Tutorial Belajar C Part 20: Pengertian dan Contoh Kode Program Tipe Data String

Posted on

Kali ini kita akan lanjut membahas tipe data String di bahasa pemrograman C, yakni mengenai Pengertian dan Contoh Kode Program Tipe Data String.


Pengertian Tipe Data String di Bahasa C

Pengertian umum di bidang programming, string yakni tipe data yang menampung kumpulan karakter, seperti “kami”, “kamu” atau “Duniailkom”. Sebuah kalimat pun terhitung selaku tipe data string, seperti “Saya sedang belajar bahasa C di Source Code Program”.

Di di bahasa pemrograman yang lebih modern, string biasanya menjadi tipe data bawaan. Misalnya di bahasa PHP atau JavaScript,  tipe string seketika terdapat dari yang tipe data lain seperti integer, float atau char.

Namun bahasa pemrograman C tak mempunyai tipe data string secara seketika. String di di bahasa C yakni array dari tipe data char.


Cara Pemakaian Tipe Data String bahasa C

Karena string tak lain yakni array dari char, karenanya cara perancangan tipe data string di bahasa C pun sama seperti cara perancangan array. Berikut contohnya:

Di baris 5 saya membangun array foo yang dapat berisi 8 element, isi array foo ini berupa 8 buah tipe data char, yakni huruf ‘b’, ‘e’, ‘l’, ‘a’, ‘j’, ‘a’, ‘r’, dan ‘’. Ini digunakan untuk membangun sebuah string “belajar”.

Nanti dulu, kenapa ada tambahan ‘’ di bagian ahir?

Ini yakni diantara syarat perancangan string di di bahasa C. Seluruh string mesti mempunyai karakter “khusus” untuk menandakan ahir dari string. Tanda ‘’ mewakili karakter null yang digunakan oleh compiler bahasa C selaku tanda ahir sebuah string.

Karena alasan ini pula saya mesti membangun array foo selaku foo[8], yakni sebuah array dengan 8 element, meskipun “belajar” hanya terdiri dari 7 karakter, bukan 8.

Ketika di tampilkan dengan command printf di baris 6, tipe data string mempunyai kode tersendiri, yakni %s.

Bagaimana bila ternyata array foo di set dengan ukuran yang lebih kecil daripada yang seharusnya? Mari kita coba:

Hasilnya variabel foo berisi string “belaj$”, tanda $ di sini menandakan bahwa ada sesuatu yang salah. Selain itu di bagian bawah Code::Block tampil pesan peringatan: “warning: excess elements in array initializer”, yup ini karena array kita tak dapat menampung seluruh karakter.

Karena string di dasarnya sebuah array, kita dapat akses setiap element string dari yang layaknya sebuah array:

Hasil kode program:

Khusus untuk foo[8] tak ada karakter yang tampil karena ‘’ atau karakter null yang secara prinsip berarti “kosong” atau “tak ada”.

Alternatif lain dari penulisan string yakni dengan menulisnya di tanda kutip dua, seperti contoh berikut:

Hasil kode program:

Kalau ditulis seperti ini, kita tak perlu menambah karakter null atau ‘’ di ahir string. String “Duniailkom” terdiri dari 10 karakter, tapi saya tetap mesti membangun variabel foo[11] karena karakter null akan ditambahkan secara otomatis selaku karakter ke-11.

Lebih jauh lagi, jumlah element array pun sebetulnya boleh tak ditulis:

Secara otomatis compiler bahasa C akan mengisi jumlah element array foo sesuai dengan jumlah karakter string, ditambah 1 untuk karakter null.

Di baris 8 saya menggunakan operator sizeof untuk mencari ukuran string foo, hasilnya “Panjang string yakni 24”, yakni total string “Belajar C di Source Code Program” sebanyak 23 karakter + 1 karakter null.


Di panduan kali ini kita telah membahas pengertian dan cara pemakaian tipe data string di bahasa C, atau lebih tepat disebut selaku array of char (array dari tipe data char).

Berikutnya saya masih ingin membahas tipe data string ini, yakni cara membaca dan menampilkan tipe data string menggunakan perintah scanf dan gets.


Sumber https://www.duniailkom.com/