Tutorial Belajar MySQL: Cara Mengcopy Tabel MySQL dan Isi Tabel MySQL

Posted on

Di panduan belajar MySQL kali ini saya akan membahas query untuk menduplikasi tabel MySQL. Kita akan mempelajari cara mengcopy struktur tabel MySQL berserta isi tabel MySQL.

Panduan ini menggunakan database mahasiswa yang dikerjakan di panduan Cara Menjalankan Query MySQL dari File Teks.


Cara Mengcopy Struktur Tabel MySQL

Terdapat beberapa cara untuk menduplikasi tabel di di MySQL, salah satunya menggunakan command mysqldump. Namun kali ini saya akan membahas cara mencopy tabel MySQL menggunakan query dari di MySQL.

Untuk mendesain struktur tabel baru yang sama persis dengan tabel yang telah ada, dapat menggunakan format query selaku berikut:

Selaku contoh, saya akan menduplikasi tabel daftar_dosen menggunakan command berikut ini:

Di query pertama-tama, saya menggunakan command CREATE TABLE daftar_dosen_baru LIKE daftar_dosen untuk mendesain tabel daftar_dosen_baru yang akan menggunakan struktur yang sama dengan tabel daftar_dosen.

Pedoman DESCRIBE daftar_dosen_baru memperlihatkan bahwa strukur tabel daftar_dosen_baru sama persis dengan struktur tabel aslinya: daftar_dosen.

Bagaimana dengan isi dari tabel ini? Dari query SELECT * FROM daftar_dosen_baru, terlihat bahwa tabel ini tak berisi data apapun.


Cara Mengcopy Isi Tabel MySQL

Untuk mengcopy isi sebuah tabel ke tabel lain di di MySQL kita dapat memanfaatkan gabungan query INSERT dengan query SELECT. Selaku contoh, untuk menduplikasi isi tabel daftar_dosen ke tabel daftar_dosen_baru, saya dapat menggunakan query berikut:

Dengan menggunakan query diatas, seluruh isi tabel daftar_dosen akan dicopy kedalam tabel daftar_dosen_baru.

Bagaimana seandainya saya hanya butuh beberapa data saja?

Seandainya kita cuma butuh mengcopy beberapa data dari tabel lama (tak seluruh data), lumayan memberikan tambahan command kondisi seperti WHERE di query SELECT. Selaku contoh, seandainya saya ingin mengcopy hanya dosen yang beralamat di Palembang, saya dapat menggunakan query berikut:

Query TRUNCATE daftar_dosen_baru digunakan untuk mengosongkan isi tabel daftar_dosen_baru.

Berikutnya saya memastikan tabel daftar_dosen_baru telah kosong dari command SELECT * FROM daftar_dosen_baru. Terkahir, saya mengcopy data dari tabel daftar_dosen, namun hanya dosen yang beralamat di Palembang menggunakan kondisi WHERE domisili = ‘Palembang’.


Panduan cara mengcopy atau menduplikasi tabel MySQL ini kadang diperlukan di kasus dimana kita butuh mendesain tabel yang sama persis. Tabel ini dapat digunakan selaku tabel ‘percobaan’ untuk mengamankan tabel asli dari perubahan.


Sumber https://www.duniailkom.com/