Tutorial Belajar Pascal Part 28: Jenis-jenis Tipe Data di Dalam Bahasa Pascal

Posted on

Panduan pascal kali ini saya rancang berisi kesimpulan dari pelbagai jenis tipe data di dalam bahasa pemrograman pascal. Hampir semua tipe data ini telah kita bahas di tutorial-tutorial sebelumnya.

Sengaja saya kumpulkan kembali agar lebih gampang diakses 🙂


Jenis-jenis Tipe Data di Di Bahasa Pascal

Tipe data di di bahasa pemrograman pascal dapat dikelompokkan menjadi pelbagai jenis. Gambar berikut dapat menjadi referensi pembagian tipe data ini:


1. Tipe Data Standar Pascal

Kelompok pertama-tama yakni tipe data standar pascal, atau dikenal pun selaku tipe data sederhana. Kelompok ini terdiri dari 4 tipe data: Integer, Real, Character dan Boolean.

Tipe Data Integer

Tipe data integer yakni tipe data yang terdiri dari angka bulat (tak mengandung nilai pecahan atau nilai desimal). Nilai ini dapat berbentuk angka positif maupun negatif, contohnya 3, 99, 1114, -44, 10000, atau 128730123.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data integer di di pascal:

Tipe Data Real

Tipe data real yakni tipe data angka yang mengandung nilai pecahan (bagus positif maupun negatif), seperti: 3.14, 99.99, atau 679073.22.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data real di di pascal:

Tipe Data Char

Tipe data char yakni tipe data yang akan menampung karakter. Karakter ini hanya boleh terdiri dari 1 digit, seperti ‘a’, ‘A’, ‘x’, atau ‘#’.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data char di di pascal:

Tipe Data Boolean

Tipe data boolean yakni tipe data yang hanya dapat diisi dengan 1 diantara 2 nilai: true atau false (benar atau salah). Tipe data boolean biasanya digunakan untuk percabangan kode program seperti struktur IF atau perulangan (looping).

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data boolean di di pascal:


2. Tipe Data Bentukan (User Defined) Pascal

Kelompok kedua dari tipe data pascal yakni tipe data bentukan (user defined) atau dikenal pun dengan tipe data non standar. Tipe data bentukan ini terdiri dari 2 tipe: enumerated dan subrange. Kedua tipe data ini mesti didefenisikan di di bagian type struktur pascal.

Tipe Data Enumerated

Tipe data enumerated yakni tipe data yang isinya terdiri dari kelompok data yang telah ditentukan. Selaku contoh, kita dapat mendesain tipe enumerated warna yang berisi: merah, kuning, biru dan ungu. Atau tipe nama_hari yang berisi nama-nama hari seperti senin, selasa, rabu, dst.

Tipe data enumerated sering pun disebut enumeration atau enum saja.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data enumerated di di pascal:

Tipe Data Subrange

Tipe data subrange yakni tipe data bentukan yang berasal dari bagian (sub) tipe data lain  dan berada di sebuah jangkauan (range). Contohnya, kita dapat mendesain tipe data baru yang hanya terdiri dari angka 0 hingga 9, atau hanya dari huruf ‘a’ hingga ‘e’.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data subrange di di pascal:


3. Tipe Data Structured Pascal

Kelompok tipe data ketiga yakni tipe data structured, atau tipe data terstruktur. Kelompok ini terdiri dari tipe data Array, String, Record, Set dan File.

Tipe Data Array

Tipe data array yakni tipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data lain yang masih setipe. Anggota dari array ini dikenal dengan element. Di di pascal, jumlah element array mesti telah di tentukan di awal program.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data array di di pascal:

Tipe Data String

Tipe data string yakni tipe data yang dapat menampung banyak karakter sekaligus, seperti kata, atau kalimat. Secara internal di di pascal, string ialah array dari tipe data char, oleh karena itu, tipe data ini sering dimasukan ke di array.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data string di di pascal:

Tipe Data Record

Tipe data record yakni tipe data yang ‘anggotanya’ terdiri dari pelbagai jenis tipe data lain. Berbeda dengan array yang hanya dapat diisi dengan tipe data yang sejenis, di record dapat berisi pelbagai jenis tipe data.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data record di di pascal:

Tipe Data Set

Tipe data set yakni tipe data yang isinya terdiri dari sebuah himpunan tipe data lain, seperti hipunan angka 1 hingga 9, himpunan huruf vokal, dll. Tipe data set digunakan untuk mendesain operasi himpunan seperti gabungan, irisan, atau selisih.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data set di di pascal:

Tipe Data File

Tipe data file< /strong> yakni tipe data yang digunakan untuk mengakses file. Tipe data ini digunakan jikalau kita ingin membaca file atau menulis sesuatu kedalam file.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data file di di pascal:


4. Tipe Data Pointer

Kelompok keempat dari tipe data pascal yakni tipe data pointer. Kelompok tipe data ini hanya terdiri dari jenis: pointer.

Tipe data pointer yakni tipe data yang berisi domisili memory dari sebuah variabel. Tipe data ini digunakan jikalau kita butuh memanipulasi variabel seketika dari memory komputer. Biasanya pointer digunakan ketika mempelajari struktur data.

Berikut contoh cara pendefenisian tipe data pinter di di pascal:


Demikianlah semua tipe data yang terdapat didalam bahasa pemrograman pascal. Selain tipe data file, seluruh tipe data ini telah kita bahas di tutorial pascal di Source Code Program sebelum ini. Panduan ini pun sekaligus selaku penutup panduan mengenai tipe data pascal. Berikutnya kita akan masuk ke jenis-jenis operator di di bahasa pascal.


Sumber https://www.duniailkom.com/