info-b

Tutorial Belajar MySQL Part 11: Cara Membuat dan Menghapus Database MySQL

Posted on

Setelah mencoba berapa query sederhana di Tutorial Belajar MySQL: Dasar Penulisan Query MySQL, di panduan ini kita akan mempelajari query bagi membangun, melihat, menggunakan, dan menghapus database MySQL (query : Create, Show, Use, dan Drop database).

Seperti panduan sebelumnya, kita akan mengakses MySQL Server menggunakan MySQL Client via cmd Windows, tutorialnya telah kita bahas di Tutorial Belajar MySQL: Menjalankan MySQL Server, dan Tutorial MySQL : Menjalankan MySQL Client. Masuklah selaku user root.


Cara Membangun database MySQL

Pada penggunaannya sehari-hari, sebuah program biasanya hanya akan mempunyai sebuah database. Di pada MySQL (dan pun di pada program relational database lainnya), Database yaitu kumpulan dari tabel-tabel yang saling berhubungan. Database yaitu tempat dimana tabel-tabel akan dibangun.

Bagi membangun database, format penulisan querynya yaitu:

Di pada manual MySQL, dan pun di pada panduan ini, format command query yang terdapat di pada kurung siku adalah command optional, boleh diabaikan sekiranya tak diperlukan.

Jikalau kita ingin membangun sebuah database mahasiswa, karenanya querynya yaitu:

Tambahan query  [IF NOT EXISTS] digunakan bagi membangun MySQL tak menampilkan pesan error sekiranya database tersebut telah ada sebelumnya pada database.

Contohnya, sekiranya kita menjalankan lagi query bagi membangun database mahasiswa, MySQL akan menampilkan pesan error.

Pesan error ini bermanfaat bagi kita mengidentifikasi kesalahan, namun apabila kita membangun kode query yang panjang bagi dieksekusi secara keseluruhan (kita akan mempelajarinya nanti), pesan error akan menyebabkan query  berhenti diproses.

Format [IF NOT EXISTS] akan membangun database sekiranya database itu belum ada sebelumnya. Jikalau telah ada,  query CREATE DATABASE tak akan menghasilkan apa-apa (database yang lama tak akan tertimpa).


Cara Melihat Daftar Database MySQL

Di pada MySQL Server, biasanya akan terdapat beberapa database, tergantung keperluan kita. Bagi melihat seluruh database yang berada di MySQL Server, gunakan query:

Kita dapat melihat bahwa MySQL Server telah berisi beberapa database bawaan, selain database mahasiswa yang kita bikin sebelumnya.


Cara Memilih dan Menggunakan Database MySQL

Kita mesti memilih sebuah database yang akan digunakan, format query bagi memilih database ini yaitu:

nama_database yaitu database yang akan kita gunakan. Jikalau kita ingin menggunakan database mahasiswa, karenanya querynya yaitu:

Berikutnya setiap query perancangan tabel misalnya, akan membangun sebuah tabel didalam database terpilih, pada hal ini database mahasiswa.


Cara Menghapus Database MySQL

Jikalau database telah tak digunakan lagi, kita dapat menghapusnya. Proses penghapusan ini akan menghapus database, termasuk seluruh tabel dan isi dari tabel tersebut. Sebuah database yang telah dihapus tak dapat ditampilkan kembali. Kita mesti yakinkan bahwa database tersebut memang tak akan digunakan lagi.

Format query bagi menghapus database:

Sama seperti query di perancangan database, alternatif [IF EXISTS] digunakan bagi menghilangkan pesan error sekiranya seandainya database tersebut memang tak ada.

Jikalau kita ingin menghapus database mahasiswa, contoh querynya yaitu:

Jikalau kita berusaha menghapus database mahasiswa lagi (yang memang telah tak ada), akan muncul pesan error:

Dengan menggunakan command opsional [IF EXISTS], pesan error tak tampil:

 

Karena query SQL menggunakan bahasa inggris, kita mesti perhatikan kesalahan bagi pengetikkan kata singular (tunggal) dan plural (jamak). Misalnya bagi melihat database, querynya yaitu SHOW DATABASES, tetapi sekiranya kita menjalankan query SHOW DATABASE; ini akan menyebabkan error. Karena seharusnya yaitu DATABASES, bukan DATABASE. Pun seharusnya yaitu IF EXISTS, bukan IF EXIST (Pemakaian huruf S diakhir kata).


Setiap database pada MySQL, setidaknya mempunyai satu tabel, berikutnya kita akan mempelajari cara perancangan tabel pada MySQL Tutorial Belajar MySQL: Cara Membuat dan Menghapus Tabel MySQL.


Sumber https://www.duniailkom.com/