Tutorial Belajar MySQL: Cara Membackup Database MySQL Menggunakan Mysqldump

Posted on

Menggunakan mysqldump ialah sebuah cara benar-benar gampang dan cepat untuk membackup atau memindahkan tabel MySQL dari sebuah komputer ke komputer lainnya. Di panduan belajar MySQL di Source Code Program kali ini, saya akan membahas cara membackup database mysql menggunakan mysqldump, serta cara me-restore kembali database tersebut.

Panduan ini menggunakan database mahasiswa yang dibangun di panduan Cara Menjalankan Query MySQL dari File Teks.


Cara Menggunakan Mysqldump

Mysqldump sesungguhnya ialah sebuah program atau program internal yang ikut disertakan ketika kita menginstall MySQL. Kamu akan menemukan file mysqldump.exe di di folder bin di folder instalasi MySQL. Sekiranya mengikuti panduan cara menginstall MySQL di Source Code Program, folder tersebut akan berada di domisili D:MySQLbin atau D:MySQL 5.6bin.

Apabila kamu menggunakan setingan default di dikala menginstall MySQL, karenanya folder program MySQL ini berada di C:Program FilesMySQLMySQL Server 5.6bin.

Program mysqldump biasanya digunakan untuk mendesain file teks external yang berisi seluruh command perancangan tabel dan pun isinya. File external ini pun dapat digunakan untuk membackup database, atau untuk memindahkan database ke komputer lain, bahkan ke program database lain.

Untuk menggunakan mysqldump, kita mesti masuk kedalam folder bin MySQL (folder dimana program mysqldump.exe berada). Pedoman mysqldump akan dijalankan dari luar MySQL Client (tak perlu masuk ke MySQL).

Selaku contoh panduan, saya akan membackup seluruh tabel yang terdapat di di database mahasiswa. Berikut command yang diperlukan:

Pedoman diatas akan mendesain sebuah file teks di di folder D:MySQL 5.6bin dengan nama mahasiswa_db.sql. Kamu boleh menggunakan nama file dan extension apa saja. Extension *.sql sendiri telah menjadi ‘standar’ untuk file teks yang berisi query MySQL.

Selain itu, command diatas berasumsi bahwa kamu menggunakan user root tanpa password. Apabila menggunakan password, karenanya perintahnya akan seperti ini:

Untuk memastikan, silahkan buka folder D:MySQL 5.6bin dan cari file mahasiswa_db.sql. File inilah yang berisi seluruh command MySQL untuk mendesain seluruh tabel dan pun isinya dari database mahasiswa. Kamu dapat membuka file ini menggunakan program teks editor.


Cara Me-restore File hasil Mysqldump

Setelah file hasil mysqldump terdapat, kita akan mencoba menginput kembali file external ini kedalam MySQL.

Selaku persiapan awal, kita mesti menyiapkan sebuah database untuk menampung tabel yang akan diinput. Ini karena file hasil mysqldump memang tak menyertakan perancangan database. Selaku contoh, saya mendesain sebuah database mahasiswa_baru:

Untuk menjalankan file mahasiswa_db.sql, terdapat 2 cara: dari luar MySQL Client, atau dari di MySQL Client (menggunakan command source). Kedua cara ini telah saya bahas di panduan Cara Menjalankan Query MySQL dari File Teks.

Kali ini saya akan menggunakan cara dari luar MySQL Client. Silahkan keluar dari MySQL Client (jikalau masih berada di dalamnya), kemudian gunakan command berikut:

Perhatikan bahwa kali ini saya tak menggunakan mysqldump, tapi hanya mysql saja. Setelah memberikan informasi mengenai user (root), berikutnya ialah command mahasiswa_baru < mahasiswa_db.sql. Pedoman ini berarti: input file mahasiswa_db.sql ke database mahasiswa_baru. Sekiranya tak ada pesan error yang tampil, karenanya tabel daftar_dosen dan mata_kulian telah sukses diinput ke database mahasiswa_baru.

Untuk memastikan, silahkan masuk ke MySQL Client dan periksa database mahasiswa_baru:

Dapat terlihat, kedua tabel telah sukses di format.


Pedoman mysqldump ialah sebuah diantara command benar-benar urgen di di MySQL. mysqldump dapat digunakan untuk menjalankan backup database secara reguler untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.


Sumber https://www.duniailkom.com/