Tutorial Belajar C: Cara Membuat Segitiga Bintang

Posted on

Diantara latihan algoritma yang sering diaplikasikan yaitu membuat segitiga bintang. Latihan program ini sekilas terkesan tak bermanfaat, karena kita hanya membangun “gambar” segitiga. Namun dibalik itu, penyusunan segitiga bintang butuh logika yang kuat.

Di panduan belajar bahasa pemrograman C di Source Code Program kali ini kita akan membahasnya dengan lebih di.


Mendesain Segitiga Bintang dengan Bahasa Pemrograman

Bagi yang pernah kuliah di jurusan IT, hampir dipastikan pernah mendapat soal untuk membangun program segitiga bintang. Meskipun tak sama persis, tapi banyak variasi yang dapat dikerjakan. Contoh segitiga bintang tersebut yaitu selaku berikut:

Tampilannya memang sederhana, tapi butuh proses berfikir yang lumayan rumit. Kegunaan kita yaitu bagaimana membangun kode program yang akan menghasilkan tampilan segitiga diatas. Syaratnya, tak boleh seketika menggunakan printf sebanyak 5 kali, tapi mesti menggunakan perulangan.

Seandainya dianalisis lagi, kode program ini butuh sebuah perulangan bersarang (nested loop). Perulangan pertama-tama untuk membangun bintang ke arah bawah, dan perulangan kedua untuk membangun bintang ke arah samping.

Agar lebih gampang dimengerti, kita akan bahas secara bertahap.


Mendesain Perulangan Bintang ke Arah Bawah

Langkah pertama-tama yaitu mendesain sebuah perulangan yang akan menampilkan tanda bintang ke arah bawah sebanyak 5 kali. Ini dapat dikerjakan dengan perulangan FOR dan pedoman printf:

Hasil kode program:

Tak ada yang baru disini, hanya terdiri dari perulangan FOR dari i = 1 hingga i <=5. Untuk setiap perulangan, tampilkan tanda bintang ‘*’ dan diikuti dengan karakter newline untuk pindah baris ‘n‘.

Langkah kedua yaitu, saya ingin agar di setiap baris, bintangnya tampil sebanyak 5 kali. akan tetapi tak boleh hanya seketika menjalankan pedoman printf(“***** n”), tanda bintang ke samping haruslah berasal dari perulangan bersarang, atau nested loop.

Berikut kode programnya:

Hasil kode program:

Disini saya membangun perulangan kedua dengan variabel counter j, yang yaitu perulangan bersarang di di perulangan pertama-tama dengan variabel counter i.

Pedoman printf(“* “) di baris 7 akan dijalankan sebanyak 25 kali, yakni hasil dari 5 * 5. Ini karena perulangan terdalam j akan dijalankan sebanyak 5 kali untuk setiap perulangan i yang pun berjalan sebanyak 5 kali, sehingga total akan di proses sebanyak 25 kali.

Seandainya rekan-rekan masih ragu dengan konsep ini, dapat pejari sejenak Tutorial Belajar C: Cara Membuat Perulangan Bersarang (Nested Loop).

Langkah terakhir, kita akan modifikasi isi dari perulangan terdalam j, yakni bagaimana caranya agar tanda bintang dapat naik secara bertahap. Saya ingin ketika perulangan i pertama-tama dijalankan, perulangan j hanya dijalankan 1 kali saja. Untuk perulangan i ke 2, jalankan perulangan j sebanyak 2 kali. Untuk perulangan i ke 3, jalankan perulangan j sebanyak 3 kali, dst.

Kuncinya yaitu, kita mesti ubah agar perulangan j mengikuti jumlah variabel i. Dan berikut kodenya:

Hasil kode program:

Bisakah rekan-rekan menebak apa yang berbeda dengan kode kita sebelumnya? Yup, hanya modifikasi kecil di baris 6. Kini ini, kondisi ahir perulangan j yaitu hingga j <= i. Artinya, perulangan j akan naik sebanyak 1 angka untuk setiap perulangan i.

Selaku tantangan terakhir, bisakah rekan-rekan memodifikasi kode program ini agar user dapat menentukan jumlah baris segitiga? Jadi di awal akan ada pertanyaan jumlah baris segitiga. Seandainya diinput 10, karenanya tinggi segitiga yang akan ditampilkan jadi 10 baris.

Bagus, berikut kode programnya:

Tambahannya berupa pedoman scanf untuk meminta inputan dari user di baris 7 – 9.

Di kode program ini, inputan jumlah baris saya simpan ke di variabel jumlah. Variabel jumlah ini yang kemudian menjadi nilai penentu dari perulangan i di baris 11. Perulangan i akan terus berjalan hingga kondisi i <= jumlah terpenuhi.


Di panduan ini kita telah membahas diantara contoh kasus algoritma dengan bahasa pemrograman C, yakni membangun segitiga bintang.

Selain segitiga, masih banyak variasi program lain yang mirip-mirip, seperti piramida bintang, membangun layang-layang / belah ketupat, hingga membangun segitiga angka. Latihan soal ini akan kita bahas di panduan terpisah.


Sumber https://www.duniailkom.com/