Tutorial Belajar MySQL Part 6: Download, Install dan Setingan awal MySQL

Posted on

Setelah di Tutorial Belajar MySQL: Pengertian Database, Database Model dan RDBMS kita membahas sedikit teori database, dan di Tutorial Belajar MySQL: Pengertian Relational Database kita membahas beberapa istilah di relational database, karenanya saatnya untuk download dan install aplikasi MySQL.

Panduan ini telah diupdate untuk MySQL versi 8.0


Menginstall MySQL 8.0 Secara Stand Alone

Bagi kamu yang sebelumnya pernah menggunakan MySQL, biasanya akan mendapati MySQL yaitu bagian dari paket program AMP (Apache-MySQL-PHP). Program ini sering digunakan untuk mempelajari pemrograman web yang biasanya terdiri dari paket web server Apache, program database MySQL, dan bahasa pemrograman web  PHP . Program XAMPP  dan WampServer yaitu 2 diantara banyak program serupa yang sering digunakan di program operasi Windows.

Paket program bundle ini menawarkan kemudahan instalasi, karena kita tak direpotkan dengan pelbagai settingan agar ketiga program itu dapat berjalan. Bila di komputer kamu telah terinstall program ini, silahkan digunakan, atau sekiranya kamu ingin menginstall MySQL menggunakan XAMPP, silahkan ikuti langkah-langkahnya di tutorial cara menginstall XAMPP.

Di panduan MySQL kali ini saya akan memberikan strategi menginstall program MySQL secara sendiri (stand alone), seketika menggunakan file instalasi dari www.mysql.com. Dengan menginstall MySQL secara terpisah, kita dapat mempelajari secara lebih detail mengenai settingan dan file-file program MySQL.

Bila di komputer kamu telah terinstall program MySQL lain (misalnya dari XAMPP) dan ingin untuk mengikuti proses instalasi di panduan ini, karenanya wajib untuk mematikan service MySQL Server dari program tersebut.

Pun untuk kepentingan belajar, saya hanya memakai interface command prompt (DOS), dimana kita akan mengetik huruf per huruf  ketika mengoperasikan MySQL (bahasa query). GUI MySQL seperti PhpMyAdmin memang amat gampang, namun kurang cocok untuk proses belajar database.


Unduh MySQL 8.0

MySQL yang akan kita gunakan yaitu MySQL Community Server, yakni versi cuma-cuma dari MySQL. Versi lain, MySQL Enterprise Server yaitu versi berbayar yang diperuntukkan untuk skala perusahaan dengan fitur database yang lebih advance.

Ketika panduan ini direvisi di Desember 2018, versi stabil terakhir dari MySQL Community Server yaitu versi 8.0.13. Program MySQL Community Server dapat di unduh di situs resmi MySQL:  http://dev.mysql.com/downloads/mysql/.

MySQL mendukung pelbagai macam program operasi, namun karena beberapa besar kita menggunakan Windows, karenanya saya hanya menjelaskan mengenai cara instalasi di Windows.

Setelah halaman resmi MySQL terbuka, silahkan scroll ke bawah. Di tampilan bagian unduh MySQL, kita akan mendapati beberapa paket instalasi yang dapat dipilih.

Di fitur Select Operating System, silahkan pilih program operasi yang diinginkan. Karena saya memakai Windows, alternatif Microsoft Windows telah otomatis terpilih.

Installer MySQL terdiri dari 2 jenis, yakni file executable (exe) yang dinamakan Installer MSI, atau file ZIP. Agar lebih gampang, sebaiknya pilih file MSI karena file ini berisi versi MySQL yang dilengkapi wizard untuk memandu kita di proses instalasi dan pengaturan awal, sedangkan untuk versi ZIP yaitu program MySQL tanpa proses instalasi.

Setelah selesai, klik tombol: unduh untuk versi MSI.

Berikutnya yaitu halaman “Unduh MySQL Installer”. MySQL menyediakan 2 jenis file, yakni dengan ukuran kecil (sekitar 16 MB), atau yang berukuran besar (sekitar 313 MB). Versi ukuran kecil sebetulnya yaitu versi online installer, yang akan mengunduh seluruh file MySQL di ketika proses instalasi berlangsung dan kita mesti online. Sedangkan yang berukuran besar yaitu versi offline installer yang tak perlu terkoneksi ke internet ketika proses instalasi.

Di halaman “Begin your unduh”, MySQL akan menampilkan form login atau mendesain akun di mysql.com. Bila tertarik, silahkan isi form registrasi, namun sekiranya tak, lanjutkan dengan klik link “» No thanks, just start my unduh!”.

 Proses unduh akan berlangsung beberapa ketika. Tergantung kecepatan internet, proses ini mungkin dapat memakan waktu beberapa menit, mengingat ukuran file MySQL yang lumayan besar.


Proses Instalasi MySQL

Setelah proses unduh file MySQL selesai, kita akan mendapati file instalasi MySQL berupa: mysql-installer-community-8.0.13.0.msi. Kemungkinan versi yang kamu unduh akan berbeda karena MySQL terus mengeluarkan versi terbaru, namun strategi instalasinya kurang lebih tetap sama.

Lanjutkan dengan double klik file mysql-installer-community-8.0.13.0.msi. Bila kamu menggunakan Windows 7, 8 atau Windows 10, akan muncul beberapa kali jendela konfirmasi hak akses administrator, silahkan klik Yes.

Setelah proses persiapan install selesai, akan ada tampilan lisensi MySQL, sekilas kamu akan melihat bahwa MySQL menggunakan lisensi GNU GENERAL PUBLIC LICENSE. Ceklist “I accept the terms in the License Agreement”, lalu klik tombol Next.

Di jendela “Choosing a Setup Type”, terdapat beberapa alternatif tipe instalasi. Mulai dari untuk developer default, server only, client only, full hingga kustom.

Karena kita akan menggunakan MySQL di tahap pengembangan program, mungkin alternatif “Developer Default” yaitu yang betul-betul pas. Namun opsi ini menginstall lumayan banyak program, dapat hingga 10 komponen serta memakan ruang harddisk lebih dari 1GB. Yang kita perlukan ketika ini hanyalah MySQL Server.

Akan tetapi, sekiranya memilih Server Only kita tak dapat mengubah folder instalasi MySQL. Oleh karena itu pilih Kustom kemudian klik tombol Next.

Di jendela “Select Products and Features” kita dapat memilih program dan fitur apa saja yang ingin diinstall. Dapat dilihat bahwa file instalasi MySQL membundel banyak komponen selain MySQL Server, seperti: Program admin untuk excel, visual studio, connector MySQL, dan pun file dokumentasi. Inilah yang mendesain file installer MySQL seperti itu besar.

Silahkan klik tombol tanda tambah (+) betul-betul atas (MySQL Server), hingga kamu menemukan: MySQL Server 8.0.13 – X64. Pilih alternatif ini, lalu klik tombol panah hijau ditengah-tengah jendela untuk memindahkan dari jendela “Available Product” ke “Product/Features To Be Installed“.

Bila kamu seketika klik tombol Next, karenanya program MySQL akan diinstall di folder: C:Program FilesMySQLMySQL Server 8.0, dan folder data di C:ProgramDataMySQLMySQL Server 8.0. Meskipun ini tak masalah, tapi saya ingin mengubahnya ke folder lain supaya gampang diakses.

Caranya, klik alternatif MySQL Server 8.0.13 – X64 di jendela sebelah kanan, kemudian di pojok kanan bawah akan muncul alternatif “Advanced Option“. Klik alternatif ini, dan akan keluar jendela baru untuk mengubah lokasi instalasi MySQL.

Terdapat 2 isian: Install Directory yang akan menjadi folder tempat file program MySQL. Dan Data Directory dimana file data seperti database dan tabel berada. Saya akan mengubah Install Directory ke C:MySQL 8.0 dan Data Directory ke C:MySQL 8.0Data. Kedua folder ini tak mesti ada terlebih dahulu karena MySQL akan membuatnya secara otomatis. Akhiri dengan men-klik tombol OK, kemudian klik Next.

Di Jendela Installation ini, akan ditampilkan produk dan fitur apa saja yang ingin diinstal. Karena kita hanya memilih MySQL Server 8.0.13, karenanya hanya 1 produk ini yang akan diinstall. Silahkan klik tombol Execute untuk memulai Proses Instalasi MySQL Server.

Proses instalasi akan memakan waktu beberapa ketika, dan ketika selesai, klik tombol Next beberapa kali hingga kita masuk ke bagian konfigurasi awal MySQL.


Konfigurasi Awal MySQL

Setelah proses instalasi, MySQL akan masuk ke fitur konfigurasi, jendela pertama-tama untuk proses konfigurasi ini yaitu Group Replication.

Di jendela ini pilih “Standalone MySQL Server / Classic MySQL Replication” karena kita hanya akan menjalankan MySQL di satu komputer saja. Klik tombol Next.

Di jendela konfigurasi “Type and Networking” biarkan settingan default Development Computer dan port MySQL di 3306. Klik tombol Next.

Di jendela Authentication Method, biarkan alternatif default di “Use Strong Password Encryption for Authentication“, lalu klik tombol Next.

Jendela berikutnya yaitu Account and User Role. Di bagian ini kita akan mendesain password untuk user root dan sekiranya diinginkan pun dapat mendesain user lain.

Di bagian atas, kita mesti menginput password untuk user root. Root yaitu user tertinggi di di MySQL, atau sering disebut pun dengan superuser. User root mempunyai hak akses kepada semua tabel dan database, termasuk menghapus seluruh database yang terdapat. Karena kita menggunakan MySQL server ini di komputer sendiri dan hanya untuk proses belajar, silahkan input password yang gampang diingat, saya akan menggunakan password: “qwerty“.

Di bagian bawah terdapat alternatif untuk menambah user lain selain root. Namun untuk ketika ini kita tak memerlukannya, dan kita akan mempelajari cara mendesain user dari di MySQL nanti. Akhiri jendela ini dengan men-klik tombol Next.

Jendela berikutnya amat urgen, terutama sekiranya kamu berencana menginstall lebih dari 1 MySQL di di komputer (misalnya satu lagi dari XAMPP).

Bila checkbox “Configure MySQL Server as Windows Service” dipilih, MySQL akan diinstall selaku “Windows Service”. Artinya, MySQL akan seketika aktif setiap Windows berjalan.

Ini dapat menjadi masalah sekiranya kamu ingin menjalankan MySQL dari sumber lain (seperti XAMPP). Karena MySQL tak dapat berjalan bersamaan di satu komputer (sekiranya menggunakan port yang sama). Oleh karena itu hapus alternatif “Configure MySQL Server as Windows Service”, lalu klik Next.

Jendela terakhir yaitu “Apply Configuration”. Disini seluruh setingan yang telah kita pilih akan digunakan. Klik tombol Execute.

Setelah beberapa ketika, seluruh konfigurasi telah digunakan. Klik tombol Finish.

Di jendela Product Configuration tak ada pengaturan yang mesti kita pilih, seketika saja klik tombol Next.

Proses instalasi MySQL Server telah selesai.


Menguji Instalasi MySQL

Setelah menginstall MySQL di atas, MySQL Server 8.0 secara otomatis pun telah berjalan di latar belakang. Kita akan mencoba mengakses MySQL Server ini.

Untuk menguji apakah MySQL telah terinstall dengan sempurna, kita akan coba mengakses MySQL Command Line Client dari fitur Start –> MySQL –> MySQL 8.0 Command Line Client.

Di jendela DOS yang terbuka, masukkan password untuk user root yang telah kita bikin tadi, di panduan ini saya memberikan password “qwerty”, lalu tekan Enter. Bila tampilan “Welcome to the MySQL monitor” telah muncul, berarti instalasi MySQL kita berjalan dengan sukses. Untuk uji coba pedoman MySQL, ketik pedoman SHOW DATABASES; (akhiri dengan tanda titik koma) lalu tekan Enter:

Siip, proses instalasi MySQL telah selesai dan siap digunakan.


Setelah berhasil menginstall MySQL dan menjalankannya untuk pertama-tama kali, kita telah dapat seketika mencoba MySQL di Tutorial Belajar MySQL : Dasar Penulisan Query MySQL .

Bagi yang ingin melihat file instalasi MySQL serta file konfigurasi MySQL my.ini, akan kita bahas di panduan berikutnya,  Tutorial Belajar MySQL : Folder Instalasi MySQL dan File my.ini


eBook MySQL Uncover Duniailkom

MySQL dan MariaDB telah menjadi standar database untuk web programming. Duniailkom telah menyusun eBook MySQL Uncover yang membahas MySQL/MariaDB dengan lebih detail dan lebih komplit, mulai dari query mendasar hingga View, Stored Procedure dan Trigger. Penjelasan lebih lanjut dapat ke eBook MySQL Uncover Duniailkom.


Sumber https://www.duniailkom.com/