cloud-hosting-terbaik-indonesia

Tutorial Belajar CSS Part 4: Aturan dan Cara Penulisan Kode CSS

Posted on

Setelah mempelajari pengertian selector, property dan value dari CSS di panduan sebelumnya, pada panduan CSS kali ini kita akan mempelajari aturan dan cara penulisan kode CSS itu sendiri.


Aturan dan Cara Penulisan Kode CSS

Bagi lebih gampang memahami aturan dan cara penulisan kode CSS, dibawah ini yaitu contoh kode HTML + CSS sederhana yang akan kita bahas secara lebih mendalam:

Kode HTML di atas mempunyai kode CSS di bagian head yang diinput menggunakan motode Cara Internal Style Sheets. Kita akan fokus di bagian CSS saja:

Seperti yang dapat dilihat dari contoh diatas, aturan penulisan CSS yaitu selaku berikut:

  • Selector di tempatkan di awal penulisan CSS. Pada contoh diatas, body, p, h1 dan h2 yaitu selector. Khusus bagi selector yang lebih dari 1 (seperti di contoh selector terakhir: h1,h2) bagi memisahkan kedua selector tersebut, digunakan tanda koma (,)
  • Setelah penulisan selector, seluruh isi dari property dan valuenya (nilainya), berada di antara kurung kurawal “{“ dan “}”.
  • Diantara property satu dengan yang lainnya, dipisahkan dengan tanda titik koma (;)
  • Diantara property dengan value (nilai), dipisahkan dengan kamu titik dua (:).
  • Bagi property yang mempunyai 2 kata , spasi diantaranya digantikan dengan tanda hubung (-), contohnya: background-color dan border-left.
  • Bagi properti yang berada di baris terakhir, kita boleh mengacuhkan tanda ‘;’ selaku tanda tutup, tetapi disarankan agar tetap menggunakan tanda ‘;’, karena dapat saja kita lupa menuliskan tanda titik koma di dikala menambahkan properti lainnya. Contoh property tanpa tanda ‘;’ dapat di lihat di contoh “text-decoration: underline”.

Bagi panduan CSS berikutnya, kita akan membedah secara detail mengenai Selector CSS pada panduan jenis-jenis dan arti dari selector CSS.


eBook CSS Uncover Duniailkom

Bila kamu ingin belajar cara mendesain web, CSS wajib dikuasai. Duniailkom telah menyusun eBook CSS Uncover yang membahas CSS dengan lebih detail dan lebih komplit, mulai dari basic hingga fitur terbaru CSS3 seperti animasi dan web memiliki tampilan yang dinamis. Penjelasan lebih lanjut dapat ke: eBook CSS Uncover Duniailkom.


Sumber https://www.duniailkom.com/