Tutorial Belajar MySQL Part 9: Cara Menjalankan MySQL Client (mysql.exe)

Posted on

Di Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Client ini kita akan membahas cara koneksi MySQL Client ke MySQL Server via DOS Windows. Mengenai cara menjalankan MySQL Server sendiri telah kita praktekkan di Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server.


MySQL Server dan MySQL Client

Di penerapan program sebetulnya, MySQL Server dan MySQL Client biasanya dijalankan di komputer yang berbeda. Komputer Server berada di sebuah ruangan tersendiri dan terhubung via jaringan dengan beberapa komputer Client. Namun kali ini kita akan menjalankan keduanya di di sebuah komputer saja.

Untuk MySQL Server, kita telah menjalankannya bagus selaku service, atau manual dengan mysqld.exe di Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server.

Dengan MySQL server yang telah berjalan, kita akan mengaksesnya menggunakan MySQL Client dari Command Prompt Windows (berikutnya akan kita singkat dengan cmd), menggunakan program mysql.exe dari folder bin MySQL.

Perhatikan bahwa untuk MySQL Server, kita menggunakan mysqld.exe, sedangkan untuk MySQL Client,kita menggunakan mysql.exe.


Menjalankan MySQL Client dengan MySQL Client Console

Cara benar-benar cepat untuk memulai MySQL Client ialah dengan menggunakan Command Line Client. Program ini dapat diakses dari fitur Start –> MySQL –> MySQL 8.0 Command Line Client.

Perhatikan bahwa di MySQL 8.0, terdapat 2 buah program Command Line Client, yakni MySQL 8.0 Command Line Client, dan MySQL 8.0 Command Line Client – Unicode. Versi Unicode diperuntukkan seandainya sobat menggunakan karakter non latin di di database, seperti menggunakan huruf jepang, cina, atau korea. Di panduan ini saya menggunakan versi normal, bukan Unicode.

Di jendela DOS yang terbuka, masukkan password untuk user root, misalnya “qwerty”, lalu tekan Enter. Jikalau tampilan “Welcome to the MySQL monitor” telah muncul, berarti kita telah berhasil login selaku root, dan dapat mulai menggunakan MySQL.

Walaupun menggunakan MySQL Client Console lebih gampang, tetapi kita terikat dengan user root. Bagaimana seandainya kita ingin menggunakan user lain? untuk hal ini kita akan mempelajari cara mengakses MySQL Client secara manual dari command prompt Windows.


Menjalankan MySQL Client dari cmd Windows (mysql.exe)

Untuk menjalankan MySQL Client secara manual, sama seperti menjalankan MySQL Server secara manual, kita akan mengakses folder instalasi MySQL dari cmd (command prompt) Windows. Di contoh ini, file instalasi MySQL saya berada di C:MySQL 8.0bin. Jikalau folder instalasi MySQL di komputer sobat berbeda, silahkan lakukan penyesuaian.

Caranya sama seperti menjalankan MySQL Server secara manual, yakni buka cmd Windows, kemudian pindah ke folder C:MySQL 8.0bin dengan pedoman cd C:MySQL 8.0bin:

Karena kita akan sering mengakses file “C:MySQL 8.0bin” dari cmd, karenanya akan lebih gampang seandainya mendesain shortcut untuk seketika masuk ke di folder ini dari cmd.

Caranya, cari program cmd dari fitur Search. Kemudian klik kanan, pilih Open file location.

 Akan terbuka jendela Windows Explorer yang berisi icon cmd Windows, kemudian klik kanan, pilih fitur Send To -> Desktop (create shortcut):

Hasilnya, akan tampil shortcut cmd di Desktop. Klik kanan shortcut cmd ini, lalu pilih properties: Dari tab Shortcut, cari input box “Start in”. Ubah isian kotak input ini menjadi “C:MySQL 8.0bin”, atau dengan lokasi lain folder bin dari MySQL seandainya sobat menginstallnya bukan di “C:MySQL 8.0”. Lalu klik OK.

Sekarang ini ini, ketika shortcut ini di klik, akan seketika terbuka di folder C:MySQL 8.0

Silahkan me-rename shortcut ini menjadi lebih spesifik, Misalnya: “MySQL Folder”, atau “MySQL cmd”.


Memulai Koneksi dengan MySQL Server

Jikalau MySQL Server telah berjalan, bagus selaku service maupun seketika dengan mysqld.exe (Lihat Tutorial MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server), kita dapat login ke di Server dengan format pedoman:

  • mysql ialah program MySQL Client yang kita gunakan untuk mengakses server (file aslinya bernama: mysql.exe).

  • –h ialah kode untuk mysql bahwa pedoman setelahnya ialah hostHost disini yaitu domisili IP dari komputer server. Karena kita menjalankan MySQL Server di komputer yang sama dengan MySQL Client, domisili IP dari komputer kita ialah 127.0.0.1, atau sering pun disebut dengan localhost.

  • –u ialah kode untuk mysql bahwa pedoman setelahnya ialah inputan nama userUser ialah username pengguna yang akan login ke MySQL server. User ini dapat kita bikin sendiri nantinya dengan hak akses masing-masing, namun karena pertama-tama kali digunakan, user yang terdapat ialah root.

  • -p ialah kode untuk mysql bahwa pedoman setelahnya ialah password dari user. Inputan password mesti seketika digabungkan dengan –p. contohnya, di panduan ini, saya menggunakan password “qwerty” untuk user root. Karenanya penulisannya menjadi –pqwerty.

Untuk masuk di localhost selaku user root dengan password qwerty, pedoman nya ialah:

Jikalau tulisan “Welcome to the MySQL monitor” seperti di gambar telah keluar, karenanya kita sukses login selaku root. Setiap pedoman di di Client MySQL akan di awali dengan tanda mysql>.

Jikalau sobat copy-paste pedoman diatas, kadang terjadi error. Silahkan coba lagi dengan mengetik ulang secara manual.

Untuk keluar dari Client, ketik pedoman:

Atau tutup cmd dengan klik tombol close windows di sudut kanan atas. Koneksi MySQL Client otomatis akan terputus.

Pedoman -h localhost yaitu lokasi dari MySQL Server yang ingin diakses. Apabila MySQL Server berada di komputer lain, kita dapat menggunakan domisili IP server tersebut. Selaku contoh, seandainya MySQL Server berada di domisili: 10.12.254.14, karenanya perintahnya menjadi:

Localhost ialah penyebutan untuk domisili komputer itu sendiri (dapat pun diganti dengan domisili IP: 127.0.0.1), dan oleh karena itu, pedoman –h localhost pun dapat ditiadakan. Sehingga kita dapat masuk dengan pedoman:

Jikalau sobat perhatikan, di pesan “Welcome to the MySQL Monitor” diatas, terdapat baris peringatan: “Warning: Using a password on the command line interface can be insecure.” Hal ini terjadi karena kita menulis password root secara seketika, sehingga dianggap tak aman. Selaku solusinya, kita dapat menginput password user root dengan lebih aman menggunakan pedoman:

Tampilan cmd akan berhenti sesaat untuk menunggu kita menginputkan password:

Sedikit tips untuk pemakaian via cmd (command prompt), kita dapat mengulang perintah-perintah yang pernah digunakan dengan menekan tombol panah atas di keyboard.

Setelah menjalankan MySQL Server di Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Server, dan masuk selaku MySQL Client di Tutorial Belajar MySQL: Cara Menjalankan MySQL Client, saatnya kita mempelajari cara penulisan pedoman (query) MySQL di Tutorial Belajar MySQL: Dasar Penulisan Query MySQL.


eBook MySQL Uncover Duniailkom

MySQL dan MariaDB telah menjadi standar database untuk web programming. Duniailkom telah menyusun eBook MySQL Uncover yang membahas MySQL/MariaDB dengan lebih detail dan lebih komplit, mulai dari query basic hingga View, Stored Procedure dan Trigger. Penjelasan lebih lanjut dapat ke eBook MySQL Uncover Duniailkom.


Sumber https://www.duniailkom.com/