Tutorial Belajar Pascal Part 30: Jenis-jenis Operator Assignment dalam Pascal

Posted on

Di sesi panduan operator di di pascal ini akan saya buka dengan membahas jenis-jenis operator assignment di dalam bahasa pemrograman Pascal.


Pengertian Operator Assignment

Sederhananya, operator assignment yaitu operator yang digunakan untuk memasukkan suatu nilai ke di variabel. Di di pascal, hanya dikenal 1 operator assignment, yakni menggunakan tanda ‘titik dua sama dengan’, atau tanda ‘:=’.

Pascal menggunakan tanda ‘:=’, dan bukan tanda sama dengan=’, karena tanda sama dengan digunakan untuk operasi perbandingan.

Di bahasa pemrograman komputer, operator assignment ini dapat berbeda-beda, di di bahasa turunan ‘C’, seperti C++, PHP, JavaScript, dll. Operator assignment menggunakan tanda sama dengan ‘=’, sedangkan untuk operasi perbandingan digunakan tanda dua kali sama dengan ‘==’.

Pembacaan operasi assignment ini dilakukan dari kanan ke kiri, bukan dari kiri ke kanan seperti yang biasanya kita bahami di di matematika.

Kode:

Berarti kita memasukkan nilai 500 ke di variabel ‘A’. Di di bahasa pseudo code (seandainya kamu membaca buku mengenai algoritma), ini biasanya ditulis dengan simbol:


Contoh Pemakaian Operator Assignment Pascal

Operator assignment ini telah banyak kita gunakan, seandainya kamu mengikuti panduan pascal di Source Code Program ini dari awal, operator ini telah saya gunakan hampir di setiap contoh kode program.

Untuk menyegarkan pemahaman, berikut contoh pemakaian operator assignment di di pascal:

Tak ada hal yang baru dari kode program diatas. Saya mendefenisikan beberapa variabel, memberikan nilai kedalam variabel tersebut dan menampilkan hasilnya.

Khusus di di compiler Free Pascal, kita dapat menggabungkan operator assignment di dikala variabel tersebut di deklarasikan. Berikut contohnya:

Seandainya kamu menggunakan Turbo Pascal, kode program diatas akan menghasilkan error, karena Turbo Pascal tak mendukung cara memberikan nilai kepada variabel seperti ini.

Memberikan nilai awal ketika sebuah variabel di deklarasikan biasanya dikenal dengan proses inisialisasi. Di best practice pemrograman, men-inisialisasi sebuah variabel dengan nilai awal lumayan urgen. Ini untuk menghindari error/bug yang tak terduga.

Misalnya ketika kita mendefenisikan variabel a selaku integer, berapakah nilai ‘a’ ini? apakah 0? 1? 100?.

Di compiler Free Pascal, nilai defaultnya yaitu 0. Namun di di bahasa pemrograman lain, belum tentu. Oleh karena begitulah sedapat mungkin kita memberikan nilai awal kepada setiap variabel.

Mengakses variabel yang tak diberikan nilai awal, tak akan menghasilkan error, seperti contoh berikut:

Namun, praktek seperti ini sebaiknya tak digunakan. Seandainya kita ingin memberikan nilai 0 kepada variabel a, tetap isi variabel tersebut dengan angka 0, dan tak mengandalkan nilai default bawaan pascal:


Di panduan belajar pascal kali ini kita telah membahas operator yang lumayan sederhana, tetapi benar-benar urgen, yakni operator assignment. Di panduan beriku
tnya, kita akan masuk ke Operator Aritmatika di dalam bahasa pemrograman pascal.

 


Sumber https://www.duniailkom.com/