Tutorial Belajar OOP PHP: Pemrograman Berbasis Objek PHP

Posted on

Pada sesi panduan PHP kali ini, kita akan membahas diantara aspek terpenting pada PHP, yakni mengenai Pemrograman Dengan Objek (Object Oriented Programming), atau sering disingkat dengan OOP PHP.


Apa itu Pemrograman Dengan Objek?

Object Oriented Programming atau pada bahasa indonesia diartikan Pemrograman Dengan Objek, yakni diantara cara merancang program (programming paradigm) dengan memecah alur program menjadi modul-modul sederhana yang disebut dengan objek. Setiap objek akan mempunyai guna dan kewajiban tersendiri. OOP berbeda dengan prosedural programming yang memecah program menjadi fungsi-fungsi/prosedural.


Pemrograman Dengan Objek dengan PHP

Dikala ini, Object Oriented Programming (OOP) telah menjadi standar pada dunia pemrograman, termasuk PHP. Walaupun kita dapat merancang program PHP tanpa menggunakan OOP sama sekali, namun bagi merancang program ‘real world’ yang fleksibel, programmer PHP akan beralih menggunakan OOP.

Bila sahabat telah menguasai pemrograman PHP basic seperti tipe data, array, dan guna, mempelajari pemrograman objek PHP yakni langkah berikutnya. Fitur dan desain kode yang ditawarkan dengan merancang program menggunakan objek akan amat mempermudah kita pada menyusun program situs modern dan mempunyai fleksibilitas yang tinggi.

Terlebih seandainya sahabat memang ‘serius’ menguasai PHP, memahami pengertian dan cara pemakaian OOP pada PHP amat urgen. Program framework PHP seperti Code Igniter, Yii Framework, Symfony dan Laravel, semuanya menggunakan OOP.

Duniailkom akan mencoba menyajikan panduan basic mengenai Object Oriented Programming atau Pemrograman Dengan Objek PHP. Semoga panduan ini dapat menjadi bahan referensi bagi mempelajari pemrograman Objek, khususnya pemrograman Objek dengan PHP.

Berikut yakni index daftar panduan belajar Pemrograman Dengan Objek PHP:


Sumber https://www.duniailkom.com/