Tutorial Belajar C Part 9: Cara Pembuatan Konstanta dalam Bahasa C

Posted on

Di bahasa pemrograman, terdapat 2 “tempat” untuk menyimpan suatu nilai, yakni konstanta dan variabel. Di panduan kali ini kita akan bahas Cara Pembuatan Konstanta dalam Bahasa C terlebih dahulu.


Pengertian Konstanta di Bahasa Pemrograman C

Konstanta yakni sebuah tempat atau container dari suatu nilai. Sesuai dengan namanya, nilai dari konstanta bersifat tetap (konstan) dan tak dapat diubah sepanjang program berjalan.

Jikalau di di kode program kita ingin mengubah nilai ini, mesti menggunakan variabel yang akan dipelajari di panduan berikutnya.


Cara Penyusunan Konstanta di Bahasa Pemrograman C

Untuk membangun konstanta di bahasa C, terdapat 2 cara. Yakni menggunakan keyword #define atau menggunakan keyword const.

Mendesain konstanta C dengan pedoman “#define”

Jikalau ingin membangun konstanta dengan keyword #define, konstanta ini ditulis sebelum main(). Berikut contoh cara perancangan konstanta menggunakan #define:

Disini saya membangun 2 buah konstanta, yakni PANJANG dan LEBAR. Masing-masing berisi nilai 8 dan 5. Command ini mesti ditulis sebelum int main(void).

Format perancangan konstanta menggunakan pedoman #define yakni:

Di kode program diatas, pedoman #define PANJANG 8 artinya saya membangun konstanta bernama PANJANG yang bernilai 8. Sedangkan pedoman #define LEBAR 5 artinya saya membangun konstanta bernama LEBAR yang bernilai 5.

Di bagian program utama, yakni di di int main(void), nilai dari masing-masing konstanta ditampilkan dengan pedoman printf.

Penjelasan mengenai pedoman printf akan kita pelajari di panduan terpisah. Tanda %d di di pedoman printf digunakan untuk menampilkan angka bulat. Angka yang ingin ditampilkan berada di ahir pedoman printf, yakni berupa sebuah konstanta.

Command printf(“n”) digunakan untuk membangun karakter new line (baris baru). Fungsinya supaya baris berikutnya tampil di baris baru. Tanpa pedoman ini, teks akan disambung terus ke kanan.

Lebih jauh mengenai cara pemakaian pedoman printf pun akan saya bahas di panduan tersendiri. Untuk ketika ini silahkan fokus ke cara perancangan konstanta PANJANG dan LEBAR.

Aturan penamaan konstanta sama seperti identifier lain (telah kita bahas di panduan sebelum ini: Aturan Dasar Penulisan Kode Program Bahasa C).

Namun menjadi kebiasaan mayoritas programmer untuk membangun nama konstanta menggunakan HURUF BESAR, agar gampang dibedakan dengan variabel yang menggunakan huruf kecil. Meskipun seperti itu, kita pun dapat membangun konstanta dengan huruf kecil.

Berikut contoh lain perancangan konstanta di bahasa pemrograman C:

Kali ini saya menggunakan huruf kecil untuk konstanta situs dan ipk. Karena nilai konstanta situs berupa teks, mesti ditulis di tanda kutip.

Dapat rekan rekan perhatikan pun bahwa untuk pedoman printf, saya menggunakan tanda %s karena konstanta situs berisi nilai string (teks), sedangkan untuk menampilkan nilai konstanta ipk, saya menggunakan %f karena nilainya berisi angka float (pecahan).

Mendesain konstanta C dengan pedoman “const”

Selain menggunakan pedoman #define, konstanta pun dapat dibangun menggunakan pedoman const. Bedanya, perancangan konstanta di ditempatkan di di main() dan pun mesti ditulis tipe data dari konstanta tersebut.

Berikut contoh kode program bahasa C untuk membangun konstanta menggunakan keyword const:

Format perancangan konstanta menggunakan pedoman const yakni:

Di kode program diatas, pedoman const char situs[20] = “www.duniailkom.com” artinya saya membangun konstanta bernama situs dengan tipe data char yang isinya “www.duniailkom.com”.

Sedangkan pedoman const float ipk = 4.00 artinya saya membangun konstanta bernama ipk dengan tipe data float yang isinya 4.00.

Lebih jauh mengenai tipe data, akan dipelajari di panduan tersendiri.

Selaku bahasan terakhir, mari kita coba mengubah nilai sebuah konstanta setelah di definisikan:

Setelah membangun dan mengisi konstanta ipk dengan nilai 4.00, saya mencoba mengisinya dengan nilai 2.00 menggunakan pedoman ipk = 2.00. Hasilnya tampil error: assignment of read-only variable ‘ipk’. Artinya nilai ipk bersifat read-only dan tak dapat diubah.


Di panduan belajar bahasa pemrograman bahasa C kali ini kita telah membahas pengertian dan cara perancangan konstanta. Di panduan berikutnya, akan disambung dengan cara pembuatan variabel di dalam bahasa pemrograman C.


Sumber https://www.duniailkom.com/