Tutorial Belajar MySQL: Cara Memotong String Hasil Query MySQL (SUBSTRING)

Posted on

Ketika menampilkan tabel hasil query, kadang kita perlu memecah data dari sebuah kolom. MySQL menyediakan beberapa kegunaan yang dapat digunakan untuk keperluan ini, seperti kegunaan SUBSTRING, SUBSTR, MID, LEFT dan RIGHT. Kita akan membahas cara pemakaian kelima kegunaan ini.


Cara Pemakaian Guna SUBSTRING, SUBSTR dan MID MySQL

MySQL meyediakan kegunaan SUBSTRING untuk memotong string. Guna ini membutuhkan 2 argumen utama dan 1 argumen tambahan (opsional). Berikut format dasarnya:

  • nama_kolom yaitu nama kolom tabel yang akan diambil karakternya (selaku sumber string)
  • index_awal dapat diisi dengan angka yang berfungsi selaku index awal karakter yang ingin diambil, dihitung dari index 1 di karakter pertama-tama, index 2 di karakter kedua, dst. Apabila diinput dengan nilai negatif, index akan dihitung mulai dari ahir string.
  • jumlah_karakter yaitu argumen opsional yang seandainya tak ditulis, kegunaan SUBSTRING akan mengambil seluruh karakter hingga ahir string. Sekiranya ditulis, karenanya ini berfungsi selaku batasan jumlah karakter yang akan diambil.

Agar lebih gampang dimengerti, seketika saja kita masuk ke praktek. Kali ini saya menggunakan kolom NIP dari tabel daftar_dosen:

Di contoh diatas, saya menggunakan 4 kombinasi kegunaan SUBSTRING:

  • SELECT SUBSTRING(NIP, 4) FROM daftar_dosen: ambil seluruh karakter di kolom daftar dosen_mulai dari index (huruf) ke-4 hingga ahir string.
  • SELECT SUBSTRING(NIP, 4, 3) FROM daftar_dosen: ambil seluruh karakter di kolom daftar_dosen mulai dari index (huruf) ke-4, dan 3 karakter berikutnya.
  • SELECT SUBSTRING(NIP, -4) FROM daftar_dosen: ambil 4 karakter terakhir dari kolom daftar dosen.
  • SELECT SUBSTRING(NIP, -4, 3) FROM daftar_dosen: ambil 4 karakter terakhir dari kolom daftar dosen, kecuali 1 huruf terakhir (4-3 = 1)

Di MySQL, kegunaan SUBSTRING mempunyai 2 alias: SUBSTR dan MID. Dengan kata lain, ketiga kegunaan ini berfungsi sama:

MySQL menyediakan berjenis-jenis nama untuk kegunaan yang sama agar sesuai dengan standar bahasa SQL.


Cara Pemakaian Guna LEFT dan RIGHT MySQL

Guna LEFT dan RIGHT di dasarnya ialah sebuah wujud sederhana dari kegunaan SUBSTRING. Keduanya membutuhkan 2 argumen yaitu nama kolom tabel dan jumlah huruf yang ingin diambil.

Guna LEFT akan mengambil sejumlah karakter mulai dari kiri string, dan kegunaan RIGHT akan mulai dari sisi kanan string.

Berikut contoh percobaannya menggunakan kolom NIP dari tabel nama_dosen:

Seperti yang terlihat, query SELECT LEFT(NIP, 5) FROM
daftar_dosen
akan menampilkan 5 karakter pertama-tama dari kolom NIP, sedangkan query SELECT RIGHT(NIP, 5) FROM daftar_dosen akan mengambil 5 karakter terakhir dari kolom NIP.

Yang perlu diingat, kegunaan LEFT dan RIGHT tak mendukung angka negatif seperti kegunaan SUBSTRING.


Query ‘pemotongan’ string yang kita pelajari disini lumayan urgen dimengerti, terutama seandainya kita ingin menggunakan kolom yang terdiri dari kumpulan informasi. Misalkan untuk NIM mahasiswa, biasanya 2 digit pertama-tama yaitu tahun lahir, 2 digit berikutnya kode fakultas, dan 4 digit berikutnya no urut mahasiswa. Guna SUBSTRING dapat digunakan untuk memecah NIM ini untuk pemrosesan lebih lanjut.


Sumber https://www.duniailkom.com/