Tutorial Belajar Pascal Part 42: Perulangan FOR DOWNTO dalam Pascal

Posted on

Panduan kali ini ialah sebuah lanjutan dari perulangan FOR DO yang saya bahas sebelumnya. Disini kita akan mempelajari cara penggunaan perulangan FOR DOWNTO dalam bahasa pemrograman Pascal.


Pengertian Perulangan FOR DOWNTO di Pascal

Perulangan FOR DOWNTO di dasarnya betul-betul mirip dengan perulangan FOR DO, bedanya perulangan kali ini khusus untuk iterasi yang menurun, dari angka besar ke angka kecil.

Berikut format penulisannya:

Nyaris tak berbeda dengan format perulangan FOR DO, hanya saja kali ini kita menggunakan keyword DOWNTO selaku pengganti TO. Mari kita lihat contoh kode programnya.


Contoh Perulangan FOR DOWNTO di Pascal

Melanjutkan contoh kasus yang kita coba di ahir panduan FOR DO, berikut kode program hitung mundur dari 10 ke 1 menggunakan FOR DOWNTO:

Disini variabel counter i akan menurun dari 10 ke 0, sesuai dengan pedoman for i := 10  downto 0 do.

Menggunakan contoh kode program perkalian dari panduan sebelumnya, saya dapat mengubahnya selaku berikut:

Untuk contoh yang lebih interaktif, saya ingin membangun lirik lagu ayak ayam dengan perulangan FOR DOWNTO, yakni menampilkan string “Anak ayam turun 10, pergi 1 tinggal 9”, kemudian dilanjutkan dengan string “Anak ayam turun 9, pergi 1 tinggal 8”, hingga “Anak ayam turun 1, pergi 1 tinggal 0”. Jumlah anak ayam awal mesti diinput oleh pengguna.

Kode programnya kurang lebih mirip seperti contoh program perkalian interaktif di panduan FOR DO. Hanya saja selain menggunaan FOR DOWNTO, rekan rekan perlu memikirkan bagaimana baris “Anak ayam turun 9, pergi 1 tinggal 8” dirangkai. Silahkan buka program Free PASCAL, dan coba soal latihan ini.

Bagus, berikut contoh kode program yang saya gunakan:

Saya membangun 2 buah variabel: i selaku variabel counter, dan anak_ayam selaku variabel penampung inputan untuk pedoman  readln(anak_ayam).

Perhatikan baris writeln(‘Anak ayam turun ‘,i,’ pergi 1, tinggal ‘,i-1); inilah yang akan menampilkan teks lagu anak ayam yang terus menurun hingga “Anak ayam turun 1, pergi 1 tinggal 0”.

 Disini saya membangun perulangan dengan for i := anak_ayam  downto 1 do. Saya tak membangun for i := anak_ayam  downto 0 do, karena di looping nanti nilai i akan dikurangi lagi. Bila saya mengerjakan perulangan hingga 0, lirik lagu terakhir akan menjadi “Anak ayam turun 0, pergi 1 tinggal -1”. Betul-betul tak logis ada anak ayam dengan nilai negatif.

Sama seperti FOR TO, perulangan FOR DOWNTO pun dapat digunakan untuk nilai negatif. Tentu saja dengan catatan nilai awal mesti lebih besar daripada nilai ahir.


Di panduan ini dan panduan sebelumnya kita telah mempelajari struktur perulangan FOR DO, serta struktur perulangan FOR DOWNTO di di bahasa pemrograman PASCAL. Berikutnya kita akan masuk ke perulangan (looping) WHILE DO.


Sumber https://www.duniailkom.com/