Tutorial Belajar MySQL: Cara Mengambil Nilai Tanggal (DATE dan TIMESTAMP) MySQL

Posted on

Tipe data tanggal (DATE) ialah sebuah diantara tipe data yang lumayan sulit digunakan. Selain memerlukan format tersendiri, hasil dari kolom dengan tipe data date pun ‘terbalik’, yakni dengan format tampilan YYYY-MM-DD.

Di panduan belajar MySQL kali ini saya akan membahas beberapa manfaat MySQL yang dapat digunakan untuk mengambil dan menampilkan tipe data DATE.

Penjelasan cara pemakaian tipe data DATE MySQL telah dibahas di: Tutorial MySQL Tipe Data Date (Tanggal).


Mempersiapkan Tabel belajar_date

Selaku tabel contoh, saya akan mendesain tabel belajar_date. Tabel ini terdiri dari dua kolom bertipe DATE dan TIMESTAMP. Berikut query yang saya gunakan:

Seperti yang terlihat, MySQL menyimpan kolom bertipe data DATE menggunakan format YYYY-MM-DD, dan untuk tipe data TIMESTAMP dengan format YYYY-MM-DD HH:MM:SS.


Manfaat MySQL untuk Mengambil Nilai Date

MySQL menyediakan beragam manfaat untuk mengambil beberapa data dari kolom bertipe DATE dan TIMESTAMP. Selaku contoh, kita dapat menggunakan manfaat YEAR() untuk mengambil bagian tahun, seperti query berikut ini:

Di query diatas, saya menampilkan hanya nilai tahun dari kolom dt. Bagaimana dengan nilai Bulan dan Tanggal? Berikut querynya:

Selain manfaat YEAR(), MONTH() dan DAY() yang saya gunakan, tabel berikut merangkum beberapa manfaat lain yang dapat digunakan untuk tipe data DATE dan TIMESTAMP:

Nama Manfaat Hasil
YEAR() Menampilkan nilai tahun
MONTH() Menampilkan nilai bulan (1..12)
MONTHNAME() Menampilkan nama bulan (January..December)
DAYOFMONTH() Menampilkan nilai tanggal (1..31)
DAYNAME() Menampilkan nama hari (Sunday..Saturday)
DAYOFWEEK() Menampilkan nilai hari (angka 1..7)
WEEKDAY() Menampilkan nilai hari (angka 0..6)
DAYOFYEAR() Menampilkan urutan hari (1..366)
HOUR() Menampilkan nilai jam (0..23)
MINUTE() Menampilkan nilai menit (0..59)
SECOND() Menampilkan nilai detik(0..59)

Dengan menggunakan fungsi-fungsi ini kita dapat mengambil nilai yang diinginkan dari kolom DATE dan TIMESTAMP:


Manfaat CURDATE() dan NOW()

Masih berkaitan dengan tipe data date, MySQL menyediakan manfaat bawaan untuk menghasilkan nilai DATE dan TIMESTAMP program ketika ini. Manfaat yang dapat digunakan ialah CURDATE() dan NOW().

Berikut contohnya:

Manfaat CURDATE() akan menghasilkan nilai DATE yang terdapat di server dengan format YYYY-MM-DD, sedangkan manfaat NOW() akan menghasilkan nilai TIMESTAMP dengan format YYYY-MM-DD HH:MM:SS. Di query diatas, saya menggunakan kedua manfaat ini untuk menginput data baru ke di tabel belajar_date.

Dapat rekan-rekan lihat bahwa kode diatas dijalankan di tanggal 4 Agustus 2015 pukul 15:34:14, sesuai dengan program komputer yang saya gunakan (baris terakhir di tabel).


Manfaat-fungsi tanggal yang kita bahas kali ini cocok untuk menformat tampilan kolom dengan tipe data DATE dan TIMESTAMP di di MySQL. Untuk hasil yang lebih fleksibel, dapat menggunakan fungsi DATE_FORMAT() yang akan saya bahas di panduan terpisah.


Sumber https://www.duniailkom.com/