Tutorial Belajar PHP Part 11: Pengertian Variabel dan Cara Penulisan Variabel PHP

Posted on

Di di contoh-contoh kode PHP yang telah kita bahas sebelumnya, beberapa kali saya telah menggunakan variabel, namun di panduan kali ini kita akan membahas lebih di mengenai pengertian variabel, aturan, dan tata cara penulisan variabel dalam PHP.


Pengertian Variabel di PHP

Di pemrograman, variabel ialah suatu lokasi penyimpanan (di di memori komputer) yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya tak dipahami bersama bersama maupun telah dipahami bersama bersama (wikipedia).

Di definisi bebasnya, variabel ialah kode program yang digunakan untuk menampung nilai tertentu. Nilai yang disimpan di di variabel berikutnya dapat dipindahkan ke di database, atau ditampilkan kembali ke pengguna.

Nilai dari variabel dapat di isi dengan informasi yang diinginkan dan dapat diubah nilainya di ketika kode program sedang berjalan. Sebuah variabel mempunyai nama yang digunakan untuk mengakses nilai dari variabel itu. Sekiranya kamu mempunyai pengetahuan basic mengenai bahasa pemrograman, pastinya tak asing dengan istilah variabel.

Sama seperti variabel di bahasa pemrograman lainnya, variabel di PHP digunakan untuk menampung nilai inputan dari user, atau nilai yang kita definisikan sendiri. Namun PHP mempunyai beberapa aturan mengenai cara pemakaian dan penulisan variabel.


Aturan Penulisan Variabel di PHP

1. Penulisan variabel mesti diawali dengan tanda $

Variabel di di PHP mesti diawali dengan dollar sign atau tanda dollar ($).

Setelah tanda $, sebuah variabel PHP mesti diikuti dengan karakter pertama-tama berupa huruf atau underscore (_), kemudian untuk karakter kedua dan seterusnya dapat menggunakan huruf, angka atau underscore (_). Dengan aturan tersebut, variabel di di PHP tak dapat diawali dengan angka.

Minimal panjang variabel ialah 1 karakter setelah tanda $.

Berikut ialah contoh penulisan variabel yang benar di PHP:

Dan berikut ialah contoh penulisan variabel yang salah:


2. Variabel di PHP bersifat case sensitif

PHP membedakan variabel yang ditulis dengan huruf besar dan kecil (bersifat case sensitif) , sehingga $belajar tak sama dengan $Belajar dan $BELAJAR, ketiganya akan dianggap selaku variabel yang berbeda.

Untuk menghindari kesalahan program yang dikarenakan salah merujuk variabel, disarankan menggunakan huruf kecil untuk seluruh nama variabel.

Di contoh di atas, PHP mengeluarkan error karena tak menemukan variabel $Andi.


3. Cara Memberikan Nilai kepada Variabel

Sama seperti sebahagian besar bahasa pemrograman lainnya, untuk memberikan nilai kepada sebuah variabel, PHP menggunakan tanda sama dengan (=). Operator ‘sama dengan‘ ini dikenal dengan istilah Assignment Operators.

Pedoman pemberian nilai kepada sebuah variabel disebut dengan assignment. Sekiranya variabel tersebut belum pernah digunakan, dan seketika diberikan nilai awal, karenanya disebut pun dengan proses inisialisasi.

Berikut contoh cara memberikan nilai awal (inisialisasi) kepada variabel:


4. Variabel di PHP tak memerlukan deklarasi terlebih dahulu

Sekiranya kamu pernah mempelajari bahasa pemrograman desktop seperti Pascal, C, C++, dan Visual Basic, di di bahasa pemrograman tersebut, sebuah variabel mesti dideklarasikan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Namun di di PHP, variabel tak perlu deklarasikan terlebih dahulu. Kamu bebas menyusun variabel baru di tengah-tengah kode program, dan seketika menggunakannya tanpa di deklarasikan terlebih dahulu.

Dulunya PHP mempunyai keyword var untuk mendefinisikan variable, keyword ini digunakan untuk PHP versi 4 ke bawah. PHP versi 5 dan 7 tak butuh keyword ini lagi, dan penggunaannya akan menghasilkan error seperti contoh berikut:


5. Variabel di PHP tak bertipe

Di kelompok bahasa pemrograman, PHP termasuk Loosely Type Language, yaitu jenis bahasa pemrograman yang variabelnya tak terikat di sebuah tipe tertentu.

Hal ini berbeda apabila dibandingi dengan bahasa pemrograman desktop seperti Pascal atau C, dimana apabila kamu menyusun sebuah variabel bertipe integer, karenanya variabel itu hanya dapat menampung nilai angka, dan kamu tak akan dapat mengisinya dengan huruf.

Di di PHP, setiap variabel bebas diisi dengan nilai apa saja, seperti contoh berikut:


6. Variabel Program PHP (Predefined Variables)

Predefined Variables atau terjemahan bebasnya Variabel Program PHP, ialah beberapa variabel yang telah di definisikan secara program oleh PHP, dan kita sebaiknya tak menyusun variabel dengan nama yang sama.

Beberapa contoh Predefined Variables di PHP ialah:

$GLOBALS , $_SERVER , $_GET , $_POST , $_FILES , $_COOKIE , $_SESSION , $_REQUEST , $_ENV, $php_errormsg, $HTTP_RAW_POST_DATA, $http_response_header, $argc, $argv, $this.

Daftar list Predefined Variables tersebut saya ambil dari manual PHP di http://www.php.net/reserved.variables, di di manual tersebut pun diterangkan bahwa mungkin masih terdapat beberapa variabel program PHP selain list di atas, hal ini tergantung dengan jenis web server, versi PHP yang digunakan, dan beberapa faktor lainnya. Namun kebanyakan variabel program PHP menggunakan tanda $_ di awal nama variabel, namun tak selalu.


Cara Menampilkan Nilai Variabel

Untuk menampilkan nilai atau isi dari variabel, kita tinggal menampilkannya dengan pedoman echo atau print, seperti berikut ini:

Hasil yang didapat ialah:

Perhatikan bahwa kedua nilai variabel ditampilkan tanpa spasi di antaranya. Hal ini terjadi karena di di program PHP saya tak menyisipkan spasi untuk pemisah di antara kedua variabel.

Walaupun kita akan membahasnya lebih komplit di panduan mengenai string, kita pun dapat menampilkan variabel seketika di di string apabila string tersebut berada di antara tanda kutip dua (“):


Variabel dapat disebut selaku inti dari sebuah bahasa pemrograman. Karena lewat variabel inilah kita memanipulasi data inputan agar menjadi nilai yang diinginkan. Selain variabel, PHP pun menyediakan sebuah solusi lain untuk menampung nilai data dengan konstanta (constant).

Di panduan berikutnya kita akan membahas mengenai Pengertian dan Cara Penulisan Konstanta dalam PHP.


Sumber https://www.duniailkom.com/