Tips PHP : (SMS GATEWAY PHP MYSQL) Masalah-Masalah di Gammu dan cara Mengatasinya

Posted on

Halo sobat setia , lama tak posting lagi nih, oke ,,, kali ini saya ingin membagikan kepada kamu cara mengatasi masalah yang muncul dalam sms gateway. ini pun karena telah banyaknya yang pengujung yang mengalami masalah dalam pembuatan sms gateway.
oke tanpa banyak basa-basi, seketika saja kita bahas satu-persatu sekarang ini.

1. Pesan “Missing msvcr71.dll”

Pesan ini muncul pada format pop up window. Pesan ini seringkali muncul ketika cek koneksi Gammu dengan modem atau ketika mengetikkan command: gammu identify. Apa penyebab munculnya error tersebut? Penyebabnya yaitu tak adanya file library msvcr71.dll di windows kamu, atau dapat pun file tersebut corrupt atau diserang virus. Penyebab hilang atau corruptnya file tersebut dapat jadi karena virus atau terhapus secara tak sengaja.
Solusinya :
Solusinya yaitu menaruh kembali file msvcr71.dll ke pada direktori C:/WINDOWS/SYSTEM32 (Seandainya Kamu menggunakan Windows XP atau 7 32 bit), atau C:/WINDOWS/SYSWOW64 kalau Kamu menggunakan Win 7 64 bit. Kamu dapat mengunduh file msvcr71.dll tersebut di http://www.4shared.com/file/W94ZJ9vr/msvcr71.html.

2. Pesan “Error installing gammu service”

Pesan error ini muncul di waktu proses pembuatan atau instalasi service gammunya, atau setelah mengetikkan command: gammu-smsd -c smsdrc -i. Penyebab dari error tersebut yaitu pengaruh dari program keamanan Windows yang tak mengijinkan bagi merancang service. Biasanya hal ini terjadi di Windows 7.
Solusinya :
Solusinya yaitu, sebelum menginstall service pastikan Kamu telah menurunkan level UAC (User Account Control) hingga ke level sangat bawah. Di manakah pengaturan UAC nya? Bagi mengubah level UAC, silakan masuk ke control panel windows, kemudian di kotak pencarian ketikkan saja: uac. Kemudian klik di bagian ‘Change User Account Control Pengaturan’. Setelah itu drag saja panel levelnya hingga di level sangat bawah (never notify). Kemudian restart PC atau Laptop kamu. Berikutnya ulangi lagi proses perancangan servicenya.

3. Pesan “The drive cannot find the sector requested.”

Pesan di atas muncul ketika akan menjalankan service gammu yang telah dikerjakan. Apa penyebab dari error tersebut? berikut beberapa kemungkinan penyebabnya :

  • Ada beberapa struktur tabel database Gammu yang tak komplit (belum dikerjakan), atau ada tabel database yang corrupt atau rusak. Solusi dari penyebab ini yaitu mengerjakan repair tabel dari yang corrupt tersebut (dapat lewat phpMyAdmin), atau kalau ternyata ada tabel dari database Gammu yang belum diinstall, karenanya segera bikin tabel yang kurang tersebut.
  • Adanya ketidaksesuaian nama database yang disetting di file SMSDRC nya dengan nama database MySQL atau database lain yang telah dikerjakan. Solusinya pastikan nama database di file SMSDRC sama dengan database yang telah Kamu bikin tempat Kamu merancang tabel-tabel Gammu nya. Seandainya ternyata memang nama database yang di SMSDRC salah, karenanya hapus terlebih dahulu service Gammu yang telah dikerjakan, kemudian bikin lagi servicenya.
  • Username dan password koneksi ke database Gammu yang telah disetting di file SMSDRC tak sesuai atau salah. Solusinya pastikan username dan password koneksi ke database Gammunya benar. Seandainya ternyata username dan password di SMSDRC ini salah, karenanya hapus dahulu service gammu nya dan lakukan instalasi service ulang.
  • Struktur tabel database Gammu yang telah dikerjakan berasal dari versi Gammu yang berbeda dengan Gammu yang sedang digunakan. Selaku contoh misalkan Kamu menggunakan Gammu versi X, tapi struktur tabel databasenya mengambil dari Gammu versi Y. Solusinya, pastikan struktur tabel database Gammu yang akan Kamu bikin berasal dari versi Gammu yang Kamu gunakan.

Demikianlah tutorial SMS Gateway nya, saya harap dengan panduan yang lumayan singkat ini, dapat menolong kamu para sobat setia pada pembuatan SMS Gateway PHP MYSQL menjadi sempurna.
Terimakasih,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *