innovate-indonesia-logo.jpeg

Pengalaman menggunakan Innovate

Posted on

Kami telah beberapa lama berpindah dari Telkom Speedy (sekarang ini IndiHome) menjadi Innovate Indonesia guna akses internet pada rumah. Singkatnya sebab harganya lebih murah dan kecepatannya lebih tinggi. Yang pasti admin puas melalui keseluruhan, walau belum ada masalah besar yang terjadi (semoga tak hingga) tapi ada beberapa hal yang agak mengganggu penggunaannya.

Jadi yang admin mulai yakni paket LITE pada kecepatan 3MBPS dan 32 channel TV Kabel, harganya cuma 170 ribu rupiah per bulan telah termasuk PPN dan biaya administrasi, ini flat dan bukan harga promo. Bandingkan pada IndiHome 1MBPS dan 99 channel UseeTV yang “cuma” 275 ribu dalam kurun waktu 9 bulan dan normalnya yakni 450 ribu. Belum termasuk PPN dan biaya administrasi. Sadis!

Registrasi dan instalasi Innovate

Proses registrasi guna pemasangan Innovate pada rumah sendiri lumayan gampang, admin cuma menyerahkan fotokopi KTP dan sisanya diurus oleh petugas mereka. Dan bagusnya proses instalasi ini seketika dilakukan keesokan harinya sejak admin mendaftar, jadi cuma 1 hari saja. Sebab sedang ada promo tidak dipungut bayaran biaya instalasi karenanya admin cuma membayar Rp.170.000,- di pengawasnya ketika datang pada rumah.
innovate-indonesia-logo
Soal tagihan yang admin rasa berbeda pada Telkom Speedy yakni pembayarannya pada awal (pre-paid) bukan setelah pemakaian (post-paid), jadi awalnya agak bingung pun tapi ternyata lumayan gampang kok. Anggap saja beli pulsa handphone yang mesti diisi dulu baru dapat digunakan, tak layaknya listrik yang diaplikasikan dulu baru bayar billingnya. Pembayarannya dapat lewat transfer bank, dan kemungkinan besar inilah yang akan admin mulai nantinya.

Hakekatnya di proses pemasangan tak ada kejadian berarti, ya layaknya layaknya orang menginstall kabel dan pengaturan modem. Yang admin perhatikan ternyata alat guna TV Kabelnya tak dipasangkan padahal ini telah satu paket pada yang admin bayarkan. Alasannya Innovate pada Malang sedang ada upgrade hardware dan sofware guna boxnya jadi akan menyusul. Kami harap saja tak dikenai biaya tambahan nanti kalau telah ada.

Ujicoba akses internet Innovate

Kami mengunduh sebuah modem bermerek FiberHome AN5506-04-F2 yang memang guna kabel Fiber Optic. Ada 4 slot guna koneksi LAN dan pastinya akses WiFi. Tak ada sesuatu yang wah dari gadget ini, akan pada lain kesempatan akan admin cek apa saja konfigurasinya guna mengoptimalkan performa internet admin.

Nah… setelah si teknisi rampung mensetting modem segera saja admin akses situs SpeedTest guna menguji koneksi internet admin. Dan… WOW saja, dulu gunakan Speedy walau admin menjalankan yang 1MBPS tapi tak pernah hingga mendekati, biasanya cuma antara 0.6-0.8 MB. Sedangkan pada Innovate dapat seketika maksimal pada kuota bandwidth yang admin beli yaitu 2.99MB dari 3MB guna unduh, sedangkan upload mencapai 15MB, pada nilai ping antara 35ms – 160ms. Dapat dicek disini hasil pengujian admin.
speedtest-innovate-lite-640x405

Sesudah melihat hasil test koneksi segera saja admin akses YouTube memutar video melalui asal dan benar saja tanpa ada buffering semuanya dapat dimainkan melalui sukses dan pada kualitas HD. ??

Benar – benar memuaskan.

Masalah yang dihadapi dalam kurun waktu menjalankan Innovate

Bukan berarti akses online menjalankan Innovate tanpa ada masalah. Sesuai peribahasnya tiada gading yang tak retak. Selain admin agak kesal sebab TV Kabel ternyata telat instalasinya, walau admin tak pernah menonton televisi tapi rasanya tidak cukup kalau pemasangan tak selengkap pada paketnya.

Tetapi yang sangat urgen yakni ketika membuka situs – situs tertentu terutama kalau baru pertama-tama kali diakses biasanya akan muncul error situs tak ditemukan. “Laman not found”, “This webpage is not available”, “DNS Lookup Failed” dan semacamnya.

chrome-this-webpage-is-not-available

Usut punya usut ternyata DNS server yang digunakan Innovate bermasalah atau belum mempunyai data mengenai tempat tinggal situs tadi, dan solusinya lumayan mereload laman karenanya telah dapat dimuat… biasanya. Kadang mesti dilakukan berulang – ulang baru dapat. Alternatifnya ya mesti mengganti DNS server yang digunakan Innovate pada yang lainnya.

Kesimpulannya

Jujur admin ketika ini admin puas atas kualitas Innovate bagus koneksinya dan pelayanannya. Selain problem yang admin sebutkan diatas dan bisa dianggap selaku masalah kecil tak ada lagi kekurangan yang admin peroleh. Yang sangat urgen ketika hujan pun tak mati akses internetnya yang rutin admin alami ketika menjalankan Speedy. ??

Oh ya, entah kenapa lokasi admin selalu dideteksi berada pada Tangerang kalau tak Depok (selalu pada area Jawa Barat), padahal admin ada pada kota Malang yang terdapat pada Jawa Timur. Akan tempat tinggal IPnya belum diupdate atau memang menjalankan tempat tinggal IP guna kota – kota tersebut.

sumber : utekno.com