Tutorial Belajar C Part 41: Fungsi dan Pengertian Perintah Continue

Posted on

Di panduan belajar bahasa C kali ini kita akan membahas Fungsi dan Pengertian Perintah Continue. Command continue diaplikasikan untuk mengatur alur perulangan yang mirip seperti perintah break yang di panduan sebelumnya.


Pengertian Command Continue di Bahasa C

Command continue mirip seperti pedoman break, hanya saja apabila di pedoman break perulangan seketika berhenti, untuk pedoman continue perulangan hanya melewati 1 kali proses iterasi saja.

Berikut format mendasar pemakaian pedoman continue di perulangan FOR:

Misalkan kita menyusun perulangan 1 hingga 10, lalu terdapat kondisi if (i = 5) { continue; }, karenanya ketika variabel counter i nilainya telah mencapai 5, kode program yang terdapat di bawah pedoman continue akan di lewati dan proses lanjut ke perulangan ke 6.

Penjelasan ini akan lebih gampang kita lihat menggunakan contoh kode program.


Contoh Kode Program Command Continue Bahasa C

Sama seperti pedoman break, berikut perulangan FOR “normal” tanpa pedoman continue:

Hasil kode program:

Di sini saya menggunakan perulangan FOR untuk menyusun daftar penambahan 1 + 1, 2 + 2, dst hingga 10 + 10.

Kini ini kita akan tambah dengan pedoman continue:

Di kode program ini, di baris 7 terdapat kondisi if (i == 5) { continue; }. Apabila kondisi ini terpenuhi (dikala variabel counter i berisi angka 5), karenanya jalankan pedoman continue.

Hasilnya, pedoman printf di baris 10 akan dilompati dan perulangan seketika lompat ke iterasi berikutnya, yakni variabel i akan berisi angka 6. Di tampilan ahir dapat terlihat bahwa 5 + 5 = 10 tak ada di daftar penambahan.

Berikutnya, bisakah kamu menebak apa yang salah dari kode program berikut?

Hasil kode program:

Pertanyaannya, kenapa hasil 5 + 5 = 10 masih tampil? padahal saya menyusun kondisi if (i == 5) {continue; } di baris 9.

Kembali, logika yang sama seperti di perulangan break pun berlaku di sini. Di kode di atas, pedoman printf berada sebelum pedoman continue. Akibatnya, meskipun pedoman continue dijalankan dikala i bernilai 5, namun pedoman printf telah terlanjur di proses terlebih dahulu.

Hasilnya, teks 5 + 5 = 10 tetap tampil. Ini menjadi catatan urgen dikala mendesain kode program yang melibatkan pedoman continue, karena posisi peletakan pedoman benar-benar berpengaruh ke hasil ahir.

Selaku tambahan, berikut contoh kode program pedoman continue di perulangan DO WHILE:

Hasil kode program:

Ketika menyusun pedoman continue dengan perulangan DO WHILE maupun perulangan WHILE, posisi peletakan pedoman increment pun benar-benar berpengaruh.

Contoh kasus, tanpa menjalankan kode program dibawah ini, bisakah kamu menebak hasilnya?

Hasilnya sebuah infinity loop!, yakni perulangan yang tak pernah berakhir.

Ini terjadi karena di dikala variabel i bernilai 5, perulangan akan terus berputar-putar antara baris 6 – 9. Command increment i++ yang terdapat di baris 11 tak dapat di eksekusi karena di tulis setelah pedoman continue di baris 8.

Jadi, kata kuncinya yakni: perhatikan logika program terutama ketika menyusun perulangan WHILE dan DO WHILE yang melibatkan pedoman continue.

Sekedar catatan, apabila kamu menjalankan kode diatas, akan tampil hasil berikut:

Setelah itu tampil baris kosong yang sebetulnya berupa infinity loop, karena pedoman printf dan increment di tulis setelah pedoman continue.


Di lanjutan panduan bahasa C di Source Code Program kali ini kita telah membahas mengenai pedoman continue. Panduan ini menutup seri pembahasan mengenai struktur kondisi dan perulangan di di bahasa C.

< br/>
Sumber https://www.duniailkom.com/