Tutorial Belajar PHP Dasar Untuk Pemula

Posted on

PHP yakni bahasa wajib programmer web. Menurut data w3techs.com di Juli 2019, PHP diaplikasikan oleh lebih dari 79% web server di seluruh dunia. Di Tutorial Belajar PHP Dasar Untuk Pemula ini saya akan mencoba memberikan panduan komplit mengenai PHP.

Panduan Belajar PHP cocok untuk pemula yang ingin menguasai PHP maupun yang telah mahir selaku penyegaran dan bahan referensi. Untuk belajar PHP, kamu dianggap telah mengetahui sedikit mengenai HTML. Karena di dasarnya PHP digunakan untuk memanipulasi HTML agar dapat tampil dinamis.

Pengetahuan mengenai MySQL, CSS dan Javascript pun akan menolong di memahami PHP, walaupun ini bukan hal yang mutlak. Seandainya belum menguasai HTML dan CSS, silahkan mempelajarinya di Tutorial Belajar HTML, dan Tutorial Belajar CSS.

Di halaman ini saya akan meng-index seluruh artikel Panduan Belajar PHP di Source Code Program.


eBook PHP Uncover dan OOP PHP Uncover Duniailkom

Apabila kamu serius ingin belajar PHP dan butuh panduan PHP yang lebih komplit, Duniailkom telah menerbitkan eBook PHP Uncover dan OOP PHP Uncover.

Buku PHP Uncover berisi bahan mendasar PHP (PHP procedural), buku ini dirancang bagi pemula dan berisi beraneka bahan mendasar PHP.

Sedangkan buku OOP PHP Uncover secara khusus membahas konsep Object Oriented Programming di PHP. Pemrograman object sendiri menjadi syarat untuk dapat lanjut ke bahan yang lebih advanced seperti framework PHP Code Igniter atau Laravel.

PHP Uncover dan OOP PHP Uncover masing-masing dapat didapat dengan donasi Rp. 60.000. Untuk pemesanan dapat email ke duniailkom@gmail.com atau WA ke 083180285808 (andre).



Teori Mendasar dan Sejarah PHP:

Cara Menginstal XAMPP dan Menjalankan PHP:

Aturan Penulisan PHP:

Tipe data di PHP:

Operator di PHP:

Struktur Pemograman PHP:

Cara Penyusunan Manfaat PHP:


Setelah menguasai dasar-dasar pemograman PHP, kamu dapat melanjutkan mempelajari Tutorial PHP lanjutan, seperti cara menyimpan data dari PHP kedalam MySQL, cara pemrosesan form HTML dengan PHP, atau lanjut mempelajari Pemograman Objek/Object Oriented Programming (OOP) PHP.


Sumber https://www.duniailkom.com/