Tutorial Belajar Pascal Part 14: Pengertian dan Cara Penggunaan Tipe Data Char Pascal

Posted on

Melanjutkan panduan belajar bahasa pemrograman pascal di Source Code Program, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan cara penggunaan tipe data char di di pascal.


Pengertian Tipe Data Char di Pascal

Tipe data Char ialah tipe data yang hanya dapat diisi dengan 1 karakter saja. Karakter ini mesti ditulis diantara tanda kutip. Karena hanya dapat diisi dengan 1 karakter saja, tipe data char hanya membutuhkan 1 byte memory (1 byte = 8 bit).

Selain itu, variabel bertipe data char pun dapat diisi dengan urutan karakter ASCII. Ini akan lebih gampang dideskripsikan dengan menggunakan contoh kode program.

Di di compiler FreePascal, selain tipe data Char, didukung pun tipe data AnsiChar dan WideChar.


Cara Pemakaian Tipe Data Char Pascal

Sesuai dengan pengertian sebelumnya, variabel bertipe data char hanya dapat diisi dengan 1 karakter yang ditulis diantara tanda kutip. Berikut contohnya:

 Di contoh diatas, saya mendefenisikan variabel a dengan tipe data char, sehingga kita dapat mengisinya dengan 1 karakter saja.

Yang perlu diperhatikan, penulisan angka untuk tipe data char pun mesti menggunakan tanda kutip. Karakter ‘9’ tak boleh ditulis selaku 9 (tanpa tanda kutip), karena apabila tanpa tanda kutip, ini ialah tipe data integer!. Berikut contohnya:

Bila kamu menjalankan kode diatas, akan tampil pesan Error: Incompatible types: got “ShortInt” expected “Char”. Oleh karena itu kita mesti ingat untuk menambahkan tanda kutip ini.


Membangun Karakter Char Menurut Nomor ASCII

Selain menulis karakter secara seketika, tipe data char pun mendukung penulisan karakter menurut nomor urut tabel ASCII.

Karakter ASCII (American Standard Code for Information Interchange) ialah 256 karakter mendasar yang digunakan secara internal oleh komputer. Selain programmer, betul-betul jarang kamu akan berurusan dengan karakter ASCII ini, walaupun sebetulnya ia ada di setiap komputer.

Dari yang yang kita tahu, komputer hanya beroperasi menurut 2 kondisi: hidup dan mati, atau on dan off. Berikutnya kondisi off dan on dari ratusan juta transistor di di komputer direpresentasikan dengan angka biner: 0 dan 1.

Agar sebuah komputer dapat ‘mengingat’ karakter, misalnya huruf ‘A’, kita perlu mendesain aturan bagaimana ‘A’ ini disimpan selaku angka biner.

Diantara standar ini ialah tabel  karakter ASCII, dimana huruf ‘A’ disimpan dengan nilai biner: 01000001, yang di wujud desimal (basis 10) dikonversi menjadi angka 65. Oleh karena itu, karakter ‘A’ berada di urutan ke 65 dari tabel karakter ASCII. Daftar komplit tabel ASCII ini dapat kamu lihat di www.ascii-code.com.

Kembali ke pembahasan mengenai tipe data char di pascal, kita dapat menginput karakter menurut no urut tabel ASCII ini. Caranya, dengan menambahkan tanda pagar “#” sebelum angka no urut.

Selaku contoh, karakter ‘A’ yang mimiliki nilai ASCII: 65 dapat ditulis selaku berikut:

a:=#65;

Berikut contoh komplit kode programnya:

Silahkan kamu samakan urutan tabel ASCII untuk nilai ‘65’, ‘57’ dan ‘137’. Hasilnya sama dengan karakter ‘A’, ‘9’ dan tanda permil (per million).


Di panduan belajar pascal kali ini kita telah membahas tipe data char yang dapat digunakan untuk menyimpan sebuah karakter. Bila kamu ingin menyimpan banyak karakter, atau kumpulan karakter, mesti menggunakan tipe data string, yang akan kita pelajari di panduan berikutnya.


Sumber https://www.duniailkom.com/