Tutorial Belajar Pascal Part 41: Perulangan FOR DO dalam Pascal

Posted on

Selain struktur percabangan program seperti IF THEN, IF THEN ELSE dan CASE, struktur program lain yang wajib kita ketahui yaitu looping, atau perulangan, atau disebut pun dengan iterasi.

Di di Pascal setidaknya terdapat 3 jenis perulangan, yakni FOR DO, WHILE DO, dan REPEAT UNTIL. Kita mulai dengan membahas Perulangan FOR DO dalam bahasa pemrograman Pascal.


Pengertian Perulangan FOR DO di Pascal

Perulangan, atau looping di bahasa inggris, yaitu konsep pemrograman dimana kita mengulang baris program beberapa kali. “Beberapa kali” disini dapat dinamakan tak terbatas, pada kurun waktu komputer masih dapat mengolahnya.

Selaku contoh, saya ingin sobat menulis teks “Hello World” sebanyak 1000 kali. Tentu betul-betul melelahkan mengetik seluruh ini (walaupun dengan di-copy paste). Menggunakan struktur looping, kita dapat membuatnya di waktu singkat dan cepat, hanya butuh beberapa baris kode program.

Diantara struktur perulangan di di Pascal yaitu FOR DO, berikut format penulisannya:

variabel_counter yaitu variabel yang berfungsi selaku counter, atau penghitung di di perulangan. Variabel ini otomatis menaik dari nilai_awal hingga nilai_akhir. Di setiap kenaikan, blok kode program yang berada di di begin dan end; akan dijalankan. variabel_counter ini dapat digunakan sepanjang perulangan (seandainya diperlukan).

Mari seketika masuk ke contoh kode program.


Contoh Kode Program PASCAL untuk Perulangan FOR DO

Selaku contoh pertama-tama, saya ingin membangun 1000 teks “Hello World”. Berikut kode programnya:

Di bagian var, saya membangun sebuah variabel i dengan tipe data integer. Variabel ini saya siapkan selaku variabel counter.

Di di bahasa pemrograman komputer, variabel i, j, dan k sering digunakan selaku variabel counter. Kamu akan sering melihat huruf-huruf ini di setiap perulangan, tak hanya di bahasa Pascal saja.

Untuk membangun perulangan sebanyak 1000 kali, saya menggunakan pedoman for i := 1  to 1000 do. Ini dapat dibaca dengan “Untuk variabel i, jalankan perulangan mulai dari 1 hingga 1000”.

Apa yang akan diulang? Yaitu blok program yang diawali pedoman begin, dan diakhiri pedoman end;. Di di blok ini saya membangun sebuah pedoman: writeln(‘Hello World’).

Dengan demikian, pascal akan menjalankan 1000 kali baris writeln(‘Hello World’). Mari kita coba:

Karena keterbatasan ukuran layar, kita tak akan dapat menghitung jumlah “Hello World” ini. Tetapi kita dapat memanfaatkan variabel counter i. Saya akan ubah kode programnya menjadi seperti berikut:

Disini, saya menambahkan variabel counter i ke di blok perulangan. Kode writeln(‘Hello World ke – ‘,i), artinya saya ingin menampilkan Hello World – 1, Hello World – 2, Hello World – 3, hingga Hello World – 1000.

Bila komputer sobat lumayan lambat (eh), ketika program dijalankan akan terlihat teks Hello World menaik secara perlahan dari 1 hingga 1000.

Mari masuk ke contoh berikutnya. Kali ini saya ingin membangun kode program yang ialah sebuah daftar perkalian 7, yakni 7 x 1 = 7, 7 x 2 = 14, 7 x 3 = 21, dst hingga 7 x 10 = 70. Disini kita mesti menggunakan variabel counter i agar setiap perkalian naik dari 1 hingga 10. Berikut kode program yang saya gunakan:

Ini sebetulnya modifikasi dari kode program perulangan Hello World. Saya merangkai tampilan daftar perkalian menggunakan pedoman writeln(‘7 x ‘,i,’ = ‘,7 * i). Bila sobat mengikuti panduan belajar pascal duniailkom dari awal, ini yaitu penyambungan teks dengan variabel. Tanda koma digunakan untuk memisahkan mana bagian teks, dan mana variabel Pascal.

Selaku contoh terakhir, mari kita coba modifikasi kode program diatas agar lebih interaktif. Kali ini saya ingin membangun daftar perkalian tapi angka perkaliannya diinput oleh pengguna. Misalnya diinput angka 9, tampilkan daftar perkalian 9 x 1, 9 x 2, hingga 9 x 10. Bila diinput 14, tampilkan perkalian 14 x 1, 14 x 2, hingga 14 x 10.

Selaku latihan, silahkan sobat coba bikin sendiri.

Bagus, berikut kode program yang saya gunakan:

Disini saya menggunakan 2 buah variabel: i dan angka. Variabel angka digunakan untuk menampung inputan, sedangkan variabel i selaku variabel counter.

Selain tambahan kode readln(angka), kode program diatas mirip seperti sebelumnya. Tentu saja di di blok perulangan saya mesti membangun baris writeln( i ,’ x ‘, angka ,’ = ‘, i * angka) agar variabel angka di proses selaku bilangan pengali.


Perulangan Dengan Angka Negatif untuk FOR DO Pascal

Di contoh sebelumnya, saya menggunakan angka positif untuk perulangan. Selain itu, kita pun dapat menggunakan nilai negatif, pada kurun waktu nilai awal mesti lebih besar daripada nilai ahir:


Perulangan Mundur untuk FOR DO Pascal

Dapat menggunakan angka negatif, kenapa kita tak mencoba hitung mundur? Yakni dari bilangan besar ke kecil. Berikut contoh kode programnya:

Eh, kenapa layarnya kosong? Yup, di di PASCAL kita tak dapat mengerjakan hitung mundur dengan perulangan FOR DO, tapi mesti menggunakan perulangan FOR DONWTO DO. Inilah yang akan kita bahas di panduan berikutnya: Perulangan FOR DOWN TO dalam Pascal.


Sumber https://www.duniailkom.com/