Tutorial Belajar MySQL Dasar Untuk Pemula

Posted on

Tak dapat disangkal lagi bahwa MySQL adalah sebuah diantara program database sangat populer di dunia, terutama pada pengembangan web. Hampir setiap proyek penyusunan situs menggunakan MySQL, termasuk pelbagai CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, Drupal, dll menggunakan MySQL. MySQL adalah sebuah program wajib yang mesti dikuasai oleh programmer web. Karena hal inilah Duniailkom.com mencoba membangun beberapa panduan mendasar MySQL.

Panduan mendasar ini diperuntukkan bagi pemula yang ingin mempelajari MySQL dari awal. Kita akan membahas sedikit teori database, seperti pengenalan tabel, relasi, kolom/field, baris/record, serta pengertian RDBMS (Relational Database Management Systems). Berikutnya kita akan menginstall program MySQL dan membahas query-query urgen yang diperlukan bagi administrasi database.

Pada panduan MySQL Basic ini saya akan mengakses MySQL menggunakan Command Prompt Windows. Walaupun agak sedikit repot karena kita mesti mengetik seluruh query secara manual, tetapi dengan menggunakan CMD Windows, kita dapat dengan gampang menguasai dan belajar cara penulisan query MySQL. Seandainya kamu telah memahami beberapa besar panduan ini, silahkan menggunakan program dengan GUI seperti Phpmyadmin yang pun akan kita pelajari nantinya.

Saya menyadari panduan mendasar MySQL ini masih banyak kekurangan, sehingga kritik dan saran dari rekan-rekan dapat menjadi masukan agar panduan ini menjadi lebih bagus lagi dan dapat menjadi referensi bagi belajar MySQL.

Berikut yakni Panduan Belajar MySQL Basic Bagi Pemula:

Teori Basic Database MySQL:

Instalasi dan Settingan awal MySQL:

Query Basic MySQL:

Query Perancangan User dan Hak Akses MySQL:


Sumber https://www.duniailkom.com/