Tutorial Belajar C Part 1: Pengertian Bahasa Pemrograman C

Posted on

Apa itu bahasa pemrograman C? Apa gunanya? dan kenapa mesti dipelajari? Di panduan pertama-tama dari seri belajar bahasa pemrograman C di Source Code Program kali ini kita akan membahas semuanya, yang diawali dengan pengertian bahasa pemrograman C.


Pengertian Bahasa Pemrograman C

Bahasa Pemrograman C ialah sebuah bahasa pemrograman komputer yang dapat digunakan untuk mendesain pelbagai program (general-purpose programming language), mulai dari program operasi (seperti Windows atau Linux), antivirus, aplikasi pengolah gambar (image processing), hingga compiler untuk bahasa pemrograman, dimana C banyak digunakan untuk mendesain bahasa pemrograman lain yang salah satunya ialah PHP.

Meskipun termasuk general-purpose programming language, yakni bahasa pemrograman yang dapat mendesain pelbagai program, bahasa pemrograman C benar-benar cocok menyusun program yang berhubungan seketika dengan Program Operasi dan hardware. Ini tak terlepas dari tujuan awal bahasa C dikembangkan.

Bahasa pemrograman C dibangun pertama-tama kali oleh Dennis M. Ritchie di tahun 1972. Dikala itu Ritchie bekerja di Bell Labs, sebuah pusat penelitian yang berlokasi di Murray Hill, New Jersey, Amerika Serikat.

Ritchie mendesain bahasa pemrograman C untuk mengoptimalkan program operasi UNIX. Sebelumnya, program operasi UNIX dibangun menggunakan bahasa assembly (assembly language). Akan tetapi bahasa assembly sendiri benar-benar rumit dan susah untuk dikembangkan.

Dengan tujuan mengganti bahasa assembly, peneliti di Bell Labs mendesain bahasa pemrograman B. Namun bahasa pemrograman B pun mempunyai beberapa kekurangan, yang akhirnya di lengkapi oleh bahasa pemrograman C.

Dengan bahasa C inilah program operasi UNIX ditulis ulang. Di gilirannya, UNIX menjadi mendasar dari banyak program operasi modern dikala ini, termasuk Linux, Mac OS (iOS), hingga program operasi Android.


Fitur dan Keunggulan Bahasa Pemrograman C

Berikut beberapa fitur serta keunggulan bahasa pemrograman C sekiranya dibandingi dengan bahasa pemrograman lain:

C selaku bahasa pemrograman prosedural

Konsep pemrograman prosedural ialah sebuah cara pemrograman yang setiap baris command diproses secara berurutan dari baris benar-benar atas hingga baris benar-benar bawah. Selain itu dapat terdapat manfaat tambahan (function) yang digunakan untuk menyelesaikan pelbagai manfaat. Bahasa pemrograman C termasuk ke di kelompok ini.

Selain konsep prosedural, terdapat pun konsep pemrograman object (object-oriented programming). Di di bahasa pemrograman object, setiap manfaat akan dijalankan menggunakan class dan object. Contoh bahasa pemrograman object ialah JAVA.

Bagi pemula, benar-benar disarankan untuk mempelajari bahasa pemrograman prosedural terlebih dahulu baru kemudian masuk ke di bahasa pemrograman object. Ini pun menjadi alasan untuk belajar bahasa C sebelum masuk ke bahasa pemrograman object seperti JAVA.

Beberapa bahasa pemrograman ada yang mendukung konsep prosedural dan object sekaligus, contohnya bahasa pemrograman C++, Python dan PHP.

Bahasa C benar-benar cepat dan efisien

Program yang dibangun menggunakan bahasa C dapat dieksekusi dengan benar-benar cepat serta berukuran kecil. Ini karena C dapat seketika berkomunikasi dengan hardware, sebuah fitur yang jarang terdapat di bahasa pemrograman modern seperti JAVA, PHP, maupun Python.

Akan tetapi, hal ini pun mempunyai kelemahan. Bahasa C relatif sederhana dan tak mempunyai fitur-fitur modern seperti garbage collection dan dynamic typing.

C ialah portable language

Maksudnya, bahasa pemrograman C dapat di-compile ulang supaya berjalan di pelbagai program operasi tanpa perlu mengubah kode-kode yang terdapat. Program yang dibangun di Windows dengan bahasa C, dapat dipindahkan ke Linux dengan sedikit atau tanpa modifikasi.

C yaitu sebuah “induk” dari bahasa pemrograman modern

Bahasa pemrograman C banyak menginspirasi bahasa pemrograman lain, seperti C++, C#, Objective C, PHP, JAVA, JavaScript dan masih banyak lagi. Dengan mempelajari bahasa C, kamu akan familiar dan lebih gampang dikala berpindah ke bahasa pemrograman lain yang yaitu sebuah turunan dari bahasa C.


Haruskah Saya Mempelajari Bahasa C?

Jawaban singkatnya: Kamu tak mesti belajar bahasa C.

Sama seperti bahasa Pascal, bahasa C dikala ini kebanyakan digunakan selaku bahasa pengantar untuk mempelajari algoritma. Dimana algoritma itu sendiri yaitu sebuah kumpulan instruksi untuk memecahkan masalah.

Sepanjang panduan bahasa C di Source Code Program ini kita pun hanya menampilkan hasil program di format teks yang mirip program DOS. Belum hingga ke mendesain program “sebetulnya” dengan tampilan grafis, gambar, mouse, dan efek-efek menarik lain.

Namun ini bukan berarti C tak bermanfaat. Seperti yang saya singgung di keunggulan bahasa C, C yaitu sebuah “induk” dari pelbagai bahasa pemrograman modern. Dengan mempelajari C, kamu pun mempelajari mendasar dari pemrograman.

Ibarat sedang membangun rumah, apa yang akan dipelajari disini barulah cara mengaduk semen, cara menyusun bata dan cara mendesain pondasi. “Rumahnya” nanti akan lebih cepat dibangun menggunakan bahasa pemrograman yang lebih modern.

Sekiranya kamu ingin mendesain program yang siap gunakan dan mempunyai tampilan modern, dapat seketika ke bahasa “visual” seperti Visual Basic, Visual C++, HTML, atau PHP.

Alasan lain untuk mulai belajar bahasa C ialah selaku persiapan apabila sedang berkuliah di jurusan komputer, atau ingin masuk ke jurusan komputer. Karena hampir selalu akan ketemu bahasa pemrograman C di awal-awal kuliah, dimana bahasa C, Pascal, dan C++ banyak digunakan selaku bahasa pemrograman untuk belajar mendasar algoritma.


Setelah membahas pengertian bahasa C, keunggulannya dan alasan untuk mempelajari bahasa C, berikutnya kita akan lihat bagaimana sejarah dan perkembangan dari bahasa C yang telah berumur 45 tahun.


Sumber https://www.duniailkom.com/