Source Code Membuat Upload File Tanpa Reload Halaman dengan PHP jQuery

Posted on

Halo rekan rekan belajar pintar php, di malam yang istimewa ini tepat di tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 dan jam 12 malam pun, saya ingin membagikan kepada rekan rekan sekalian postingan yang istimewa pun yaitu skrip php untuk upload file tanpa reload halaman, dan pastinya disini kita mesti menggunakan bantuan jquery. Kenapa mesti bantuan jquery ? tentu ada diantara dari rekan rekan sekalian yang bertanya demikian, jawabannya sih simpel aja, jquery itu bekerja di balik server, selaku contoh seperti siaran televisi, kita dapat menonton siaran non stop 24 jam tanpa henti, benarkan, tapi kamu tahu gak dibalik itu segala kan ada para karyawan atau pekerja yang bekerja dibalik itu segala di instansi penyiaran itu, hal ini agak mirip dengan jquery, seperti sama halnya dengan twiter, berita terbarunya atau twit orang2 yang kamu follow kan otomatis bertambah atau bermunculan satu demi satu tanpa kita mesti me reload browser kita, itu lah kerjaan atau kewajiban si jquery kita ini, dialah bekerja dibalik ini segala hingga kita tak perlu mereload halaman browser kita. Hingga disini rekan rekan setia belajar pintar php telah paham kan. Oke kalau gitu mari kita ke TKP ..!!!
Sobat segala demi keamanan web jQuery tak mengizinkan men-submit form yang mempunyai enctype multipart/form-data secara seketika dengan menggunakan Ajax Post nantinya, $_FILES tak akan  dikenali.  Selaku penggantinya jQuery menyediakan plugin jquery.iframe-post-form.js
Berikut saya berikan contoh aplikasi sederhana dari pluginiframe-post-form yang akan digunakan bagi meng-upload file gambar (*gif, *jpg, *png atau *jpeg). Proses upload dapat berlangsung tanpa harus me-reload halaman browser kamu . karena di skrip dilengkapi dengan simple modal jquery.simplemodal.js bagi menampilkan animasi uploading selaku tanda bahwa proses upload sedang berlangsung. mirip seperti kita mengupload foto di facebook. Form upload dan hasil upload akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini:
Apabila kamu telah selesai mengunduh skripnya, kamu yang pengen berkreasi sendiri dapat merombak atau memodifikasi skripnya di tanda yang diberikan di pada kodingnya.
Bagi memodifiksi skrip dapat kamu lihat  kode ‘<!–MODIFIKASI SKRIP MULAI DISINI’ di skrip halaman index.php

Sekianlah tutorial membuat aplikasi upload file tanpa reload dari saya, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *