Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Epilepsi (Ayan) Berbasis Website

Posted on
ABSTRAK
Perkembangan gangguan epilepsi pada beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang lumayan signifikan terutama di Negara berkembang. Epilepsi yaitu gangguan susunan saraf pusat (SSP) yang dicirikan oleh terjadinya serangan (seizure, fit, attack, spell) yang bersifat spontan (unprovoked) dan berkala. Serangan epilepsi terjadi apabila proses eksitasi di pada otak lebih dominan dari di proses inhibisi. Serangan epilepsi akan muncul apabila sekelompok kecil neuron abnormal mengalami depolarisasi yang berkepanjangan berkenaan dengan cetusan potensial aksi secara cepat dan berulanng-ulang. Serangan epilepsi dapat dibagi menjadi dua ketegori yaitu serangan parsial dan serangan umum. Apabila awal serangan hanya melibatkan area otak yang terbatas (localized) karenanya serangan epilepsi disebutkan selaku serangan parsial.
Dan juga apabila awal serangan melibatkan kedua hemisferium otak karenanya serangan epilepsi disebut selaku serangan umum. Penderita epilepsi dapat berkembang secara optimal apabila gejala epilepsi dapat dideteksi sejak dini dan kemudian dilakukan penanganan yang tepat dan intensif, akan tetapi terkadang pengetahuan penderita, orang tua atau keluarga pasien mengenai gangguan epilepsi ini masih amat terbatas. Proses kesembuhan membutuhkan waktu yang amat lama dan bertahap sehingga orangtua atau keluarga perlu memberikan dorongan kesabaran yang tersirat pada Al-Qur’an surat Luqmân ayat 17 yang artinya “Hai anakku, Dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang bagus dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan Bersabarlah kepada apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).”
Tujuan dari penelitian ini yaitu bagi menyusun dan membangun aplikasi pakar yang mampu mendiagnosa serta memberikan solusi yang tepat dan cepat kepada gangguan epilepsi. Penyusunan aplikasi pakar ini menggunakan pemrograman PHP dan MySQL selaku basis data. Sistem inferensi yang digunakan yaitu forward chaining, yaitu proses inferensi yang memulai pencarian dari premis atau data masukan berupa gejala menuju di konklusi yaitu kesimpulan jenis gangguan serta solusi mengenai obat dan terapi. Hasil pengujian merujuk pada data di RSUD Dr. Saiful Anwar menyatakan bahwa, program amat akurat pada memberikan informasi dan hasil diagnosa gangguan epilepsi, dan dapat disebut layak bagi digunakan, serta mempunyai desain tampilan yang menarik, sehingga menolong pengguna pada memperoleh informasi, mengerjakan proses diagnosa gangguan epilepsi serta pemilihan terapi dan bahan yang sesuai.

Kata Kunci : Aplikasi Pakar, Gangguan Epilepsi, Forward Chaining.


Unduh File : 
Unduh Source Code Program :

Screnshot Program :

bg1


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *