Tutorial Belajar MySQL Part 36: Pengertian Fungsi Hashing dan Cara Kerja Password MySQL

Posted on

Pada panduan mengenai user MySQL sebelumnya, saya selalu menambahkan password pada merancang user baru agar lebih aman, namun bagaimana sesungguhnya MySQL menyimpan password tersebut? pada panduan kali ini saya akan membahas mengenai manfaat hashing dan kaitannya dengan cara kerja program password MySQL pada mengelola password user.


Mengenal Program Enkripsi Hashing

Pada mengelola user, MySQL menyimpan password di pada tabel user yang berada di pada database mysql. Hingga di panduan ini, pastinya kita telah merancang beberapa user yang harusnya terdapat di pada tabel ini, saya akan mencoba melihat password tiap-tiap user yang terdaftar dengan melihatnya dari tabel user ini.

Berikut query yang diperlukan bagi melihat password seluruh user pada MySQL (masuklah selaku root):

Dari query diatas, kita dapat melihat seluruh user, password, dan lokasi dari user yang terdaftar pada MySQL. Namun seperti yang terlihat, isian dari password disimpan pada angka yang acak. Ini yaitu hasil manfaat hashing yang digunakan MySQL bagi menangani password.


Pengertian Guna Hashing MySQL

Pada ilmu komputer, manfaat hashing biasanya dipelajari bersama-sama dengan kriptografi, yaitu ilmu mengenai penyusunan pesan rahasia dan cara memecahkannya.

Secara sederhana, manfaat hashing yaitu sebuah manfaat yang digunakan bagi mengacak sebuah kata menjadi kata lain yang tak bermakna dan sedapat mungkin kata hasil hashing tak dapat ditebak dari kata apa kata tersebut berasal.

Seluruh password user yang disimpan MySQL, terlebih dahulu diproses lewat manfaat hashing ini. Tujuannya, agar user yang tak berhak, tak dapat melihat password user lainnya.

Sepanjang panduan MySQL pada duniailkom ini, saya menggunakan password qwerty bagi user root. Tetapi seperti yang terlihat dari hasil diatas, MySQL bukan menyimpan kata qwerty, tetapi menyimpannya menjadi : “AA1420F182E88B9E5F874F6FBE7459291E8F4601”. Ini yaitu hasil manfaat hashing dari kata qwerty yang disimpan selaku password MySQL.


Mengenal Guna PASSWORD()

Bagi memperoleh hasil hashing bagi password MySQL, kita dapat menggunakan manfaat PASSWORD yang disediakan MySQL. Berikut contoh query bagi pemakaian manfaat PASSWORD:

Seperti yang terlihat, MySQL meng-hashing kata qwerty menjadi karakter-karakter acak sepanjang 41 karakter. Hasil hashing inilah yang disimpan pada tabel user diatas.

Lalu bagaimana cara MySQL membandingkan password ketika user masuk ke program? MySQL lumayan membandingkan isian password yang diinput penguna, memasukkannya ke pada manfaat PASSWORD, dan membandingkan hasilnya dengan yang terdapat di tabel user. Kalau hasil hashing nya bernilai sama, karenanya password tersebut benar dan pengguna berhak masuk ke pada program.

Sahabat dapat mencoba kata-kata lainnya ke pada manfaat PASSWORD ini, misalnya bagi user ilkom_admin, saya menggunakan password ‘r4hasia’.

Guna hashing ini dirancang bagi tak dapat ditebak dari apa kata password ‘yang asli’ berasal. Namun bagaimana jikalau terdapat user yang lupa passwordnya sendiri? Caranya yaitu dengan merancang password baru bagi user tersebut, atau menghapus password tersebut. Strategi bagi merubah dan menghapus password user MySQL akan kita bahas di panduan berikutnya.


Sumber https://www.duniailkom.com/