sebuah karakter khusus bagi baris baru, tapi karena kita menampilkannya di browser, karakter ini tak akan terlihat, tetapi apabila kita menulis hasil string ini kedalam sebuah file text, kalimat tersebut akan terdiri dari 2 baris.

Di $string6, terlihat bahwa string dengan petik dua akan memproses variabel $string1 dan $string3 sehingga tampil hasilnya di web browser. Fitur ini akan amat bermanfaat apabila kita sering menampilkan variabel didalam sebuah string.


3. Penulisan Tipe Data String Dengan Heredoc

Cara penulisan tipe data string yang ketiga yaitu dengan fitur PHP yang disebut heredoc. Fitur ini digunakan bagi merancang tipe data string yang dapat berisi beberapa baris kalimat. Dibandingi dengan menggunakan single quote dan double quote, penyusunan string dengan heredoc tak terlalu sering digunakan.

Agar lebih jelas, berikut yaitu contoh penulisan tipe data string dengan heredoc:

 Mari kita bahas mengenai cara penulisan Heredoc.

Seperti yang terlihat dari contoh diatas, fitur Heredoc ditandai dengan tanda “<<<” bagi memulai string, lalu diikuti dengan karakter penanda ahir string. Dari contoh tersebut kata “end” di awal string yaitu penanda ahir string. Kamu bebas mengganti kata “end” dengan kata atau karakter lain, sepanjang kata tersebut dapat dijamin tak akan muncul didalam string.

Setelah karakter penanda string, baris pertama-tama setelahnya yaitu awal dari string. String ini dapat melingkupi beberapa baris, hingga ditemukan karakter penanda akhis string yang kita definisikan di awal (yaitu kata “end”). Setelah ditemukan karakter penanda ahir string, karenanya pendefenisian string berakhir.

Perhatikan pun bahwa di pada kalimat diatas, saya menggunakan karakter n dan variabel $IPK. Seluruh karakter ini diproses oleh PHP, sehingga mirip dengan fitur double quoted string.

Urgen bagi diperhatikan bahwa setelah tanda penututup heredoc (di pada contoh diatas yaitu kata ‘end‘) dan tanda titik koma “;” , tak boleh ada spasi atau karakter apapun. Bila kamu menuliskan seperti berikut ini:

PHP akan mengeluarkan error: Parse error: syntax error, unexpected end of file.


4. Penulisan Tipe Data String Dengan Nowdoc

Cara penulisan tipe data keempat pada PHP yaitu dengan fitur Nowdoc. Fitur ini hampir sama dengan Heredoc, namun dengan pengecualian: karakter khusus dan variabel tak akan diproses oleh PHP, atau mirip dengan single quoted string.

Berikut yaitu contoh penulisan tipe data string menggunakan cara Nowdoc:

 Bila dilihat sekilas, tak ada perbedaan cara penulisan cara nowdoc dengan heredoc, namun perhatikan karakter penanda ahir string. Kali ini saya menggunakan karakter ‘selesai’ selaku penanda ahir string. Dan yang membedakannya dengan heredoc yaitu, nowdoc menambahkan single quoted bagi karakter penanda ahir string. Saya menulis ‘selesai’ (dengan tanda kutip satu) bagi mengawali string.

Dari tampilan yang didapatkan, nowdoc memproses string sama dengan single quoted string, dimana karakter khusus dan variabel tak diproses sama sekali, sehingga pada tampilan ahir kamu dapat melihat tanda n dan variabel $IPK ditulis selaku string.


Pada panduan belajar PHP kali ini kita telah membahas 4 cara penulisan dan pendefenisian tipe data string, yaitu dengan single quoted, double quoted, heredoc, dan nowdoc. Sistem penulisan string dengan heredoc dan nowdoc mungkin tak akan sering kamu jumpai.

PHP pun menyediakan banyak fitur dan kegunaan bagi manipulasi string, salah satunya yaitu operasi yang dapat dilakukan dengan string. Kita akan membahasnya di Pengertian dan Jenis-jenis Operator String dalam PHP. Tetapi, apabila kamu ingin melanjutkan panduan mengenai tipe data, berikutnya kita akan membahas tipe data Boolean dalam PHP.


Sumber https://www.duniailkom.com/