Tutorial Belajar C Part 22: Cara Mengubah Isi String dengan Fungsi strcpy

Posted on

Panduan bahasa C kali ini masih membahas mengenai string. Kalau sebelumnya kita mempelajari cara pembacaan string yang tak lumayan dengan pedoman scanf saja, kali ini akan dibahas mengenai cara mengubah isi string yang pun butuh perlakuan khusus.


Error Di Dikala Mengubah Isi String

Di beberapa panduan sebelumnya, kita secara seketika mengisi string di dikala proses deklarasi atau menggunakan pedoman scanf / gets. Misalnya: char nama[20]= “Andika Putra”.

Namun ketika isi string diisi setelah di deklarasikan, akan terjadi error. Berikut contohnya:

Hasil kode program:

Error di atas terjadi karena di di bahasa C kita tak dapat seketika mengubah isi array. Operasi pemberian nilai nama = “Andika Putra” tak dapat diaplikasikan. Solusinya, mesti menggunakan function strcpy.


Cara pemakaian function strcpy

Command strcpy dapat diaplikasikan untuk memcopy sebuah string ke di string lain, atau sebuah string ke di variabel. Di bahasa C, strcpy yaitu sebuah kegunaan atau function.

Menggunakan kegunaan strcpy, contoh sebelumnya dapat diubah menjadi selaku berikut:

Hasil kode program:

Kini ini proses pemberian nilai baru ke di variabel nama telah berhasil.

Manfaat strcpy butuh 2 buah “nilai” atau di istilah programming butuh 2 buah “argumen“. Argumen ini ditulis di tanda kurung. Command strcpy(nama, “Andika Putra”) artinya copy string “Andika Putra” ke di variabel nama.

Proses pertukaran nilai string ini pun dapat dilakukan beberapa kali, seperti contoh berikut:

Di sini saya mengubah nilai variabel nama sebanyak 3 kali menggunakan function strcpy, kemudian menampilkannya menggunakan pedoman printf.

Sedikit catatan, meskipun kita tak dapat mengubah nilai string secara seketika, tapi setiap element array dapat diubah seperti biasanya. Berikut contoh prakteknya:

Hasil kode program:

Di baris 8, saya mengubah nilai karakter pertama-tama dari string nama dengan huruf ‘I’, sehingga isi variabel nama berubah menjadi “Indika Putra”. Artinya, kita tetap dapat mengubah setiap element array nama secara seketika, tapi tak dapat mengubah keseluruhan string (mesti menggunakan function strcpy).


Di lanjutan panduan belajar bahasa pemrograman C di Source Code Program kali ini kita telah membahas cara mengubah string dengan kegunaan strcpy. Berikutnya akan dibahas mengenai tipe data struct bahasa C.


Sumber https://www.duniailkom.com/