info-b

Tutorial Belajar PHP Part 14: Mengenal Tipe Data Float dan Cara Penulisan Float dalam PHP

Posted on

Seandainya sebelumnya kita telah mempelajari mengenai tipe data Integer dalam PHP, kali ini kita akan membahas tipe data Float, dan cara penulisan tipe data float dalam PHP.


Pengertian Tipe Data Float pada PHP

Tipe data float (disebut pun tipe data floating point, atau real number) ialah tipe data angka yang mempunyai bagian desimal di ahir angka, atau mempunyai floating point (floating point ialah istilah pada bahasa inggris bagi menyebut tanda “titik” yang menandakan bilangan desimal). Contoh angka float ialah seperti: 0,9 atau 3,14.

Tipe data float cocok digunakan bagi variabel yang akan berisi angka pecahan, seperti nilai IPK, hasil pembagian, atau hasil komputasi numerik yang angkanya tak dapat ditampung oleh data integer.

Sama seperti tipe data integer, jangkauan angka float bergantung kepada komputasi prosessor yang digunakan, walaupun di umumnya berupa angka mulai dari 1.7 x 10^-308 hingga dengan 1.7^+308 dengan 15 digit keakuratan. Sahabat tak perlu khawatir dengan limit angka float ini, karena selain bagi membangun program matematis tingkat tinggi, kita tak akan menggunakan angka float hingga 15 digit.

Dikarenakan perbedaan cara penulisan bilangan float di Eropa dan Amerika dengan Indonesia (sama dengan bahasa pemograman lain di umumnya), didalam PHP penulisan nilai desimal ditandai dengan tanda “titik”, bukan “koma” seperti yang lazimnya kita gunakan sehari hari. Nilai 0,87 mesti ditulis menjadi 0.87. PHP akan menampilkan pesan error seandainya sebuah nilai ditulis dengan angka 0,87.


Cara Penulisan Tipe Data Float pada PHP

PHP mendukung 2 cara penulisan tipe data float, yang pertama-tama yaitu penulisan desimal sehari-hari, seperti 0.17 atau 9.47 dan yang kedua berupa penulisan format scientific notation, seperti 0.314E1, atau  12.0E-3.

Pemakaian scientific notation digunakan bagi menyederhanakan penulisan, 0.314E1 ialah sama dengan 0.314*10^1 atau 3.14, dan 12.0E-3 sama dengan 12.0*10^(-3), atau 0.012.

Berikut contoh penulisan bilangan float pada PHP:

Sama seperti tipe data integer, variabel dengan tipe data float pun dapat mengerjakan operasi numerik seperti penambahan, pembagian, perkalian, dan lain-lain. Berikut ialah contoh operasi matematis dengan tipe data float:

Penjelasan lanjutan mengenai operasi matematis, akan kita bahas pada panduan khusus mengenai operator matematis dalam PHP.


Pada panduan belajar PHP ini, kita telah mempelajari tipe data float, atau disebut pun tipe data floating point atau real number.  Berikutnya kita akan membahas mengenai Tipe Data String dan Cara Penulisan String dalam PHP.


Sumber https://www.duniailkom.com/