info-b

Tutorial Belajar JavaScript Part 8: Pengertian Core JavaScript dan DOM (Document Object Model)

Posted on

Di panduan JavaScript part 1 – part 7, kita belum membahas cara penulisan kode program JavaScript. Di pada tutorial-tutorial tersebut, kita mempersiapkan ‘lingkungan’ yang mesti diketahui bersama bagi dapat dengan gampang memahami dan manjalankan JavaScript.

Mempelajari JavaScript di dasarnya terdiri dari 2 bagian besar, yakni JavaScript Inti (sering disebut dengan istilah: Core JavaScript), serta API yang disediakan oleh web browser (yang dikenal dengan istilah DOM, singkatan dari Document Object Model). Di panduan kali ini kita akan membahas Pengertian Core JavaScript dan DOM (Document Object Model) dalam JavaScript.


Pengertian Core JavaScript

Core JavaScript atau JavaScript inti ialah istilah yang merujuk kepada ‘Bahasa Pemograman JavaScript‘. Di bagian Core JavaScript inilah kita akan belajar mengenai aturan pemograman yang umumnya dipelajari, seperti cara pendefenisian variabel, perbedaan tipe-tipe data, cara penyusunan array, cara penulisan struktur IF, serta cara penyusunan Objek.

Bagian Core JavaScript membahas mengenai “bahasa” (atau syntax) dari JavaScript. Seandainya kamu pernah menggunakan bahasa pemograman seperti C++ atau PHP, tak akan terlalu sulit bagi mempelajari aturan penulisan pada JavaScript.

Perbedaan mendasar antara JavaScript dengan dengan bahasa pemograman lain, ialah sifat JavaScript yang lebih berorientasi ke Objek. Namun JavaScript ‘tak mengharuskan’ menggunakan objek. Saya menyebutnya ‘tak mesti’ karena kita dapat membangun beberapa kode program yang seolah-olah tanpa menggunakan objek. Contohnya ialah manfaat alert.

Di panduan sebelumnya, saya menggunakan manfaat alert bagi menampilkan hasil JavaScript. Kegunaan ini dipanggil dengan petunjuk manfaat lazimnya:

Kegunaan alert sesungguhnya ialah method dari objek window pada JavaScript, yang seharusnya dipanggil dengan struktur objeknya:

Penjelasan mengenai objek windows ini, dan pun kenapa kita tak mesti menuliskannya, akan kita bahas di panduan tersendiri.

Core JavaScript pun adalah istilah bagi JavaScript yang tak terikat dengan ‘lingkungannya’ yaitu web browser. Dalam rentang waktu ini JavaScript hanya dikenal selaku bahasa tipe client-side JavaScript yang dijalankan di pada web browser.

Akan tetapi, perkembangan JavaScript dikala ini pun mendukung penggunaanya di sisi server (salah satunya dengan menggunakan node.js).


Pengertian DOM (Document Object Model)

Bagian kedua yang akan kita pelajari pada menguasai Client-Side JavaScript ialah DOM (singkatan dari Document Object Model). DOM ialah API (Application Programming Interface) yang disediakan web browser kepada programmer.

Secara sederhananya, DOM ialah kumpulan aturan atau cara untuk programmer bagi ‘memanipulasi’ apapun yang tampil pada halaman web. DOM tak terikat dengan JavaScript, dan sepenuhnya bukan bagian dari JavaScript. DOM yang sama dapat pun diakses dengan bahasa client-side lain seperti JScript.

Tag atau element yang terdapat di pada HTML diatur di pada DOM. Dengan menggunakan JavaScript, kita dapat memanipulasi seluruh tag HTML ini. Diantara contoh DOM yang telah kita gunakan ialah manfaat document.getElementById.

Kegunaan document.get ElementById berfungsi bagi mencari sebuah tag HTML merujuk pada id. Selain document.getElementById, pada DOM pun disediakan manfaat lain seperti document.getElementByName, document.getElementByClass, dan lain-lain. Fitur-fitur seperti inilah yang akan kita pelajari di bagian DOM.

Karena sifatnya yang berbeda, panduan JavaScript di Source Code Program akan memisahkan Core JavaScript dengan DOM.

Bagi tahap awal saya akan membahas mengenai Core JavaScript, dan setelah itu baru mempelajari struktur dan aturan DOM dari web browser. Pada panduan berikutnya, kita akan mempelajari aturan dasar penulisan kode program JavaScript.


eBook JavaScript Uncover Duniailkom

JavaScript telah menjadi fitur wajib di setiap blog modern. Duniailkom telah menyusun eBook JavaScript Uncover yang membahas JavaScript dengan lebih detail dan lebih komplit, mulai dari mendasar hingga konsep DOM, Event dan AJAX. Penjelasan lebih lanjut dapat ke eBook JavaScript Uncover Duniailkom.


Sumber https://www.duniailkom.com/