Tutorial Belajar Java Part 7: Melihat Pesan Error Kode Program Java

Posted on

Di panduan sebelumnya kita telah berhasil menulis, men-compile dan menjalankan kode program Java. Kali ini saya akan mengajak rekan-rekan “bermain-main” sejenak dengan kode program tersebut untuk melihat apa yang terjadi apabila kode program Java tak berhasil di-compile.


Menampilkan Pesan Teks dengan Java

Sebelumnya kita telah berhasil menampilkan teks “Hello World“, kini saya ingin mengubah sedikit isi file ini menjadi “Stt… sedang serius belajar bahasa Java“:

Berikut kode programnya:

Save selaku HelloBelajar.java. Perhatikan selain teks di baris 3, nama class di baris 1 pun saya tukar menjadi HelloBelajar.

Sama seperti sebelumnya, kita mesti men-compile kode program ini menggunakan javac.exe:

Ada sedikit perubahan di sini. Selain nama file, saya hanya menulis “javac“, tak lagi “javac.exe“. Ini karena di cmd Windows, program .exe dapat dipanggil tanpa tambahan “.exe“. Demikian pun dengan proses menjalankan Java byte code:

Hasilnya, tampil teks “Stt… sedang serius belajar bahasa Java“.

Sekedar pengingat, pedoman javac dan java di sini dimanfaatkan untuk memanggil file javac.exe dan file java.exe yang berada di folder C:Program FilesJavajdk-12.0.1bin. Namun karena kita telah input ke di PATH Windows, karenanya keduanya dapat dipanggil dari folder mana saja.


Melihat Pesan Error di Java

Seandainya kode program yang di tulis terdapat kesalahan, akan tampil pesan error di dikala proses compile. Mari kita coba.

Bikin file baru AdaError.java dengan kode selaku berikut:

Kembali yang berubah ialah nama class di baris 1 serta isi teks di baris 3. Perhatikan saya sengaja menghapus tanda titik koma di ahir baris 3. Berikut hasil ketika proses compile dengan javac:

Inilah tampilan ketika terjadi error. Kuncinya, fokus kepada pesan error yang tampil, yakni error: ‘;’ expected. Di sini javac.exe komplain karena di baris 3 seharusnya ada tanda titik koma ‘;‘.Tanda caret atau topi ” ^ ” pun menunjukkan posisi dari error yang di deteksi.

Seandainya proses compile menghasilkan error, tak akan ada file .class yang dibangun hingga masalah tersebut di atasi.

Bagus, silahkan tambah kembali tanda titik koma di ahir baris 3, kemudian selaku gantinya hapus satu tanda kutip di ahir teks:

Save kembali file AdaError.java dan compile ulang:

Kali ini pesan errornya ialah unclosed string literal, dimana javac.exe komplain karena ada string yang belum ditutup. Karakter topi ” ^ ” merujuk ke tanda kutip pertama-tama, yakni tanda kutip yang tak ditemukan pasangan penutup.

Inilah beberapa pesan error yang akan kita temui pada kurun waktu penyusunan kode program dengan bahasa Java. Error yaitu hal yang amat dapat dimaklumi. Programmer amat ahli sekalipun masih sering ketemu error. Pada rentang waktu rekan-rekan dapat memahami error yang dimaksud, itu tak masalah.

Seandainya merasa telah buntu, silahkan copy paste pesan error tersebut ke Google. Besar kemungkinan telah ada programmer lain yang menghadapi masalah serupa dan menjelaskan solusinya.

Penjelasan lebih lanjut mengenai aturan penulisan kode Java akan kita bahas di panduan terpisah, kali ini kita hanya fokus melihat tampilan error saja.


Pesan error yaitu “makanan” sehari-hari bagi programmer, apalagi apabila kita telah masuk ke kode program yang lebih kompleks dan terdiri dari puluhan atau ratusan baris kode program. Yang m
esti sering dilatih ialah memahami kode error yang terdapat lalu mencari penyebabnya.

Di panduan berikutnya, saya akan konfigurasi text editor Notepad++ agar kita dapat men-compile dan menjalankan kode program Java secara seketika, yakni tak perlu lagi mengetik manual di cmd Windows. Berikutnya di Cara Menjalankan Java dari Notepad++.


Sumber https://www.duniailkom.com/