Tutorial Belajar Pascal: Cara Membuat Deret Dalam Bahasa Pascal

Posted on

Di panduan belajar pascal di Source Code Program kali ini kita akan membahas cara membuat deret menggunakan bahasa pemrograman pascal.

Bila rekan-rekan telah mengikuti seluruh panduan pascal di Source Code Program mulai dari part 1 hingga selesai, saya telah beberapa kali menggunakan contoh penyusunan kode program deret. Disini kita akan ulang kembali agar semakin paham.


Contoh Kode Program Membangun Deret Di Bahasa Pascal

Deret yaitu sebutan untuk angka berulang dengan aturan tertentu. Dapat jadi angka itu naik dengan kelipatan 9, atau angka itu turun dengan selisih yang berlainan. Inti dari penyusunan deret ada di rumus matematis yang digunakan di menghitung angka berikutnya.

Deret pun punya banyak jenis, mulai dari deret aritmatika, deret geometri, hingga yang lumayan kompleks seperti deret Fibonacci.

Menggunakan bahasa pemrograman pascal, kita dapat membangun deret yang dapat dibilang tanpa batas, pada rentang waktu processor dan memory komputer sanggup menanganinya.

Selaku contoh pertama-tama, saya akan menyusun kode program untuk membangun deret menaik dengan kelipatan 9:

Disini saya menggunakan perulangan FOR DO untuk membangun deret. Rumus dari deret itu sendiri ada di di perulangan. Untuk menampilkan deret kelipatan 9, caranya dengan menulis writeln(i*9).

Bagaimana apabila angkanya ingin ditampilkan ke samping? Saya tinggal mengganti pedoman writeln dengan write:

Selain menampilkan angka dengan kelipatan 9, kita pun mesti menambahkan 1 spasi di sisi kanan agar tampilannya lebih rapi, sehingga perintahnya menjadi: write(i*9, ‘ ‘).

Untuk deret yang lebih kompleks, kita hanya perlu “memikirkan” rumus yang terdapat, misalnya seperti kode berikut:

Kali ini rumus deretnya yaitu 1*9 – 3.


Contoh Kode Program Deret dengan Perulangan WHILE DO

Untuk perulangan while do, proses penyusunan deret kurang lebih sama. Berikut contoh kode programnya:

Tentu saja selain menampilkan deret, kita tak lupa menaikkan nilai variabel counter i.


Contoh Kode Program Deret dengan Perulangan REPEAT UNTIL

Bagaimana cara membangun deret menggunakan perulangan repeat until? Berikut modifikasi dari kode program untuk menampilkan deret kelipatan 9 dengan repeat until:

Khusus untuk perulangan dengan while do dan repeat until, kita pun mesti perhatikan kondisi awal dan ahir perulangan. Sebelum block perulangan saya mendefenisikan variabel i dengan i:= 1. Karena apabila tak, pascal akan memulai deret dari angka 0. Selain itu untuk ahir perulangan pun menggunakan kondisi until i >= 15, bukan until i > 15 (semoga rekan-rekan dapat memahami apa perbedaannya).


Apa yang saya contohkan di panduan ini ialah sebuah versi sederhana dari deret di bahasa pemrograman pascal. Sekali lagi, kunci dari deret ini ada di rumus matematisnya. Untuk perhitungan yang rumit, mungkin pun memerlukan kondisi tambahan lain seperti if else, atau bahkan nested loop (perulangan di di perulangan).

Semoga dapat bermanfaat 🙂


Sumber https://www.duniailkom.com/