Tutorial Belajar Pascal Part 33: Jenis-jenis Operator Perbandingan / Relasional Pascal

Posted on

Menyambung pembahasan mengenai operator di bahasa pemrograman Pascal, kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis operator perbandingan atau operator relasional dalam Pascal.


Jenis-jenis Operator Perbandingan Pascal

Operator perbandingan umumnya digunakan di proses pengambilan keputusan atau percabangan program. Selaku contoh, bila angka pertama-tama lebih besar dari kedua, karenanya jalankan pedoman ini. Atau bila string password = ‘r4h4sia’ karenanya berikan hak akses.

Di di pascal, terdapat 6 operator perbandingan:

Operator Penjelasan Contoh
= Sama dengan 5 = 5 -> True
<> Tak sama dengan 5 <> 5 -> False
> Lebih besar 5 > 6 -> False
< Lebih kecil 5 < 6 -> True
>= Lebih besar atau sama dengan 5 >= 3 -> True
<= Lebih kecil atau sama dengan 5 <= 5 -> True

Operator perbandingan ini kadang disebut pun dengan operator relasional, karena kita membandingkan apa hubungan (relasi) sebuah variabel dengan variabel lainnya.


Cara Pemakaian Operator Perbandingan Pascal

Hasil dari operator perbandingan yakni data bertipe boolean, apakah itu TRUE atau FALSE. Mari kita lihat contoh penggunaannya:

Di contoh kode program pascal diatas, saya menyusun 2 buah variabel: a dan b. Variabel a bernilai 6, dan variabel b bernilai 8. Berikutnya saya membandingkan kedua nilai ini. Di setiap perbandingan, hasilnya disimpan ke di variabel hasil.

Bila kamu tak bolos ketika mata pembelajaran matematika di SD, pastinya dapat menebak apa hasil dari setiap operasi perbandingan di atas 🙂

Operasi perbandingan tak hanya untuk tipe data angka saja, tapi pun dapat beraneka tipe data lain, seperti char. Berikut contohnya:

Kali ini saya membandingkan karakter X dan Y. Untuk kasus seperti ini, operator perbandingan pascal akan membandingkan urutan setiap karakter di tabel ASCII. Di di tabel ASCII, karakter X lebih dulu muncul dari Y. Oleh karena seperti seperti itulah X dianggap lebih kecil daripada Y.

Seperti yang saya jelaskan diawal, operator perbandingan ini baru ‘bermanfaat’ di di percabangan kode program, seperti struktur IF. Berikut contohnya:

Struktur logika IF THEN ELSE belum kita pelajari hingga dikala ini. Tetapi kamu mungkin telah dapat menebak apa maksud kode program diatas.

Saya menyusun sebuah variabel password dengan nilai string ‘r4has1a’. Kemudian saya membandingkan nilai ini dengan variabel konf_pass. Tampilan ‘Access Granted’ hanya akan ditampilkan bila variabel konf_pass pun berisi string ‘r4has1a’. Selain itu, password dianggap tak cocok dan yang akan ditampilkan yakni: ‘Warning, Intruder!!!’.

Operator perbandingan yang kita bahas disini pun yaitu operator wajib yang perlu dimengerti. Di bahasa pemrograman lain seperi C, C++, Java, PHP atau JavaScript, operator ini pun selalu hadir, tapi terdapat sedikit perbedaan.

Di di pascal, operator perbandingan ‘sama dengan’ menggunakan 1 tanda ‘sama dengan’ yakni tanda ‘=’. Di di bahasa pemrograman turunan C (seperti C++ dan PHP), kita menggunakan tanda ‘dua kali sama dengan’ yakni ‘==’. Tetapi kamu tak perlu memusingkan hal ini 🙂


Di panduan kali ini kita telah membahas pengertian dan cara penggunaan operator perbandingan di dalam pascal. Berikutnya, saya akan membahas operator logika Pascal.


Sumber https://www.duniailkom.com/